5 Gejala Radang Panggul yang Bisa Mengancam Kesuburan Wanita, Cek Disini!

gejala radang panggul 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Terdapat berbagai gejala radang panggul yang bisa di sebabkan oleh berbagai jenis bakteri, terutama yang menular melalui hubungan seksual.

Ya, radang panggul merupakan infeksi yang terjadi pada organ repduksi wanita, yang jika tidak ditangani dapat sebabkan komplikasi berbahaya.

Salah satu komplikasi yang bisa terjadi adalah gangguan kesuburan. Namun, bagaiman ini bisa terjadi? Mari kita simak gejala radang panggul dan risiko yang bisa terjadi di bawah ini.

Gejala Radang Panggul

Pada umumnya, tidak semua wanita mengalami gejala yang serupa. Namun, ada lima gejala radang panggul yang umum terjadi, antara lain:

1. Nyeri Panggul

Rasa sakit atau nyeri pada perut bagian bawah adalah gejala yang paling umum dari radang panggul. Nyeri ini bisa terasa tajam atau tumpul, dan memburuk saat berhubungan seksual.

2. Demam

Beberapa wanita mungkin akan mengalami demam ringan hingga tinggi, yang menandalan tubuh sedang melawan infeksi yang menyebabkan radang panggul.

3. Keputihan Abnormal

Keputihan abnormal yang berbau tidak sedap, berwarna kuning atau hijau, dan disertai gatal-gatal bisa menjadi tanda adanya infeksi pada organ reproduksi.

4. Perdarahan di Luar Siklus Menstruasi

Perdarahan yang terjadi di antara periode menstruasi atau setelah berhubungan seksual, juga bisa menjadi salah satu gejala radang panggul.

5. Nyeri saat Buang Air Kecil

Rasa sakit atau sensasi terbakar saat buang air kecil, juga bisa menjadi salah satu gejala dari penyakit ini.

Penting untuk tidak mengabaikan gejala yang bisa terjadi, dan segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Dokter dan tim medis yang berpengalaman di Klinik Utama Sentosa, bisa menjadi salah satu pilihan untuk menjalani pemeriksaan dan pengobatan radang panggul yang tepat.

Kenapa Radang Panggul Bisa Mengancam Kesuburan?

Radang panggul yang tidak diobati, dapat menyebabkan pertumbuhan jaringan parut pada tuba falopi, yaitu saluran yang menghubungkan ovarium dengan rahim.

Jaringan parut ini dapat menghalangi sperma untuk bertemu dengan sel telur, sehingga menyulitkan pembuahan.

Selain itu, radang panggul juga dapat meningkatkan risiko kehamilan ektopik, yaitu kondisi di mana telur yang telah dibuahi berkembang di luar rahim.

gejala radang panggul 2

Apa yang Harus Dilakukan Jika Mengalami Gejala Radang Panggul?

Jika Anda mengalami gejala radang panggul yang telah di jelaskan di atas, sangat penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Mengapa harus segera berkonsultasi? Berikut beberapa alasannya, antara lain:

1. Diagnosis Dini

Dokter akan melakukan pemeriksaan untuk memastikan penyebab gejala yang Anda alami, dan memberikan diagnosis yang akurat.

2. Pengobatan Tepat

Dengan diagnosis yang tepat, dokter dapat memberikan pengobatan yang sesuai, biasanya berupa antibiotik untuk mengatasi infeksi.

3. Pencegahan Komplikasi

Pengobatan dini dapat mencegah terjadinya komplikasi serius seperti infertilitas (kemandulan), kehamilan ektopik, dan abses pada organ reproduksi.

Ingat! Kesehatan reproduksi adalah hal yang sangat penting. Sehingga, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter jika Anda memiliki kekhawatiran terkait kesehatan reproduksi.

Baca Juga: Muncul Benjolan di Dalam Miss V Setelah Berhubungan Seksual, Apa Penyebabnya?

Atasi Gejala Radang Panggul yang Tepat dengan Tim Medis Berpengalaman di Klinik Utama Sentosa

Meskipun tidak semua wanita mengalami gejala, tetapi radang panggul perlu di tangani dengan pengobatan yang tepat di awal infeksi.

Pasalnya, berbagai komplikasi yang telah di jelaskan di atas bisa terjadi jika infeksi tidak segera di tangani dengan tepat.

Untuk itu, segera konsultasikanlah dengan dokter yang berpengalaman di Klinik Utama Sentosa, untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Tidak perlu khawatir, karena kami menyediakan fasilitas medis yang lengkap, memadai, dan berstandar tinggi untuk memastikan hasil pemeriksaan akurat.

Selain itu, kami juga akan selalu mengutamakan kesehatan, kenyamanan, kebutuhan, dan privasi setiap pasien.

Jadi, jangan pernah ragu atau malu, Anda bisa bertanya langsung dengan tim medis kami melalui layanan Konsultasi Dokter Online.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Layanan ini tersedia melalui Whatsapp, yang bisa di akses secara gratis dan tersedia selama 24 jam.⇒ [WhatsApp Dokter]

Ingat! Semakin cepat kondisi yang Anda alami di tangani, maka akan semakin cepat Anda mendapatkan kesehatan kembali.

| | |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta