Apakah Testis Membengkak Pertanda Penyakit yang Berbahaya? Simak, Ini Kata Ahlinya

testis membengkak 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Testis membengkak merupakan suatu kondisi yang dapat menimbulkan ketidaknyamanan serta kecemasan bagi pria yang mengalaminya.

Pasalnya, kondisi ini merupakan masalah kesehatan pada pria yang cukup umum terjadi, dan dapat di sebabkan oleh berbagai faktor.

Namun, benarkah testis membengkak merupakan pertanda penyakit berbahaya? Untuk mengetahui ulasan lengkapnya, simak penjelasan ahlinya yuk!

Fungsi Testis (Buah Zakar)

Testis atau buah zakar merupakan salah satu organ yang memiliki peran penting dalam sistem reproduksi pria. Testis memiliki beberapa fungsi, seperti:

1. Memproduksi Sperma – Fungsi utama testis adalah memproduksi dan menyimpan sperma yang nantinya akan membuahi sel telur wanita.

2. Memproduksi Hormon Testosteron – Selain memproduksi sperma, testis juga berfungsi untuk menghasilkan hormon testosteron yang dapat meningkatkan libido pria.

Maka dari itu, wajar bila banyak pria yang khawatir jika mengalami nyeri atau pembengkakan pada testis.

Penyebab Testis Membengkak

Perlu di ketahui bahwa testis yang membengkak, umumnya di sebabkan oleh masalah kesehatan yang ringan dan tidak berbahaya.

Namun, terdapat beberapa masalah kesehatan lainnya yang juga dapat menyebabkan testis membengkak menjadi kondisi yang berbahaya.

Berikut ini adalah beberapa masalah kesehatan yang dapat menyebabkan testis membengkak, seperti:

1. Orchitis (Radang Testis)

Orchitis adalah peradangan yang terjadi pada jaringan testis, yang dapat menyebabkan pembengkakan.

Kondisi ini dapat terjadi pada pria dewasa atau anak-anak. Pada pria dewasa yang telah aktif berhubungan seksual, umumnya kondisi ini di sebabkan oleh infeksi menular seksual.

Namun, pada anak-anak, kondisi ini dapat terjadi akibat infeksi virus atau bakteri.

2. Epididimitis

Epididimitis merupakan peradangan atau infeksi pada epididimis, organ reproduksi pria yang berada di belakang kedua testis.

Jika epididimis mengalami infeksi, maka hal ini juga akan berpengaruh pada testis, dan menyebabkan testis membengkak.

3. Hidrokel

Hidrokel merupakan kondisi medis di mana terjadi penumpukan cairan di sekitar skrotum, yaitu kantung yang melindungi testis.

Penumpukan cairan ini akan menyebabkan pembengkakan pada salah satu atau kedua testis.

4. Varikokel

Varikokel merupakan pelebaran atau pembengkakan pembuluh darah vena di sekitar testis, kondisi inilah yang juga dapat menyebabkan testis membengkak.

5. Torsio Testis

Torsio testis merupakan salah satu kondisi medis darurat, dimana testis terpelintir atau memutar, hal ini dapat menyebabkan aliran darah ke testis menjadi terhenti.

Gejala dari torsio testis dapat berupa nyeri parah yang terjadi secara tiba-tiba, pembesaran, dan pembengkakan pada salah satu atau kedua testis.

Itulah beberapa penyakit yang dapat menyebabkan testis membengkak, dan jika Anda mengalami beberapa ciri di atas, segeralah periksakan diri Anda ke Klinik Utama Sentosa.

Pasalnya, jika beberapa penyakit yang memengaruhi di atas, dapat menyebabkan berbagai komplikasi yang berbahaya, termasuk kemandulan.

Baca Juga: Bahaya! 4 Penyakit Pada Testis yang Mengganggu Kesuburan Pria

testis membengkak 2

Pentingnya Konsultasi dengan Profesional Medis yang Terpercaya

Kesehatan reproduksi merupakan salah satu aspek penting dalam menjaga kesehatan seksual secara umum.

Jika mengalami beberapa gejala seperti testis membengkak, konsultasi dengan profesional medis yang terpercaya, seperti dokter andrologi Klinik Utama Sentosa sangatlah penting.

Dokter dapat melakukan pemeriksaan fisik yang teliti dengan menggunakan fasilitas medis yang lengkap dan modern, sehingga dokter akan memberikan diagniosis yang akurat.

Setelah memberikan diagnosis, dokter akan memberikan saran pengobatan yang tepat, sesuai dengan penyebab dan tingkat keparahan penyakit.

Selain itu, dokter memiliki pendidikan dan pengetahuan mengenai cara menjaga kesehatan testis dan cara mencegah masalah kesehatan reproduksi.

Jadi, tunggu apalagi, segera hubungi dokter melalui Live Chat atau Whatsapp, yang tersedia selama 24 jam, gratis!⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Tak perlu repot, karena layanan ini dapat Anda gunakan kapan dan dimana saja saat Anda butuhkan!⇒ [WhatsApp Dokter]

Ayo, pastikan kesehatan reproduksi Anda terjaga ya, konsultasikan semua keluhan Anda melalui konsultasi dengan dokter yang tepat dan terpercaya!

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta