Sistitis Pria, Bahaya atau Tidak?

Sistitis Pria 1

Proses inflamasi yang terjadi pada kandung kemih dikenal dengan kondisi sistitis, tentu saja sistitis pria berbahaya karena sistem kemih dan sistem reproduksi pria memiliki satu saluran yang saling berkaitan.

Kandung kemih sendiri merupakan salah satu bagian dari sistem saluran kemih yang berfungsi sebagai tempat penampungan urin sebelum di keluarkan dari dalam tubuh.

Baca Juga: Pengobatan Vaginitis di Klinik Kelamin Jakarta

Penyebab Sistitis Pria

Tidak berbeda jauh dari yang di alami oleh wanita, radang kandung kemih pria terjadi akibat masuknya bakteri pada saluran kemih.

Namun dalam beberapa kasus penyebab pria mengalami sistitis juga bisa terjadi akibat kerusakan fungsi atau iritasi bahan kimia.

Secara anatomi, pria memiliki saluran uretra yang lebih panjang serta letak anus yang lebih jauh sehingga menyulitkan perjalanan bakteri menjangkau area kandung kemih.

Namun pada kenyataannya, faktor risiko pria mengalami keluhan sistitis tetap ada karena beberapa kemungkinan yang di antaranya adalah:

  • Pengguna kateter
  • Pembesaran prostat (BPH)
  • Aktifitas seksual
  • Tidak atau belum sunat
  • Radioterapi atau kemoterapi
  • Riwayat atau kondisi medis tertentu (diabetes atau autoimmune)

Mengapa Pria Berisiko Mengalami Sistitis?

Faktor usia pria yang berada di atas 50 tahun, hingga pria dengan usia produktif yang memiliki perilaku seksual aktif.

Sulit menerapkan pola hidup sehat, hingga kebersihan genital yang kurang dapat menjadi pemicu sistitis terjadi pada pria.

Terlebih pria juga memiliki kemungkinan masalah pada area prostat. Misalnya pembesaran prostat jinak (benign prostatic hyperplasia), prostatitis, atau kanker prostat.

Posisi prostat membungkus kandung kemih pada pria dan terhubung langsung uretra. Sehingga jika terjadi masalah pada area prostat, kandung kemih, atau bahkan keduanya artinya Anda dapat mengalami kondisi yang kompleks.

Urin yang tertampung pada kandung kemih kesulitan mengalir dengan lancar menyebabkan organisme didalamnya tidak benar-benar keluar sepenuhnya, dan mungkin tertinggal berkembang biak serta menghasilkan infeksi yang berbahaya.

Sistitis Pria 2

Kunjungi Dokter Anda Di Klinik Sentosa

Klinik Sentosa menjadi Klinik Kelamin Jakarta pilihan terbaik bagi Anda dalam menuntaskan keluhan genital khususnya masalah andrologi, ginekologi, dan penyakit menular seksual (PMS).

Kami memiliki standarisasi pelayanan terbaik dengan biaya terjangkau, sehingga bisa di dapatkan oleh siapapun yang membutuhkan pengobatan secara medis serta kesembuhan efektif hingga tuntas.

Coba konsultasi gratis melalui chat online, whatsapp, maupun telepon langsung dengan dokter kami!

Baca Juga: Penyebab Sistitis (Peradangan Kandung Kemih)

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta