5 Ciri Balanitis Akan Sembuh Setelah Menerapkan Perawatan yang Tepat, Cek Disini Yuk!

ciri balanitis akan sembuh 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Balanitis merupakan salah satu penyakit kelamin pria yang di tandai dengan peradangan pada kulit di sekitar kepala penis.

Balanitis dapat menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan, apabila tidak di tangani dengan tepat dan benar.

Namun, jika telah menjalani pengobatan dan menerapkan pengobatan yang tepat, tentunya setiap pria ingin mengetahui bagaimana ciri balanitis akan sembuh.

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas mengenai ciri-ciri balanitis akan sembuh setelah menerapakan perawatan yang tepat. Mari simak penjelasannya.

Penyebab dan Faktor Risiko Balanitis

Balanitis merupakan salah satu peradangan yang terjadi pada kulup atau kulit kepala penis (glans), yang biasanya terjadi pada pria yang tidak di sunat.

Penyakit ini dapat di sebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari infeksi jamur, infeksi virus, infeksi bakteri, hingga iritasi dan alergi.

Meskipun balanitis sering terjadi pada pria yang tidak di sunat, tetapi terdapat beberapa faktor risiko yang dapat menyebabkan seorang pria mengalami penyakit ini, seperti:

  • Kebersihan area genital yang buruk
  • Diabetes
  • Fimosis
  • Hubungan seksual yang berisiko
  • Obesitas

Memahami penyebab dan faktor risiko ini, penting untuk membantu pria mengenali gejala balanitis dan mengambil tindakan penanganan yang tepat.

Ciri-Ciri Balanitis Akan Sembuh

Setelah menjalani perawatan dan pengobatan yang tepat, tentunya setiap pria akan mencari tahu bagaimana ciri balanitis akan sembuh.

Berikut ini adalah beberapa ciri yang dapat menandakan bahwa balanitis yang Anda alami akan sembuh, antara lain:

1. Berkurangnya Pembengkakan dan Kemerahan

Kemerahan dan pembengkakan pada ujung atau kepala penis, adalah gejala utama dari balanitis.

Oleh karena itu, ciri balanitis yang utama adalah berkurangnya kemerahan dan pembengkakan pada kulit di sekitar kepala penis.

2. Berkurangnya Rasa Gatal dan Tidak Nyaman

Gejala seperti rasa gatal, terbakar, atau tidak nyaman di area genital yang terkena, akan berkurang atau bahkan menghilang.

3. Kulit Menjadi Lebih Lembut dan Lembap

Kulit di sekitar kepala penis atau kulup akan mengalami perubahan menjadi lebih lembut atau lembap.

4. Fungsi Reproduksi Kembali Normal

Fungsi reproduksi, termasuk kemampuan untuk berhubungan seksual dan membuang air kecil tanpa rasa nyeri, akan kembali normal.

5. Peningkatan Kesehatan Secara Keseluruhan

Selain berkurangnya gejala yang di alami, pasien juga akan merasakan peningkatan kesehatan secara keseluruhan.

Meskipun ciri balanitis akan sembuh sudah di rasakan, tetapi setiap pasien tetap harus menyelesaikan pengobatan yang di berikan hingga tuntas.

Jika tidak, balanitis yang di sebabkan oleh berbagai infeksi, dapat berkembang menjadi masalah kesehatan yang lebih serius.

ciri balanitis akan sembuh 2

Apakah Balanitis Bisa Kambuh Kembali?

Ya, balanitis bisa kambuh apabila penderitanya tidak mencegah berbagai faktor risiko yang dapat menyebabkannya atau tidak menyelesaikan pengobatan hingga tuntas.

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan balanitis kambuh, antara lain:

1. Kebiasaan buruk dalam kebersihan area genital

2. Memiliki kondisi medis yang mendasari

3. Paparan terhadap produk yang mengiritasi

4. Melakukan hubungan seksual yang tidak aman

Meskipun balanitis dapat sembuh dengan pengobatan yang tepat, balanitis dapat kembali kambuh jika faktor penyebabnya tidak di atasi dengan baik.

Oleh karena itu, sangat penting untuk berkonsultasi kembali dengan profesional medis, untuk mendapatkan saran perawatan dan pencegahan kekambuhan.

Dokter spesialis andrologi yang berpengalaman di Klinik Utama Sentosa, dapat memberikan saran perawatan dan pencegahan yang tepat untuk mencegah balanitis kambuh kembali.

Baca Juga: Keluar Cairan Putih dari Penis Selain Sperma? Waspada, Bisa Jadi Berbahaya Lho

Pentingnya Mendapat Saran Perawatan dan Pengobatan dari Dokter yang Terpercaya

Dokter atau profesional medis yang tepat dan terpercaya, dapat membantu memberikan saran perawatan dan pengobatan yang akurat, sesuai dengan kondisi setiap pasien.

Tidak hanya itu, dokter juga akan memberikan diagnosis yang akurat, yang di dukung dengan pemeriksaan laboratorium dengan fasilitas medis yang lengkap dan modern.

Jadi, jangan ragu untuk menghubungi dan berkonsultasi dengan dokter yang berpengalaman, seperti di Klinik Utama Sentosa.

Dengan layanan kesehatan yang berstandar internasional, dokter akan selalu mengutamakan kesehatan, kebutuhan, kenyamanan, dan privasi setiap pasien.

Segera hubungi dokter melalaui layanan Konsultasi Dokter Online, yang tersedia selama 24 jam dan gratis!⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Ingat, kesembuhan yang optimal akan di dapatkan apabila menjalani perawatan dan pengobatan yang tepat oleh dokter yang berpengalaman.

Silahkan hubungi dokter melalui link Chat Whatsapp, dan tanyakan berbagai keluhan yang Anda alami sekarang!⇒ [WhatsApp Dokter]

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta