7 Ciri-Ciri ISK Sudah Parah yang Bisa Merusak Ginjal, Jangan Abaikan!

isk sudah parah 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Infeksi saluran kemih (ISK) umumnya tidak berbahaya, tetapi jika muncul ciri-ciri yang sudah parah, ini dapat menandakan adanya komplikasi serius.

ISK dapat di sebabkan oleh infeksi bakteri, yang dapat menyerang sistem kemih pria dan wanita, termasuk uretra, ureter, kandung kemih, bahkan ginjal.

Jika tidak di obati atau tidak mendapatkan pengobatan yang tepat, infeksi dapat menyebar ke ginjal dan menyebabkan kerusakan permanen.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui ciri-ciri ISK yang sudah parah, agar dapat segera mendapatkan pengobatan yang tepat.

Penyebab Infeksi Saluran Kemih

Sebelum mengetahui apa saja ciri-ciri ISK sudah parah, penting untuk mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkannya.

Infeksi saluran kemih (ISK), merupakan salah satu kondisi medis yang dapat terjadi ketika saluran kemih terinfeksi oleh berbagai pantogen, salah satunya bakteri.

Jenis bakteri yang sering menyebabkan kondisi ini adalah bakteri Escherichia coli (E. coli), yang berada di dalam usus.

Bakteri ini dapat memasuki saluran kemih melalui uretra, dan berkembang biak serta menyebabkan infeksi di kandung kemih. Bila tidak di obati, infeksi dapat menyebar ke ginjal.

Ciri-Ciri ISK Sudah Parah yang Perlu Diwaspadai

Meskipun tidak berbahaya dan sering di anggap sepele, tetapi ciri-ciri ISK sudah parah dapat menandakan adanya komplikasi serius, seperti infeksi ginjal.

Berikut adalah beberapa ciri-ciri ISK yang semakin parah dan perlu diwaspadai, antara lain:

1. Nyeri atau Sensasi Terbakar yang Parah saat Buang Air Kecil

Nyeri atau sensasi terbakar saat buang air kecil, adalah gejala paling umum dari infeksi salruan kemih.

Namun, jika rasa nyeri ini sangat parah dan tidak tertahankan, ini bisa menjadi ciri-ciri ISK sudah parah yang perlu segera di atasi.

2. Merasa Terus Menerus Ingin Buang Air kecil

Merasa ingin buang air kecil setiap beberapa medis sekali, bahkan setelah buang air kecil, bisa menjadi tanda bahwa ISK yang Anda alami sudah semakin serius.

3. Urine Berbau Tidak Sedap dan Keruh

Urine yang berbau tidak sedap dan berwarna keruh, bisa menjadi tanda bahwa Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter.

4. Darah Dalam Urine

Adanya darah berwarna merah muda, merah, atau coklat di dalam urine, merupakan kondisi yang di sebut sebagai hematuria, yang merupakan ciri-ciri ISK parah.

5. Nyeri pada Bagian Punggung Bawah atau Samping

Nyeri pada bagian punggung bawah atau samping, bisa menjadi tanda bawah ISK  sudah parah, terutama jika rasa nyeri ini tidak kunjung menghilang.

6. Mual dan Muntah

Mual dan muntah, terutama jika disertai dengan gejala ISK lainnya, bisa menunjukkan bahwa infeksi telah menyebar ke ginjal.

7. Demam, Menggigil, dan Kelelahan

Demam, menggigil, dan kelelahan adalah ciri-ciri ISK sudah parah lainnya. Jika mengalami kondisi ini, penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Anda dapat berkonsultasi dengan dokter urologi yang berpengalaman di Klinik Utama Sentosa, untuk mendapatkan saran dan pengobatan yang tepat.

isk sudah parah 2

Mengapa Penting untuk Mewaspadai Ciri-Ciri ISK Parah?

Seperti yang telah di jelaskan di atas, ISK yang tidak di obati dapat menyebabkan infeksi menyebar ke ginjal dan menyebabkan kerusakan permanen.

Oleh karena itu, sangat penting untuk tidak mengabaikan ciri-ciri ISK sudah parah yang telah di sebutkan di atas, dan segera mencari bantuan medis.

Pencegahan dan pengobatan dini adalah kunci untuk menghindari komplikasi serius, yang dapat memengaruhi kesehatan ginjal Anda.

Baca Juga: Nyeri saat Kencing Terakhir? Cek Cara Mudah Mengatasinya Disini Yuk!

Konsultasikan Segera Jika Anda Mengalami Ciri-Ciri ISK Sudah Parah di Klinik Utama Sentosa

Jika mengalami ciri-ciri ISK sudah parah yang telah di sebutkan di atas, penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter yang berpengalaman seperti di Klinik Utama Sentosa.

Dokter dan tim medis yang kompeten, dapat membantu melakukan pemeriksaan dengan fasilitas medis yang lengkap, modern, dan berstandar tinggi.

Setelah mengidentifikasi penyebab pastinya, dokter dapat memberikan saran pengobatan yang tepat, sesuai dengan kondisi Anda.

Jadi, tidak perlu khawatir, percayakan kesehatan Anda dengan dokter, dan segera buat janji temu dengan tim medis kami melalui layanan Konsultasi Dokter Online.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Anda dapat berkonsultasi secara gratis, selama 24 jam, melalui kontak Whatsapp yang tersedia.⇒ [WhatsApp Dokter]

Tidak perlu khawatir, Anda akan mendapatkan pengobatan yang efektif, dan pelayanan medis yang selalu mengutamakan kenyamanan, kesehatan, dan kebutuhan pasien.

Tunggu apalagi? Segera hubungi dan konsultasikan kondisi Anda dengan dokter yang berpengalaman ya!

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta