Bahaya! Luka di Vagina Bisa Jadi Gejala dari Berbagai Infeksi Menular Seksual Lho, Cek Sekarang

luka di vagina 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Luka di vagina, merupakan salah satu kondisi yang dapat membuat sebagian besar wanita yang mengalaminya merasa cemas dan khawatir.

Pasalnya, kondisi ini dapat menyebabkan gejala yang cukup mengganggu, seperti perih, gatal, atau nyeri, dan mungkin di sertai dengan gejala lainnya.

Namun, tahukan Anda kalau luka di area kelamin wanita bisa menjadi gejala dari berbagai jenis infeksi menular seksual yang berbahaya?

Ya, maka dari itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui penyebab dan gejala dari masing-masing infeksi menular seksual yang bisa menyebabkan luka di vagina berikut ini.

Apa Itu Infeksi Menular Seksual?

Infeksi menular seksual (IMS) merupakan jenis infeksi yang dapat di tularkan melalui aktivitas seksual, baik itu berhubungan seksual secara vaginal, anal, maupun oral.

IMS dapat di sebabkan oleh berbagai macam mikroorganisme, termasuk bakteri, virus, dan parasit, dan bisa menyerang siapa saja, tidak memandang usia atau jenis kelamin.

Gejala yang di timbulkan dapat beragam, mulai dari ringan hingga parah, atau bahkan muncul tanpa gejala sama sekali.

Salah satu gejala yang umum terjadi adalah munculnya luka di vagina, keluar cairan abnormal dari area genital, atau rasa sakit saat berkemih atau berhubungan seksual.

Kondisi ini tidak boleh di abaikan, karena jika tidak di tangani dengan baik, maka berbagai komplikasi yang berbahaya bisa terjadi.

IMS yang Menyebabkan Luka di Vagina

Terdapat berbagai jenis infeksi menular seksual yang bisa menyebabkan luka di vagina sebagai salah satu gejalanya.

Berikut ini adalah beberapa IMS yang umumnya menimbulkan gejala berupa luka di area genital, seperti:

1. Herpes Genital

Herpes genital adalah salah satu jenis IMS yang di sebabkan oleh virus herpes simples tipe 2 (HSV-2).

Gejala utama yang sering di timbulkan oleh penyakit ini adalah munculnya luka terbuka di area genital, yang di sertai dengan rasa gatal, perih, dan nyeri saat berkemih.

2. Sifilis (Raja Singa)

Sifilis atau raja singa, merupakan penyakit yang di sebabkan oleh infeksi bakteri Treponema pallidum.

Penyakit ini memiliki empat tahap perkembangan, di mana tahap awal akan menimbulkan gejala berupa luka atau chancre di area genital yang tidak terasa sakit atau gatal.

3. Klamidia

Infeksi klamidia di sebabkan oleh bakteri bernama Chlamydia trachomatis, yang seringkali tidak menimbulkan gejala yang nyata.

Namun, pada beberapa kasus, dapat terjadi peradangan pada leher rahim atau vagina yang menyebabkan luka.

4. Kutil Kelamin (Kondiloma Akuminata)

Kutil kelamin merupakan kondisi yang di sebabkan oleh infeksi virus Human papillomavirus, yang dapat menular melalui hubungan seksual.

Penyakit ini umumnya di tandai dengan munculnya kutil kecil yang tidak terasa gatal atau sakit, tetapi dapat membesar dan menyebabkan luka, perih, atau gatal.

Itulah beberapa jenis infeksi menular seksual yang bisa menyebabkan luka di vagina, yang juga disertai dengan gejala lainnya.

Jika Anda mengalami beberapa ciri-ciri atau gejala dari salah satu IMS di atas, segeralah cari bantuan medis yang tepat seperti di Klinik Utama Sentosa.

Baca Juga: 5 Penyebab Miss V Anda Jadi Bau dan Cara Menghilangkannya

luka di vagina 2

Cara Tepat untuk Mengatasi Luka di Vagina yang Disebabkan Oleh IMS

Luka di vagina tidak hanya di sebabkan oleh infeksi menular seksual, kondisi ini juga dapat di sebabkan oleh berbagai kondisi non-infeksi lain, seperti iritasi atau alergi.

Namun, jika di curigai luka tersebut di sebabkan oleh IMS, berikut ini adalah beberapa cara yang tepat untuk mengatasi kondisi ini dengan baik, seperti:

1. Konsultasi dengan Profesional Medis

Langkah pertama yang penting adalah berkonsultasi dengan profesional medis yang berpengalaman, seperti di Klinik Utama Sentosa.

Dokter dapat melakukan pemeriksaan dengan fasilitas medis yang lengkap dan modern, dan pastinya diagnosis serta perawatan yang di berikan akan akurat.

2. Pengobatan Medis

Pengobatan medis yang di lakukan untuk mengatasi luka di vagina akibat IMS akan tergantung pada jenis infeksi dan tingkat keparahannya.

3. Perawatan Luka

Jika luka di area genital menyebabkan ketidaknyamanan atau nyeri, dokter akan memberikan saran perawatan luka yang tepat.

4. Hindari Berhubungan Seksual

Selama masa pengobatan, sangat di sarankan untuk menghindari hubungan seksual untuk mencegah penyebaran infeksi dan mengurangi risiko iritasi pada luka.

Selain beberapa cara di atas, penting untuk setiap pasien menjaga kebersihan area genital dengan baik dan benar.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai kondisi ini, silahkan hubungi dokter melalui layanan Konsultasi Dokter Online.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Ingat! Artikel ini tersedia hanya sebagai sumber informasi umum dan tidak bisa di jadikan pengganti saran medis yang tepat.

Oleh karena itu, konsultasikanlah dengan profesional medis yang berpengalaman melalui layanan konsultasi kami yang dapat Anda akses selama 24 jam dan gratis!⇒ [WhatsApp Dokter]

Ayo, pastikan kesehatan Anda terjaga dan dapatkan saran pengobatan dari profesional medis yang terpercaya ya!

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta