Waspada! Luka Sifilis Hilang Tanpa Pengobatan Bukan Tanda Kesembuhan Lho

luka sifilis hilang 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Luka di area genital merupakan tanda awal sifilis, yang bisa hilang meski diobati dengan pengobatan yang tepat.

Namun, jangan salah kaprah, hilangnya luka tanpa pengobatan ini bisa menjadi tanda bahwa Anda telah masuk ke tahap yang lebih lanjut.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui apa penyebab luka sifilis hilang dan langkah-langkah yang tepat untuk mengatasinya. Berikut penjelasannya.

Mengapa Luka Sifilis Hilang Tanpa Pengobatan?

Bakteri penyebab sifilis, yaitu bakteri Treponema pallidum, memiliki kemampuan untuk bertahan hidup pada tubuh manusia dalam jangka waktu yang lama.

Pada tahap awal, bakteri ini bisa menimbulkan luka di area genital yang tidak terasa sakit atau perih.

Namun, setelah menyebakan kuka awal, bakteri ini dapat menyebar ke bagian tubuh lain dan bersembunyi di dalam jaringan tubuh.

Meskipun luka luarnya sembuh, bakteri tetap aktif dan infeksi akan terus berlanjut ke tahap lebih lanjut.

Bahaya Sifilis Jika Tidak Diobati

Jika luka sifilis hilang tanpa adanya pengobatan, maka infeksi dapat memasuki tahap yang lebih lanjut termasuk tahap sekunder, laten, dan tersier.

Infeksi yang berkembang ke tahap lebih lanjut ini, tentu dapat menyebabkan gejala yang lebih kompleks dan menyebabkan komplikasi yang berbahaya, seperti:

1. Kerusakan Organ Dalam – Sifilis dapat merusak jantung, pembuluh darah, otak, dan organ lainnya yang pada akhirnya bisa mengancam jiwa jika tidak ditangani dengan tepat.

2. Kebutaan – Infeksi pada mata dapat menyebabakn kebutaan.

3. Kelainan Saraf – Sifilis dapat menyebabkan gangguan pada sistem saraf pusat.

4. Meningitis – Peradangan yang terjadi pada sumsum tulang belakang dan selaput otak.

5. Kematian – Pada kasus yang parah, sifilis dapat menyebabkan kematian.

Untuk itu, sangat penting untuk tidak mengabaikan luka sifilis pada awal infeksi, terutama jika hilang tanpa pengobatan.

Pastikan untuk mendapatkan pengobatan yang tepat dengan bantuan tim medis yang berpengalaman di Klinik Utama Sentosa.

luka sifilis hilang 2

Tanda dan Gejala Awal Sifilis yang Perlu Diwaspadai

Selain luka sifilis hilang tanpa pengobatan, ada juga beberapa gejala sifilis sekunder yang mirip dengan kondisi medis lain yang dianggap biasa, seperti:

  • Munculnya ruam di seluruh tubuh, termasuk telapak kaki dan tangan
  • Demam ringan hingga tinggi
  • Nyeri sendi
  • Kepala pusing dan rambut rontok
  • Pembesaran pada kelenjar getah bening

Meski terlihat sepele, gejala-gejala ini bisa menandakan adanya infeksi sifilis pada tubuh dan memerlukan penanganan medis yang tepat.

Oleh karena itu, jangan pernah abaikan gejala yang mencurigakan, dan segera konsultasikan seluruh keluhan Anda dengan dokter yang tepat.

Dokter akan melakukan pemeriksaan, baik secara fisik maupun laboratorium, untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Setelah mendapatkan hasil diagnosis yang akurat, dokter akan memberikan penanganan medis yang tepat dan efektif, sesuai dengan tingkat keparahan dan kondisi setiap pasien.

Baca Juga: Sedang Menjalani Pengobatan untuk Sifilis? Perhatikan 3 Faktor Ini Agar Cepat Sembuh Yuk!

Tangani Infeksi Sifilis dengan Tim Medis Berpengalaman di Klinik Utama Sentosa

Seperti yang telah di jelaskan di atas, luka sifilis yang hilang tanpa pengobatan bisa menandakan bahwa infeksi telah menyebar ke organ tubuh lainnya.

Sehingga, sangat penting untuk tidak mengabaikannya dan segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Tidak perlu khawatir, Anda dapat berkonsultasi dan melakukan pemeriksaan dengan bantuan tim medis yang berpengalaman di Klinik Utama Sentosa.

Selain itu, pemeriksaan hingga perawatan yang dilakukan akan dibantu oleh peralatan medis yang lengkap, modern, dan berstandar tinggi.

Oleh karena itu, tidak perlu khawatir dan segera konsultasikan segala keluhan kesehatan kelamin Anda dengan tim medis kami melalui layananan Konsultasi Dokter Online.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Layanan ini tentu dapat memudahkan Anda untuk berkonsultasi dari jarak jauh, melalui Whatsapp yang tersedia secara gratis, selama 24 jam.⇒ [WhatsApp Dokter]

Jadi, ayo selalu pastikan kesehatan genital Anda terjaga dan dapatkan saran medis yang tepat dari ahlinya langsung ya!

| | |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta