Apakah Durasi Ejakulasi Anda Normal Seperti Pria Sehat pada Umumnya? Cek Yuk!

durasi ejakulasi normal pria 1_11zon

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Durasi atau lama waktu ejakulasi merupakan salah satu faktor penting dalam kehidupan seksual normal pria.

Namun, setiap pria mungkin pernah bertanya-tanya, “apakah durasi ejakulasi saya normal?” atau “ apakah saya mengalami ejakulasi dini?”

Ya, artikel ini akan membantu Anda memahami berapa lama durasi ejakulasi yang dianggap normal pada pria, serta faktor-faktor yang memengaruhi lamanya waktu sebelum ejakulasi.

Berapa Lama Durasi Ejakulasi yang Normal Bagi Pria?

Durasi ejakulasi normal bisa bervariasi antar individu, tetapi rata-rata waktu dari penetrasi hingga ejakulasi, biasanya berkisar antara 5 hingga 7 menit.

Namun, kembali lagi, setiap pria memiliki kondisi dan kesehatan yang berbeda-beda. Durasi ejakulasi akan sangat bergantung pada faktor psikoligis dan fisik masing-masing individu.

Menurut dokter di Klinik Utama Sentosa, pria bisa dikatakan mengalami ejakulasi dini jika ejakulasi terjadi kurang dari 1 menit setelah penetrasi terjadi, terutama jika terjadi berulang.

Faktor yang Mempengaruhi Durasi Ejakulasi

Meski durasi ejakulasi normal pada pria bisa berbeda-beda, tetapi ada beberapa faktor yang bisa memengaruhi ejakulasi, antara lain:

1. Bertambahnya Usia

Seiring bertambahnya usia, beberapa pria mungkin mengalami perubahan dalam durasi ejakulasi.

Pria muda biasanya memiliki durasi lebih pendek, tetapi seiring berjalannya waktu, pria mungkin dapat mempertahankan kendali ejakulasi dengan lebih baik.

2. Kesehatan Mental

Stres, kecemasan, dan tekanan mental lainnya, dapat mempengaruhi kemampuan pria untuk mengendalikan ejakulasi.

3. Kesehatan Fisik

Penyakit kronis seperti diabetes, hipertensi, atau gangguan hormonal, dapat memengaruhi kemampuan pria untuk mengendalikan ejakulasi.

4. Frekuensi Hubungan Seksual

Pria yang jarang melakukan hubungan seksual atau masturbasi, mungkin mengalami ejakulasi lebih cepat karena adanya akumulasi gairah seksual.

Sebaliknya, frekuensi yang lebih teratur dapat membantu mengendalikan durasi ejakulasi normal bagi pria.

5. Gaya Hidup

Kebiasaan seperti merokok, konsumsi alkohol berlebihan, dan kurangnya aktivitas fisik, dapat mempengaruhi kesehatan seksual pria, termasuk durasi ejakulasi.

Kapan Harus Berkonsultasi dengan Dokter?

Jika Anda merasa durasi ejakulasi Anda secara konsisten terlalu cepat, atau Anda merasa bahwa masalah ini memengaruhi kehidupan seksual, sebaiknya konsultasikan dengan dokter.

Pasalnya, ejakulasi dini atau gangguan ejakulasi lainnya, bisa menjadi tanda dari masalah kesehatan yang mendasar, seperti disfungsi ereksi atau gangguan hormonal.

Oleh karena itu, jangan tunda pemeriksaan dan segera konsultasikan kondisi Anda dengan dokter yang berpengalaman.

durasi ejakulasi normal pria 2_11zon

Cara Meningkatkan Kendali Ejakulasi

Jika Anda merasa bahwa durasi ejakulasi Anda terlalu cepat, dan menyebabkan ketidakpuasan, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, antara lain:

1. Teknik Pernapasan dan Relaksasi – Mengatur napasa dan mempraktikan teknik relaksasi, untuk mengurangi ketegangan otot dan stres.

2. Latihan Kegel – Latihan ini berfokus pada penguatan otot dasar panggul, yang dapat membantu meningkatkan kendali ejakulasi.

3. Foreplay yang Lebih Lama – Melakukan foreplay lebih lama sebelum penetrasi, dapat membantu pria mengendalikan gairahnya dan memperpanjang durasi ejakulasi.

Penting untuk tidak menggunakan obat kuat yang tidak direkomendasikan dokter, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter jika Anda merasa khawatir.

Baca Juga: Ejakulasi Dini Menahun Terjadi Hingga Usia Senja? Ini Solusinya

Kembalikan Durasi Ejakulasi Normal Pria dengan Bantuan Dokter di Klinik Utama Sentosa

Jika Anda merasa durasi ejakulasi Anda tidak normal seperti pria sehat, Anda bisa berkonsultasi dengan tim medis berpengalaman di Klinik Utama Sentosa.

Dokter andrologi terbaik kami, akan memberikan solusi yang tepat, sesuai dengan penyebab yang mendasarinya dan kondisi masing-masing pasien.

Tidak perlu cemas! Pemeriksaan dokter tentu akan dilakukan dengan bantuan peralatan medis yang lengkap dan berstandar tinggi.

Selain itu, kami juga akan memberikan saran medis yang efektif, dengan mengutamakan kesembuhan, kebutuhan, dan kenyamanan pasien.

Jadi, tunggu apalagi? Segera dapatkan saran medis yang terbaik dengan berkonsultasi melalui layanan Konsultasi Dokter Online.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Layanan ini bisa Anda akses secara gratis, melalui Chat Whatsapp yang beroperasi selama 24 jam lho!⇒ [WhatsApp Dokter]

Ayo, jangan tunda pengobatan dan segera dapatkan saran medis yang tepat dari ahlinya langsung ya.

| | |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta