Testis Besar Sebelah, Normal atau Tanda Bahaya? Temukan Jawabannya Disini!

testis besar sebelah 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Testis atau buah zakar merupakan salah satu organ reproduksi pria, yang terletak di dalam skrotum, di belakang testis.

Organ ini memiliki peran penting dalam menghasilkan sperma dan hormon-hormon penting dalam reproduksi pria.

Namun, apakah ukuran testis besar sebelah merupakan hal yang normal, atau justru berbahaya? Untuk mendapatkan jawaban lengkapnya, simaklah artikel di bawah ini.

Anatomi dan Fungsi Testis (Buah Zakar)

Testis atau buah zakar merupakan organ kecil yang menggantung di dalam skrotum, yang terletak di belakang penis.

Ukuran testis pada pria dewasa umumnya berukuran 15 ml sampai 35 ml, yang kira-kira seukuran dengan telur burung hingga seukuran telur ayam kampung.

Organ ini memiliki fungsi utama sebagai organ yang menyimpan dan memproduksi sperma, serta memproduksi hormon testosteron.

Apakah Testis Besar Sebelah Normal?

Kondisi testis besar sebelah umumnya merupakan hal yang normal, dan terkadang ukuran testis sebelah kanan akan lebih besar dibandingkan dengan sebelah kiri.

Namun, jika perbedaan ukuran antara keduanya cukup jauh, hal ini perlu untuk diwaspadai, terutama jika di sertai dengan gejala nyeri atau sakit.

Untuk mengetahui apakah buah zakar Anda normal atau tidak, terdapat beberapa langkah yang dapat di lakukan, seperti:

1. Ambil posisi berdiri atau berbaring dengan kaki terbuka

2. Raba dan sentuh testis dengan menggunakan jari-jari Anda

3. Testis biasanya berbentuk bulat atau oval, sedikit kenyal, dan tidak terlalu keras

4. Setelah itu, perhatikan ukuran dan bentuk yang terlalu signifikan

5. Periksa permukaan kulit skrotum dan pastikan tidak ada perubahan warna, benjolan atau bintik-bintik yang mencurigakan

Jika selama Anda memeriksa buah zakar terdapat nyeri, benjolan yang tidak biasa, atau ketidaknyamanan lainnya, segeralah konsultasikan dengan dokter di Klinik Utama Sentosa.

Penyebab Testis Besar Sebelah yang Disertai Rasa Nyeri

Jika ukuran testis terpaut cukup jauh, dan di sertai dengan rasa nyeri, bengkak, terdapat benjolan, atau kulit skrotum berwarna kemerahan, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan.

Pasalnya, kondisi tersebut dapat menandakan gejala dari penyakit tertentu, seperti:

1. Epididimitis

Epididimitis adalah peradangan pada epididimis, yang dapat terjadi akibat infeksi bakteri. Penyakit ini dapat menyebabkan nyeri dan pembengkakan pada salah satu atau keduanya.

Nyeri dapat berkembang secara bertahap, dan di sertai dengan pembengkakan pada skrotum serta ketidaknyamanan pada saat buang air kecil.

2. Orchitis

Orchitis adalah peradangan pada testis, yang biasanya di sebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, yang umumnya menyebabkan penyakit gondong (mumps).

Selain nyeri dan pembengkakan pada testis, orchitis juga dapat di setai dengan demam dan ketidaknyamanan lainnya.

3. Hodrokokel

Hidrokokel dapat terjadi ketika terdapat cairan yang menumpuk di sekitar testis, yang juga dapat menyebabkan pembengkakan dan ketidaknyamanan.

Penderitanya mungkin tidak merasakan nyeri, tetapi biasanya terdapat ketidaknyamanan seperti tekanan akibat cairan yang menumpuk.

4. Torsio Testis

Torsio testis adalah kondisi darurat medis yang terjadi ketika testis terpelintir, sehingga dapat menghalangi aliran darah ke testis.

Penyakit ini dapat menyebabkan nyeri hebat, pembengkakan, dan mungkin di sertai dengan mual dan muntah.

Penting untuk di ingat bahwa selama perbedaan ukuran pada kedua testis tidak terlalu signifikan, Anda tidak perlu merasa cemas.

Namun, jika terdapat rasa nyeri dan pembengkakan, disarankan untuk segera melakukan pemeriksaan kesehatan di layanan kesehatan, untuk mendapat penanganan yang tepat.

Baca Juga: Yuk Periksa, Gatal dan Perih di Kemaluan Pria Bukan Masalah Remeh!

testis besar sebelah 2

Pentingnya Pemeriksaan Kesehatan Reproduksi Secara Teratur

Pemeriksaan kesehatan reproduksi secara teratur, dapat memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan reproduksi.

Selain itu, pemeriksaan kesehatan reproduksi secara teratur juga dapat membantu mendeteksi dini masalah kesehatan yang mungkin terjadi tanpa gejala.

Oleh karena itu, penting untuk mencari layanan kesehatan yang tepat dan terpercaya, untuk mendapatkan diagnosis yang akurat, seperti di Klinik Utama Sentosa.

Tak perlu ragu, karena Anda akan di periksa dan ditangani langsung oleh dokter yang berpengalaman dan kompeten dalam menangani penyakit kelamin.

Perlu di ingat bahwa testis besar sebelah dapat menjadi tanda penyakit tertentu yang berbahaya, oleh karena itu segeralah konsultasikan dengan profesional medis yang tepat.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Anda bisa berkonsuktasi dan menghubungi dokter secara online melalui Live Chat atau Whatsapp.

Layanan ini dapat memudahkan Anda untuk berdiskusi dengan dokter kapan dan dimana saja Anda butuhkan, karena layanan ini tersedia selama 24 jam!⇒ [WhatsApp Dokter]

Jadi, pastikan kesehatan Anda terjaga ya, selalu konsultasikan keluhan yang Anda rasakan dengan dokter yang tepat.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta