Ahli Medis Andrologi Memiliki Perbedaan dengan Ahli Urologi?

Ahli Medis Andrologi Memiliki Perbedaan dengan Ahli Urologi?

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Meskipun sama-sama menangani bagian reproduksi, ternyata ini perbedaan dari andrologi dan urologi yang harus kamu ketahui!

Baca Juga : Mengetahui Berbagai Cara Penularan Herpes

Andrologi merupakan bidang yang khusus menangani reproduksi pada pria. Sedangkan urologi menangani saluran reproduksi khususnya di saluran kemih pada pria dan juga wanita.

Dan beberapa kondisi yang bisa dokter urologi tangani di antaranya gangguan prostat, batu ginjal, gagal ginjal, disfungsi ereksi, infeksi saluran kemih, hingga prolaps pada wanita.

Bagaimana Perbedaan pada Bidang Andrologi dan Urologi?

Andrologi dan urologi adalah dua bidang medis yang berkaitan dengan kesehatan sistem reproduksi dan saluran kemih pada pria.

Meskipun keduanya memiliki beberapa persamaan, ada perbedaan penting antara andrologi dan urologi. Berikut adalah penjelasan mengenai perbedaan antara keduanya:

1. Andrologi

  • Andrologi adalah cabang ilmu medis yang berkhusus pada kesehatan seksual dan reproduksi pria.
  • Spesialis andrologi, yang disebut androlog, berfokus pada diagnosis, pengobatan, dan manajemen kondisi khusus pada sistem reproduksi pria. Seperti disfungsi ereksi, infertilitas pria, kualitas sperma, dan gangguan hormon pria.
  • Bidang andrologi juga mencakup pengobatan gangguan ejakulasi, penyakit menular seksual pada pria, kelainan genetik yang mempengaruhi reproduksi, dan pengobatan kondisi yang berkaitan dengan organ genitalia pria.

2. Urologi

  • Urologi adalah cabang ilmu medis yang berfokus pada penyakit dan gangguan pada saluran kemih baik pada pria maupun wanita. Serta organ genitalia pada pria.
  • Seorang dokter spesialis urologi, yang disebut urolog. Berurusan dengan diagnosis, pengobatan, dan manajemen kondisi.
    Seperti infeksi saluran kemih, batu ginjal, kanker saluran kemih atau organ genitalia, kelainan kongenital saluran kemih, pembesaran prostat, dan gangguan kandung kemih.
  • Urolog juga melakukan prosedur pembedahan pada organ-organ tersebut, seperti operasi prostatektomi, cystectomy, atau pengangkatan batu ginjal.

Meskipun ada perbedaan utama antara andrologi dan urologi, beberapa kondisi dapat melibatkan kedua spesialis ini.

Misalnya, infertilitas pria bisa melibatkan baik androlog maupun urolog untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat. Dalam beberapa praktik, dokter mungkin juga memiliki keahlian di kedua bidang ini.

Sehingga dapat memberikan perawatan komprehensif untuk masalah yang terkait dengan sistem reproduksi dan saluran kemih pada pria.

Dan beberapa kondisi yang bisa dokter urologi tangani di antaranya gangguan prostat, batu ginjal, gagal ginjal, disfungsi ereksi, infeksi saluran kemih, hingga prolaps pada wanita.

Konsultasi Gratis secara Online 24 Jam Klinik Kelamin Jakarta

Carilah referensi klinik untuk penyakit kelamin untuk melakan sunat atau penyakit menular seksual terdekat. Dengan biaya terjangkau serta gratis layanan konsultasi secara online melalui Live Chat WA.

Klinik Spesialis Penyakit Kelamin ini memiliki dokter spesialis kulit kelamin serta staf medis yang berstandar internasional.

Pelayanan yang Kami berikan ramah dan memuaskan, sehingga pasien yang menjalani pengobatan pada klinik kami, serta alat medis yang canggih dan modern.

Baca Juga : Ruam di Kaki, Bisa Saja Kamu Mengalami Herpes Zoster

Bila memiliki penyakit menular seksual atau penyakit kelamin yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Utama Sentosa pada nomor yang tertera diatas.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta