Selangkangan Gatal dan Hitam pada Wanita, Benarkah Karena Jamur? Cek Penyebabnya Yuk!

selangkangan gatal dan hitam 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Selangkangan gatal dan hitam, merupakan salah satu kondisi yang tentu dapat membuat kaum hawa terganggu dan tidak nyaman.

Banyak wanita yang menduga bahwa penyebabnya adalah infeksi jamur. Namun, tahukah Anda bahwa ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan kondisi ini.

Ya, untuk mengetahui penyebab selangkangan gatal dan hitam, mari kita simak penjelasan lengkapnya berikut ini yuk.

Penyebab Selangkangan Gatal dan Hitam

Umumnya, selangkangan gatal dan hitam memang di sebabkan oleh infeksi jamur vagina (kandidiasis vaginalis).

Infeksi jamur bisa terjadi akibat berbagai faktor, salah satunya adalah kebersihan area genital yang kurang.

Namun, ada beberapa kondisi lain yang bisa menyebabkan gejala ini. Berikut adalah beberapa kondisi yang bisa sebabkan selangkangan gatal dan menghitam, antara lain:

1. Infeksi Bakteri

Bakteri tertentu dapat sebabkan infeksi pada kulit, terutama jika kebersihan area selangkangan tidak terjaga dengan baik.

2. Iritasi atau Alergi

Penggunaan produk perawatan tubuh yang mengandung bahan kimia keras, gesekan akibat pakaian ketat, atau alergi terhadap bahan tertentu, dapat menyebabkan iritasi kulit.

3. Kondisi Medis Tertentu

Beberapa kondisi medis seperti diabetes, obesitas, atau gangguan sistem kekebalan tubuh dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi kulit, termasuk di area selangkangan.

4. Penyakit Menular Seksual (PMS)

Beberapa penyakit menular seksual seperti sifilis dan herpes genital, dapat sebabkan gejala seperti gatal-gatal dan perubahan warna kulit di area genital.

Apapun penyebabnya, jika mengalami selangkangan gatal dan hitam yang tidak kunjung membaik, penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter yang berpengalaman.

Pasalnya, kondisi ini bisa sangat mengganggu, dan jika disebabkan oleh infeksi, berbagai masalah yang lebih berbahaya juga bisa terjadi.

Ciri-Ciri Infeksi Jamur di Selangkangan Wanita

Jika selangkangan gatal dan hitam disebabkan oleh infeksi jamur, maka ada beberapa gejala lain yang bisa muncul, seperti:

  • Ruam yang berwarna merah, bersisik, dan memiliki batas yang jelas
  • Gatal yang intens, terutama saat berkeringat
  • Kulit meradang, kemerahan, dan terasa panas

Penting untuk diketahui bahwa infeksi jamur dapat di atasi dengan pengobatan medis yang tepat, dengan bantuan tim medis yang terpercaya.

Anda dapat berkonsultasi dengan tim medis yang berpengalaman di Klinik Utama Sentosa, guna mendapatkan penanganan yang tepat.

selangkangan gatal dan hitam 2

Cara Mengatasi Selangkangan Gatal dan Hitam

Seperti yang telah di jelaskan di atas, selangkangan gatal dan hitam dapat disebabkan oleh berbagai kondisi, salah satunya adalah infeksi jamur vagina.

Jika gejala tidak kunjung membaik atau semakin parah dalam beberapa hari, sebaiknya konsultasikanlah kondisi ini dengan dokter.

Dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan diagnosis serta penanganan yang tepat dan efektif.

Jika disebabkan oleh infeksi jamur, maka dokter mungkin akan memberikan resep obat topikal yang dapat membasmi jamur.

Namun, tidak hanya pengobatan, Anda juga perlu melakukan beberapa cara yang dapat membantu efektivitas pengobatan, seperti:

1. Menjaga kebersihan area genital dengan baik dan pastikan kulit area selangkangan benar-benar kering.

2. Gunakanlah pakaiain dalam yang nyaman, tidak ketat, dan tidak lembap.

3. Hindari menggaruk area yang gatal, jika tidak tertahankan Anda bisa menepuk dengan pelan.

4. Hindari hubungan seksual yang berisiko selama menjalan pengobatan hingga dinyatakan sembuh.

Penting untuk diingat bahwa informasi ini bersifat umum dan tidak dapat menggantikan saran medis yang tepat, sehingga sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter.

Baca Juga: Ruam Gatal di Kelamin Sangat Mengganggu? Atasi dengan Langkah Mudah Ini Yuk!

Konsultasikan Masalah Selangkangan Gatal dan Hitam dengan Dokter yang Terpercaya di Klinik Utama Sentosa

Jika selangkangan gatal dan hitam di duga disebabkan oleh infeksi, baik jamur, bakteri, atau infeksi menular seksual, maka sangat disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Tidak perlu ragu atau malu, Anda dapat berkonsultasi dengan tim medis yang berpengalaman di Klinik Utama Sentosa.

Dokter dan tim medis kami akan memberikan penjelasan lengkap, terkait kondisi yang Anda alami, mulai dari penyebab hingga cara tepat untuk mengatasinya.

Selain itu, mereka juga dapat melakukan pemeriksaan hingga penanganan, yang dibantu dengan fasilitas medis yang lengkap, modern, dan berstandar tinggi.

Jadi, tidak perlu khawatir, dan pastikan Anda mendapatkan penanganan segera, dengan berkonsultasi dengan tim medis kami melalui layanan Konsultasi Dokter Online.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Layanan ini dibuat untuk memudahkan Anda berkonsultasi secara gratis, melalui Chat Whatsapp yang beroperasi selama 24 jam.⇒ [WhatsApp Dokter]

Ingat! Banyak faktor yang bisa sebabkan kondisi ini dan beberapa di antaranya bisa berbahaya. Jadi, pastikan untuk mendapatkan penanganan yang tepat ya.

| | |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta