Apa itu Vaginitis Atrofi, ini Identifikasinya

vaginitis atrofi 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Vaginitis atrofi adalah sebuah kondisi kesehatan yang terjadi pada perempuan, terutama selama periode menuju menopause. Ini adalah kondisi yang seringkali di abaikan atau di salah artikan sebagai tanda penuaan alami.

Baca Juga: 4 Jenis Vaginitis Infeksi Vagina Serius

Nyatanya kondisi ini bisa di identifikasikan sebaai salah satu masalah ginekologi yang cukup serius jika di biarkan tanpa ada penanganannya. Pengenalan gejala, pemahaman faktor risiko, dan diagnosa dini diperlukan untuk mengatasi masalah kesehatan ini dengan tepat sehingga menghindari komplikasi lebih lanjut.

Apa Itu Vaginitis Atrofi pada Wanita?

Penyakit vaginitis atrofi juga di kenal sebagai atrophic vaginitis. Yaitu kondisi yang di tandai dengan penipisan dan peradangan pada dinding vagina akibat penurunan kadar estrogen. Estrogen berperan penting dalam menjaga kesehatan dan elastisitas jaringan vagina.

Saat perempuan memasuki masa menopause, produksi estrogen menurun dan menyebabkan perubahan signifikan pada jaringan vagina. Karena estrogen berperan penting dalam menjaga kesehatan dan fungsi normal jaingan vagina wanita.

Meskipun ini adalah kondisi alami dari tubuh wanita sendiri. Namun terkadang seseorang juga memiliki faktor eksternal lain sehingga menyebabkan keluhan kondisi vaginitis atrofi tersebut, misalnya:

1. Pengangkatan ovarium (ovariektomi)

2. Terapi kanker (radiasi atau kemoterapi)

3. Histerektomi atau pengangkatan rahim

4. Stres hormonal (masalah kelenjar endokrin dan laktasi)

5. Perubahan hormon (gangguan tiroid dan PCOS)

Gejala dan Diagnosis Vaginitis Atrofi

Vaginitis atrofi terjadi karena penurunan kadar estrogen pada wanita, gejalanya dapat bervariasi dari ringan hingga parah. Penurunan estrogen menyebabkan perubahan pada jaringan vagina yang menyebabkan gejala seperti kering, gatal, nyeri saat berhubungan seksual.

Bahkan dalam beberapa kasus juga gejala bisa termasuk perdarahan setelah hubungan seksual, gangguan dan perubahan pola buang air kecil. Jika Anda mengalami gejala-gejala vaginitis atrofi, segera konsultasi dengan dokter atau ahli ginekologi untuk mendapatkan diagnosis yang sesuai.

Untuk mendiagnosis penyakit ini dokter mungkin akan melibatkan beberapa langkah, seperti:

  1. Riwayat kesehatan – mengambil riwayat kesehatan lengkap pasien, termasuk menanyakan tentang gejala yang di alami dan faktor risiko yang mungkin ada.
  2. Pemeriksaan fisik – dokter akan melakukan pemeriksaan fisik untuk mencari tanda-tanda vaginitis atrofi.
  3. Tes Laboratorium – tes darah mungkin di lakukan untuk mengukur kadar hormon estrogen.

Diagnosa dini vaginitis atrofi dapat membantu dalam pengobatan dan manajemen kondisi dengan lebih baik. Pengobatan vaginitis atrofi bertujuan untuk mengatasi gejala dan meningkatkan kualitas hidup penderitanya.

vaginitis atrofi 2Apa Yang Harus Anda Lakukan?

Vaginitis atrofi adalah kondisi kesehatan yang seringkali di abaikan bahkan tidak jarang juga tidak di sadari penderitanya. Jika kondisi terus berlanjut dapat mempengaruhi kualitas kesehatan organ reproduksi wanita secara signifikan.

Berkonsultasilah dengan dokter atau ahli kesehatan ginekologi untuk mendapatkan penanganan yang sesuai. Rekomendasi dokter ginekologi atau dokter khusus kesehatan organ reproduksi tentu akan jauh lebih spesifik dalam menangani keluhan Anda.

Sehingga penanganan dan pengobatannya jauh lebih efektif dan tepat. Selain itu pemilihan profesional kesehatan yang sesuai keluhan juga memberikan tingkat pengobatan yang jauh lebih maksimal bahkan hingga tuntas.

Baca Juga: Penyakit Vaginitis, Penyakit Ginekologi

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta