4 Cara Penularan Herpes Genital yang Umum Terjadi, No. 3 Sering Diabaikan!

Cara Penularan Herpes 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Herpes genital adalah infeksi yang terjadi pada kelamin, baik wanita ataupun pria bisa terinfeksi penyakit ini.

Penyakit herpes genital di tandai dengan munculnya lenting atau bintik yang berisi cairan, bintik ini akan muncul di area penis, vagina, maupun anus.

Anda juga mungkin akan merasakan nyeri saat buang air kecil, buang air besar, atau pada saat berhubungan seksual.

Lalu bagaimana cara penularan penyakit herpes genital dan bagaimana cara mengatasinya? Simak penjalasan lengkapnya di bawah ini.

Penyebab Herpes Genital

Herpes genital merupakan penyakit menular seksual yang di sebabkan oleh infeksi virus herpes simplex (HSV).

Terdapat dua jenis virus HSV yang dapat menyebabkan herpes genital, yaitu:

1. HSV Tipe 1 – Jenis ini merupakan penyebab utama herpes oral yang di tandai dengan gejala luka lepuh di sekita mulut dan bibir, tetapi juga bisa menyebabkan herpes genital.

2. HSV Tipe 2 – Jenis ini merupakan penyebab utama herpes genital, virus ini di tularkan melalui hubungan seksual.

Cara Penularan Herpes Genital

Penting untuk di ketahui bahwa penyakit herpes genital tidak menular melalui toilet umum, karena virus herpes akan mati dalam sekejap ketika pindah ke dudukan toilet.

Namun, terdapat beberapa cara penularan herpes genital yang sering terjadi, yaitu:

1. Cairan Penetrasi Seksual

Penularan herpes genital umumnya terjadi melalui kontak langsung dengan cairan tubuh yang terinfeksi, terutama cairan penetrasi seksual seperti sperma atau cairan vagina.

Jika salah satu pasangan seksual terinfeksi herpes genital, maka memungkinkan risiko penularan virus ke pasangan yang sehat.

2. Berhubungan Seksual Oral

Herpes genital juga dapat di tularkan melalui hubungan seksual oral dengan seseorang yang memiliki herpes di area genital atau oral.

HSV-1 yang umumnya di kaitkan dengan herpes oral, dapat menyebabkan herpes genital jika terjadi konstak langsung.

3. Menggunakan Mainan Seksual Secara Bergantian

Jika mainan seksual di gunakan secara bergantian dengan pasangan yang terinfeksi herpes genital, terutama tidak di bersihkan dengan baik, maka ada kemungkinan penularan.

4. Proses Melahirkan

Seorang ibu yang terinfeksi herpes genital akan dapat menularkan virus kepada bayinya saat proses melahirkan secara normal.

Penting untuk di ingat bahwa pemahaman tentang cara penularan herpes genital di atas dapat membantu individu mengambil tindakan pencegahan yang efektif.

Mencegah Penularan Herpes Genital

Untuk menghindari penularan herpes genital, terdapat beberapa cara yang harus di lakukan, yaitu:

1. Menggunakan Kondom

Menggunakan kondom saat berhubungan seksual dapat membantu mengurangi penularan herpes genital.

Meskipun kondom tidak membantu sepenuhnya, tetapi menggunakan kondom sapat mengurangi penularan penyakit menular seksual.

2. Tidak Berganti-Ganti Pasangan Seksual

Mengurangi jumlah pasangan seksual dapat membantu mengurangi risiko penularan penyakit menular seksual, termasuk herpes genital.

Selain itu, hindari penggunaan mainan seksual dengan pasangan yang terinfeksi secara bergantian, terutama tidak di bersihkan.

3. Menjaga Kebersihan Area Genital

Pastikan untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan area genital, terutama pada wanita. Pasalnya, menurut penelitian wanita lebih rentan terinfeksi herpes genital.

Oleh karena itu, bersihkan area genital dengan baik dan benar, tanpa menggunakan sabun yang berbahan kimia.

4. Menjalani Pemeriksaan Rutin

Pemeriksaan rutin adalah salah satu langkah pencegahan yang penting, karena dengan melakukan pemeriksaan secara rutin, infeksi akan terdeteksi lebih awal.

Sehingga, pengobatan penyakit ini akan lebih efektif dan risiko penularan kepada orang lain akan lebih kecil.

Anda bisa melakukan pemeriksaan herpes genital atau penyakit menular seksual lainnya di Klinik Utama Sentosa yang di lakukan dengan menggunakan fasilitas medis yang lengkap.

Baca Juga: Terinfeksi Herpes? Lakukan Pengobatan di Tempat yang Tepat!

Cara Penularan Herpes 2

Pentingnya Konsultasi dengan Profesional Medis

Berkonsultasi dengan profesional medis sangatlah penting, terutama jika Anda berisiko tertular herpes genital, atau memiliki gejala herpes genital.

Pilihlah layanan kesehatan yang terpercaya untuk mengatasi herpes genital atau penyakti menular lainnya, seperti di Klinik Utama Sentosa.

Dokter dan staf medis berpengalaman kami akan siap membantu Anda mengatasi penyakit kelamin yang Anda alami.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Jangan khawatir, karena privasi, kenyamana, serta kesehatan Anda akan terjamin. Jangan tunggu penyakit Anda berkembang semakin membahayakan diri Anda.

Segera konsultasikan dengan dokter kami melalui layanan konsultasi online via Live Chat atau Whatsapp yang tersedia 24 jam dan gratis!⇒ [WhatsApp Dokter]

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta