Balanitis Akibat Infeksi Jamur? Temukan Tips Mengatasinya Disini

balanitis jamur (blog) 1-min

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Infeksi jamur pada penis adalah salah satu masalah yang kerap kali terjadi pada pria yang tidak menjaga kebersihan area genital dengan baik.

Hal ini, pastinya akan menimbulkan berbagai masalah kesehatan genital, salah satunya adalah balanitis (radang kepala penis).

Balanitis yang di sebabkan oleh infeksi jamur, dapat menyebabkan berbagai gejala yang mengganggu, dan jika tidak di obati dapat menimbulkan komplikasi yang lebih serius.

Oleh karena itu, terdapat beberapa tips yang dapat di lakukan untuk mengatasi balanitis dengan efektif. Apa saja tipsnya? Simak artikel ini untuk penjelasan lengkapnya.

Bagaimana Infeksi Jamur Memicu Balanitis?

Infeksi jamur dapat memicu balanitis melalui sejumlah cara yang dapat memengaruhi area genital pria, terutama pada kepala atau kulup penis.

Jamur candida albicans adalah salah satu jenis jamur yang paling sering menyebabkan infeksi pada area genital, seperti kulup atau kepala penis.

Pertumbuhan jamur yang berlebihan di area genital, dapat menyebabkan pria mengalami penyakit balanitis, yaitu peradangan pada kepala atau kulup penis.

Hal ini dapat di picu oleh beberapa faktor, seperti:

1. Kebersihan area genital yang tidak terjaga dengan baik

2. Berhubungan seksual dengan pasangan yang mengalami infeksi jamur

3. Menggunakan sabun atau produk pembersih yang mengiritasi

4. Tidak mengeringkan area genital dengan baik

Gejala Balanitis Akibat Infeksi Jamur

Gejala balanitis yang di sebabkan oleh infeksi jamur, dapat dengan mudah di kenali, salah satunya adalah muncul bercak putih di area genital.

Selain itu, beberapa gejala balanitis akibat infeksi jamur lainnya mungkin dapat Anda alami, seperti:

  • Nyeri saat buang air kecil
  • Nyeri saat berhubungan seksual
  • Nyeri dan bengkak pada penis hingga selangkangan
  • Terasa panas dan gatal, terutama pada kepala penis
  • Kulup penis tidak dapat di tartik

Jamur akan membuat kulit menjadi lebih sensitif, sehingga kulit juga dapat mudah lecet, memiliki tekstur yang bersisik, dan mengelupas.

Jika Anda mengalami beberapa gejala balanitis akibat infeksi jamur di atas, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter andrologi di Klinik Utama Sentosa.

Baca Juga: Ngeri! Ini 3 Komplikasi Balanitis Jika Tidak Segera Diobati

balanitis jamur (blog) 2-min

Tips Mengatasi Balanitis Akibat Infeksi Jamur

Mengatasi balanitis, dapat di lakukan dengan berkonsultasi dengan dokter. Dokter dapat memberikan saran pengobatan yang tepat dan efektif untuk mengatasi balanitis.

Umumnya, dokter dapat memberikan obat antijamur berupa salep atau obat minum. Selain itu, dokter mungkin akan memberikan tambahan obat sesuai dengan gejala yang di rasakan.

Dokter juga dapat memberikan beberapa tips yang dapat membantu mempercepat proses penyembuhan balanitis akibat infeksi jamur, seperti:

1. Menjaga Kebersihan Genital

Menjaga kebersihan genital adalah langkah penting untuk mempercepat proses penyembuhan balanitis.

Bersihkan area genital dengan lembut, dan pastikan untuk menarik kulup pada saat membersihkan penis.

Serta pastikan area genital bersih dan kering, sebelum menggunakan celana dalam.

2. Gunakan Sabun yang Tidak Mengiritasi

Pilihlah sabun yang mengandung bahan yang ringan dan bebas pewangi, untuk membersihkan area genital.

Sabun yang mengandung bahan-bahan alami yang tidak mengiritasi, dapat membantu menjaga keseimbangan pH kulit dan mencegah pertumbuhan jamur.

3. Hindari Menggunakan Celana Ketat

Celana yang ketat dapat menyebabkan kelembapan berlebih pada area genital, yang dapat memperparah balanitis.

Oleh karena itu, gunakan celana dalam yang longgar dan terbuat dari bahan yang dapat menyerap keringat seperti katun, untuk memberikan sirkulasi udara yang baik.

4. Hindari Berhubungan Seksual yang Berisiko

Dalam masa penyembuhan, hindarilah berhubungan seksual yang berisiko, terutama jika balanitis di sebabkan oleh infeksi jamur.

5. Pertimbangkan untuk Sunat

Sunat adalah prosedur medis yang dapat mengurangi risiko balanitis berulang. Oleh karena itu, pertimbangkanlah untuk melakukan sunat, jika Anda belum melakukannya.

Itulah beberapa tips yang dapat mempercepat penyembuhan balanitis, yang mudah Anda lakukan di rumah.

Jika balanitis tidak kunjung sembuh, segera konsultasikan kembali dengan dokter untuk mendapatkan saran pengobatan yang tepat dan sesuai dengan kondisi Anda.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter andrologi di Klinik Utama Sentosa, yang telah berpengalaman dan kompeten dalam mengatasi penyakit kelamin pria.

Fasilitas medis yang lengkap, modern, dan steril di gunakan untuk mendapatkan hasil pemeriksaan yang akurat dan mendukung diagnosis dokter yang tepat. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Sehingga, pengobatan yang di berikan akan efektif, dan dapat mencegah terjadinya komplikasi atau balanitis berulang.

Segera diskusikan dengan dokter kami, melalui layanan konsultasi online via Live Chat atau Chat Whatsapp yang tersedia 24 jam, gratis! ⇒ [WhatsApp Dokter]

Tenang, privasi Anda akan terjamin, karena dokter dan staf medis kami akan selalu memprioritaskan kenyamanan Anda.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta