5 Dampak Buruk Kencing Nanah Jika Dibiarkan, No. 4 Paling Berbahaya, Intip Ulasannya Disini

dampak kencing nanah 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Dampak buruk tentu akan terjadi jika kencing nanah di biarkan tanpa adanya pengobatan yang tepat untuk mengatasinya.

Hal ini sering kali terjadi karena kencing nanah atau gonore biasanya tidak menimbulkan gejala yang nyata pada awal infeksi.

Sehingga, banyak individu yang tidak sadar bahwa dirinya telah terinfeksi, dan bakteri yang berada di dalam tubuh akan terus berkembang hingga menimbulkan dampak buruk.

Untuk itu, kali ini kita akan membahas 5 dampak buruk kencing nanah yang bisa terjadi pada pria, wanita, maupun bayi yang terinfeksi.

Dampak Buruk Kencing Nanah Jika Dibiarkan

Infeksi kencing nanah yang tidak di obati dapat mengakibatkan berbagai dampak buruk pada tubuh, baik pada pria, wanita, maupun bayi yang terinfeksi dari ibunya.

Berikut ini adalah beberapa dampak buruk atau komplikasi yang dapat terjadi jika kencing nanah dibiarkan tanpa pengobatan, antara lain:

1. Penyebaran Infeksi

Kencing nanah atau gonore adalah salah satu jenis penyakit menular seksual yang di sebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae.

Tanpa pengobatan yang tepat, seseorang dapat terus menularkan infeksi bakteri ini kepada pasangan seksualnya.

Selain itu, bakteri juga dapat menyebabkan infeksi pada organ tubuh lain, seperti mata, sendi, dan sistem kardiovaskular.

2. Komplikasi pada Sistem Reproduksi

Umumnya, wanita akan lebih berisiko untuk mengalami beberapa komplikasi di bandingkan dengan pria.

Hal ini bisa terjadi karena kencing nanah pada wanita jarang menimbulkan gejala pada awal infeksi. Berikut ini adalah beberapa komplikasi pada sistem reproduksi wanita, seperti:

  • Radang panggul
  • Kehamilan ektopik, yang terjadi akibat penyumbatan pada tuba falopi
  • Kemandulan

Namun, tidak hanya wanita, pria juga dapat mengalami beberapa komplikasi apabila kencing nanah tidak di tangani dengan tepat, seperti:

  • Luka pada saluran kemih
  • Terdapat nanah di dalam penis
  • Epididimitis
  • Kemandulan

3. Masalah Kesehatan pada Bayi

Ibu hamil yang terinfeksi kencing nanah, bisa menyebarkan infeksi bakteri kepada bayinya saat proses melahirkan.

Hal ini bisa menyebabkan beberapa dampak buruk kencing nanah pada bayi, seperti:

  • Kebutaan
  • Rentan terserang penyakit
  • Kulit bersisik dan kering

4. Berisiko Terinfeksi HIV

Salah satu dampak buruk yang sering kali terabaikan dari kencing nanah yang tidak di obati adalah meningkatnya risiko terinfeksi virus HIV.

Seseorang dengan infeksi kencing nanah yang tidak di obati, akan memiliki risiko lebih tinggi untuk tertular virus HIV.

Hal ini bisa terjadi karena kerusakan lapisan selaput lendir yang menyebabkan peradangan dan luka pada area genital, dapat memudahkan virus HIV masuk melalui hubungan seksual.

5. Resistensi Antibiotik

Meski seseorang telah menjalani pengobatan medis, resistensi antibiotik bisa menjadi salah satu dampak buruk kencing nanah.

Hal ini bisa terjadi akibat penggunaan antibiotik yang tidak tepat atau tidak lengkap, sehingga bakteri akan menjadi persisten dan pengobatan akan semakin sulit.

Penting untuk di ingat bahwa kencing nanah dapat sembuh total jika mendapat pengobatan dan perawatan yang tepat.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan kesehatan seksual secara rutin di Klinik Utama Sentosa, untuk mendeteksi gejala kencing nanah yang tidak terdeteksi.

Baca Juga: Benarkah Nanah Gonore Menetes Tanda Sudah Parah? Ini Dia Penjelasan Dokter

dampak kencing nanah 2

Pentingnya Deteksi Dini dan Pengobatan Kencing Nanah dengan Dokter yang Terpercaya

Deteksi dini dan pengobatan kencing nanah dengan dokter yang terpercaya adalah langkah yang tepat untuk mencegah berbagai komplikasi.

Mengapa mendeteksi kencing nanah sejak dini dan melakukan pengobatan dengan tepat menjadi sangat penting? Ini alasannya:

1. Identifikasi yang Tepat

Gejala kencing nanah seringkali mirip dengan gejala IMS lainnya, sehingga pemeriksaan dengan dokter yang terpercaya dapat membantu mendiagnosis kencing nanah secara akurat.

2. Pengobatan yang Tepat

Dokter yang berpengalaman akan meresepkan pengobatan yang tepat dan sesuai dengan jenis, tingkat keparahan, dan kondisi masing-masing pasien.

3. Mencegah Penularan

Dengan mencari pengobatan dengan cepat, seseorang dapat mencegah penularan infeksi kepada pasangan seksualnya.

4. Menghindari Dampak Buruk Kencing Nanah

Seperti yang telah di jelaskan di atas, bahwa kencing nanah yang tidak di obati dapat menyebabkan berbagai komplikasi.

Sehingga, berkonsultasi dan mendapatkan pengobatan dengan cepat, dapat membantu seseorang menghindari dampak buruk kencing nanah yang berbahaya.

Pada akhirnya, deteksi dini dan pengobatan kencing nanah dengan dokter yang terpercaya, merupakan langkah penting dalam menjaga kesehatan seksual.

Catatan: Penting untuk tidak mengabaikan gejala apapun yang mungkin terjadi, dan segera mencari pertolongan medis jika di perlukan.

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter yang kompeten di Klinik Utama Sentosa, melalui layanan Konsultasi Dokter Online.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Layanan ini dapat Anda akses melalui Chat Whatsapp, yang tersedia selama 24 jam dan gratis tanpa di pungut biaya apapun!⇒ [WhatsApp Dokter]

Ingat! Artikel ini tidak dapat menggantikan saran medis yang tepat, sehingga pastikan Anda mendapat saran yang tepat, langsung dari ahlinya.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta