5 Gejala Prostat yang Mengintai Kesehatan Genital Pria, Waspadai No.4

Gambar Gejala Penyakit Prostat

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Prostat adalah kelenjar kecil yang terletak di sekitar kandung kemih dan melingkari uretra, tak jarang gejala aneh mungkin di rasakan pada kelenjar ini.

Meskipun ukurannya kecil, prostat memainkan peran penting dalam fungsi seksual dan reproduksi pria.

Untuk bisa mengetahui dengan tepat apa saja gejala prostat yang mungkin bisa terjadi, maka simak penjelasannya berikut hingga akhir.

5 Gejala Prostat yang Harus Diwaspadai

Fungsi utama kelenjar prostat adalah menghasilkan cairan yang membentuk sebagian dari air mani.

Jika terjadi gangguan atau masalah kesehatan, gejala terkait keluhan di area kelenjar prostat biasanya mencakup:

1. Sulit Buang Air Kecil (Bak) atau Seringnya Buang Air Kecil

Salah satu gejala utama masalah prostat adalah kesulitan atau seringnya buang air kecil.

Ini bisa termasuk kesulitan memulai aliran urine, merasa perlu buang air kecil terutama di malam hari (nokturia), atau rasa tidak puas setelah buang air kecil.

2. Rasa Sakit atau Ketidaknyamanan

Beberapa pria dengan gejala prostat mungkin mengalami rasa sakit atau ketidaknyamanan saat buang air kecil, ejakulasi, atau bahkan saat duduk untuk waktu yang lama.

3. Darah dalam Air Seni atau Sperma

Keberadaan darah dalam air seni atau sperma dapat menjadi tanda masalah serius pada prostat atau organ lain dalam saluran kemih.

Jika Anda melihat darah dalam urine atau sperma, segera konsultasikan dengan profesional medis di Klinik Utama Sentosa Jakarta untuk evaluasi lebih lanjut.

4. Penurunan Fungsi Seksual

Masalah prostat juga dapat mempengaruhi fungsi seksual pria. Ini bisa termasuk disfungsi ereksi, nyeri saat ejakulasi, atau perubahan dalam dorongan seksual.

5. Peningkatan Frekuensi Infeksi Saluran Kemih

Beberapa masalah prostat, seperti prostatitis (radang prostat) dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih yang berulang atau kronis.

Infeksi ini dapat menyebabkan gejala seperti nyeri saat buang air kecil, demam, atau bahkan darah dalam urine (hematuria).

Pentingnya Pencegahan dan Perawatan Prostat

Meskipun tidak selalu dapat di cegah, ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk menjaga kesehatan prostat, antara lain:

1. Pola Makan Sehat

Konsumsi makanan yang sehat, rendah lemak jenuh, dan tinggi serat dapat membantu menjaga kesehatan prostat.

2. Aktivitas Fisik Teratur

Berolahraga secara teratur dapat membantu menjaga berat badan yang sehat dan mengurangi risiko masalah dan gejala prostat.

3. Hindari Merokok dan Konsumsi Alkohol yang Berlebihan

Kebiasaan merokok dan minum alkohol berlebihan dapat meningkatkan risiko masalah prostat dan kondisi kesehatan lainnya.

4. Periksakan Diri secara Rutin

Tak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin, termasuk pemeriksaan prostat, sesuai dengan rekomendasi dokter ahli di Klinik Utama Sentosa.

Ilustrasi Analisa Gejala Prostat

Kapan Gejala Prostat Harus Pemeriksaan Dokter?

Jika Anda mengalami salah satu atau beberapa gejala di atas atau mencurigai adanya masalah prostat.

Penting untuk segera mengambil langkah proaktif dengan Konsultasi Dokter Online secara gratis di Klinik Utama Sentosa sebelum kondisinya lebih parah. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Meski kadang terlihat sepele, gejala tersebut juga bisa menjadi tanda kondisi yang memerlukan perawatan medis segera, seperti kanker prostat.

Tak perlu ragu atau malu, silahkan kontak WhatsApp kami langsung yang tersedia dengan layanan berprivasi dan bebas stigma disini! ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Tenang! Dokter berkompeten dan berpengalaman kami akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin tes tambahan secara klinis dengan hasil spesifik.

Baca Juga: Kenali, Ini 3 Gangguan Prostat pada Pria, No. 1 Paling Sering Terjadi!

Sehingga kesembuhan optimal dengan perawatan komprehensif yang kami tawarkan menunjang Anda untuk tetap memiliki kualitas hidup lebih baik. Yuk jaga dan lindungi kesehatan prostat!

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta