Tanda Keputihan Penyakit yang Tidak Wajar

Tanda Keputihan Penyakit 1_3_11zon

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Meski termasuk dalam respon alamiah tubuh wanita, tanda keputihan penyakit yang meliputi area genital juga tidak boleh di abaikan. Ketika keputihan adalah pengeluaran cairan dari sistem reproduksi wanita, cairan ini berfungsi membersihkan dan melindungi vagina dari infeksi.

Baca Juga: Cara Mengelola Keputihan Haid yang Tidak Biasa!

Sayangnya, perlu di perhatikan juga bahwa keputihan dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan atau penyakit tertentu. Artikel ini akan membahas keputihan yang tidak wajar dan penyakit-penyakit yang mungkin menyertainya.

Tanda Keputihan Penyakit vs Normal

1. Keputihan Normal

Keputihan normal cenderung berwarna jernih atau putih susu, tidak berbau, dan tidak menyebabkan gatal atau perasaan tidak nyaman. Jumlahnya juga bisa bervariasi sepanjang siklus menstruasi atau hormon dari tubuh wanita.

2. Keputihan Tidak Wajar atau Penyakit

Keluhan keputihan yang tidak wajar sering kali memiliki ciri-ciri seperti warna yang tidak biasa (misalnya, kuning, hijau, atau abu-abu). selain itu bau yang tidak sedap, di sertai gatal, perih, atau nyeri pada area genital. Keputihan yang tidak wajar seperti ini bisa menjadi tanda adanya masalah kesehatan.

Respon dari sistem organ reproduksi seorang wanita umumnya memang akan lebih mengarah pada perubahan keputihan. Sehingga di harapkan setiap wanita bisa lebih menjaga area reproduksinya guna mencegah kemungkinan kondisi yang dapat memicu keluhan seperti keputihan yang tidak wajar.

Keputihan Akibat Infeksi Jamur

Hasil dari infeksi jamur vagina seperti kandidiasis adalah infeksi yang menghasilkan tanda keputihan penyakit yang berwarna putih, tebal, dan seperti keju cottage, di sertai gatal yang intens. Hubungan infeksi ini akan menyebabkan keputihan yang tidak wajar atau suatu penyakit.

Akibat pertumbuhan jamur Candida berlebihan dalam organ reproduksi wanita yang tidak bisa terkontrol. Kandidiasis dapat di obati dengan penanganan obat medis, dan pencegahannya melibatkan kebersihan area genital yang harus di jaga dengan tepat.

Tanda Keputihan Penyakit Infeksi Bakteri

Keputihan sebagai tanda infeksi bakteri atau bakteriosis adalah infeksi yang dapat menyebabkan keputihan berbau amis, terutama setelah berhubungan seksual. Kondisi tanda keputihan penyakit akibat infeksi bakteri dapat mengganggu keseimbangan mikrobiota dalam organ reproduksi wanita.

Pada masanya, kondisi ini menghasilkan keputihan yang tidak wajar yang sangat mengganggu dan menjadi suatu penyakit ginekologi kronis.

Bakteriosis dapat di obati dengan jenis obat yang memang mampu menghentikan perkembangan atau membunuh bakteri penyebab keluhannya. Pencegahan melibatkan praktik seksual yang aman dan menjaga kebersihan pribadi.

Tanda Keputihan Penyakit 2_4_11zonTanda Keputihan Akibat Penyakit Menular Seksual

PMS seperti klamidia, gonore, dan trikomoniasis dapat menyebabkan keputihan yang tidak wajar sebagai salah satu gejalanya. Kondisi ini perlu di obati secara medis, dan penting untuk melakukan pemeriksaan rutin jika Anda berisiko terkena PMS.

Jika tidak di tangani kondisi keputihan akibat hasil penyakit menular seksual (PMS) bisa berkembang menjadi:

1. Infeksi Serviks

Area serviks bisa menjadi sarana infeksi lanjut akibat kondisi yang tidak tertangani sebelumnya. Inilah alasan mengapa wanita di anjurkan untuk melakukan pemeriksaan berkala, misalnya Pap smear.

Karena Pap smear adalah salah satu cara mendeteksi infeksi serviks, yang dapat memiliki gejala keputihan sebagai penyakit. Deteksi dini infeksi serviks mencegah perkembangan lebih lanjut suatu keluhan atau penyakit.

2. Penyakit Ginekologis Serius

Kondisi penyakit seperti endometriosis dan kista ovarium bisa berhubungan dengan keputihan yang tidak wajar. Ini adalah kondisi penyakit ginekologi serius yang memerlukan perawatan medis.

Penting untuk menghubungi dokter jika Anda mengalami tanda keputihan penyakit yang tidak wajar, terutama jika di sertai gejala lain guna deteksi suatu penyakit. Pemeriksaan medis di perlukan untuk menentukan penyebabnya dan merencanakan pengobatan yang tepat.

Perhatikan dengan baik perbedaan antara keputihan normal dan tidak wajar sebagai tanda penyakit, serta kapan harus mencari bantuan medis. Merawat kesehatan reproduksi wanita dengan baik adalah langkah penting untuk menjaga kualitas hidup dan kesejahteraan Anda.

Baca Juga: Keputihan Kental: Tips dan Trik Alami Terbaik!

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta