Bagaimana Cara Diagnosis pada Keputihan Abnormal

Bagaimana Cara Diagnosis pada Keputihan Abnormal

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Untuk menentukan keputihan itu bersifat normal atau abnormal, tenaga ahli medis akan melakukan diagnosis melalui tanda-tanda yang pasien alami dan lain sebagainya.

Baca Juga : Atasi Leukorea atau Keputihan di Klinik Sentosa

Tahukah Anda bahwa keputihan bisa menjadi abnormal? Pada jenis leukorrhea ini biasanya akian menunjukan terjadinya infeksi maupun gangguan kesehatan lain.

Ciri-ciri meliputi cairan berwarna aneh, bau yang tidak enak, gatal dan juga iritasi di area genital wanita.

Diagnosis pada Keputihan Abnormal yang Dokter Jalankan

Untuk mendiagnosis keputihan abnormal, dokter dapat melakukan beberapa tindakan, termasuk:

1. Pemeriksaan fisik

Dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik untuk melihat tanda-tanda infeksi atau peradangan pada daerah vagina dan juga serviks.

2. Tes pap smear

Tes ini dilakukan untuk memeriksa sel-sel di serviks dan mengidentifikasi adanya perubahan sel-sel yang bisa juga menjadi kanker.

3. Tes keputihan

Pemeriksaan ini ini dapat membantu dokter untuk menentukan jenis infeksi yang sehingga menjadi pemicu dari keputihan abnormal.

4. Kultur bakteri

Pengujian ini dapat membantu dokter untuk mengidentifikasi jenis bakteri yang dapat menyebabkan infeksi.

5. Pemeriksaan darah

Pemeriksaan darah dapat membantu dokter untuk memeriksa kadar hormon dan mengecualikan kemungkinan kondisi medis tertentu yang dapat menyebabkan keputihan abnormal.

Setelah melakukan pemeriksaan, dokter akan menentukan penyebab pasti keputihan abnormal Anda dan memberikan pengobatan yang sesuai.

Kapan Harus ke Dokter?

Anda sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter jika mengalami keputihan abnormal. Beberapa tanda dan gejala yang dapat menunjukkan keputihan abnormal antara lain:

  • Keputihan yang berlebihan dan tidak biasa dalam warna, tekstur atau bau.
  • Gatal atau iritasi pada area vagina.
  • Rasa sakit atau ketidaknyamanan saat berhubungan seksual atau buang air kecil.
  • Perdarahan vagina yang tidak terkait dengan menstruasi.
  • Adanya benjolan atau bengkak pada area vagina.

Dokter akan membantu menentukan penyebab keputihan abnormal dan memberikan pengobatan yang tepat.

Ingatlah bahwa keputihan abnormal dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius. Oleh karena itu penting untuk tidak menunda-nunda untuk berkonsultasi dengan dokter.

Dokter akan membantu menentukan penyebab keputihan abnormal dan memberikan pengobatan yang tepat. 

Ingatlah bahwa keputihan abnormal dapat menjadi tanda adanya masalah kesehatan yang lebih serius. Oleh karena itu penting untuk tidak menunda-nunda untuk berkonsultasi dengan dokter.

Konsultasi Gratis secara Online 24 Jam Klinik Keputihan Terdekat Jakarta

Carilah referensi klinik untuk penyakit kelamin atau penyakit menular seksual terdekat. Dengan biaya terjangkau serta gratis layanan konsultasi secara online melalui Live Chat WA.

Klinik Spesialis Penyakit Kelamin ini memiliki dokter spesialis kulit kelamin serta staf medis yang berstandar internasional.

Pelayanan yang Kami berikan ramah dan memuaskan, sehingga pasien yang menjalani pengobatan pada klinik kami, serta alat medis yang canggih dan modern.

Baca Juga : Waspada Keputihan Kuning Kehijauan, tanda Gonore Wanita

Bila memiliki penyakit menular seksual atau penyakit kelamin yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Utama Sentosa pada nomor yang tertera diatas.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta