Buah Zakar Terasa Amat Gatal di Malam Hari? Jangan Panik, Intip Cara Mengatasinya Disini

buah zakar gatal 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Buah zakar gatal, terutama yang terjadi di malam hari, bisa menjadi pengalaman yang mengganggu dan membuat tidak nyaman.

Ada beberapa penyebab umum mengapa hal ini bisa terjadi, serta beberapa langkah yang bisa diambil uintuk mengurangi atau menghilangkan rasa gatal tersebut.

Ingin tahu apa penyebab dan bagaimana cara mengatasi buah zakar gatal di malam hari? Mari simak penjelasan di bawah ini.

Penyebab Umum Buah Zakar Gatal

Terdapat berbagai faktor yang dapat menyebabkan buah zakar terasa gatal, terutama di malam hari. Berikut beberapa di antaranya:

1. Infeksi Jamur di Kulit Buah Zakar

Infeksi jamur Candida albicans di area genital terutama pada kulit buah zakar, dapat menyebabkan rasa gatal yang berlebih.

Kondisi ini dapat terjadi akibat kelembapan berlebih pada area genital, penggunaan antibiotik yang berlebihan, atau sistem kekebalan tubuh yang lemah.

2. Kutu Kemaluan

Kutu kemaluan adalah parasit kecil yang hidup di rambut kemaluan dan dapat menyebabkan gatal-gatal yang intens di area genital.

Kondisi ini dapat menular melalui kontak langsung atau kontak seksual dengan individu yang terinfeksi.

3. Infeksi Menular Seksual

Beberapa jenis infeksi menular seksual seperti herpes genital, kutil kelamin, atau gonore, dapat menyebabkan rasa gatal di area genital di malam hari.

Kondisi ini tentunya memerlukan penanganan segera, untuk mencegah penularan infeksi kepada pasangan seksual.

4. Penyakit Kulit Lainnya

Beberapa kondisi kulit seperti dermatitis kontak, eksim, atau psoriasis juga dapat mengakibatkan rasa gatal pada area genital, termasuk testis.

Faktor yang memicu kondisi ini adalah alergi terhadap bahan kimia dalam sabun atau deterjen pembersih.

Dari banyaknya faktor yang dapat menyebabkan buah zakar gatal, maka dapat disimpulkan bahwa pemeriksaan yang akurat diperlukan untuk menentukan pengobatan yang tepat.

Cara Mengatasi Buah Zakar Gatal

Penting untuk mengatasi buah zakar gatal sesuai dengan penyebab, tingkat keparahan, dan kondisi masing-masing pasien.

Namun, ada beberapa cara yang dapat membantu mengatasi gatal pada area genital, termasuk testis, antara lain:

1. Berkonsultasi dengan Dokter

Jika gatal terasa sangat parah dan tidak kunjung membaik, penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter yang berpengalaman di Klinik Utama Sentosa.

Dokter dapat mengidentifikasi penyebab dari gatal, dan kemudian memberikan pengobatan sesuai dengan penyebab yang mendasarinya.

2. Jalani Pengobatan Buah Zakar Gatal dengan Tepat

Untuk mengurangi rasa gatal dan peradangan, dokter akan memberikan obat topikal yang dapat dioleskan langsung pada area yang terkena.

Sangat penting untuk tetap menghabiskan seluruh pengobatan, meskipun rasa gatal sudah membaik.

3. Menjaga Kebersihan Area Genital

Selain pengobatan medis, menjaga kebersihan area genital juga sangat penting untuk menjaga kelembapan dan kebersihan area genital.

4. Hindari Pemicu Iritasi atau Alergi

Menghindari pemicu iritasi atau alergi seperti pakaian dalam yang ketat dan produk pembersih dan perawatan yang tidak cocok, dapat membantu mengatasi rasa gatal.

Dengan mengambil langkah-langkah penanganan tersebut, Anda dapat mengatasi buah zakar gatal dengan tepat dan efektif.

Untuk itu, tidak perlu ragu menghubungi dan berkonsultasi dengan profesional medis yang berpengalaman.

Baca Juga: Kencing Perih dan Bernanah pada Pria, Apa Penyebabnya? Cek Disini Yuk

buah zakar gatal 2

Atasi Buah Zakar Gatal dengan Bantuan Dokter yang Berpengalaman di Klinik Utama Sentosa

Untuk mendapatkan pengobatan yang tepat dan mencegah berbagai masalah kesehatan yang lebih serius, maka buah zakar gatal perlu diatasi dengan pengobatan yang tepat.

Tidak perlu khawatir! Anda dapat mengatasi kondisi ini dengan bantuan dokter yang berpengalaman di Klinik Utama Sentosa.

Dokter dan tim medis kami akan melalukan evaluasi lebih lanjut, dengan dibantu oleh peralatan medis yang lengkap, modern, dan berstandar tinggi.

Setelah mendapatkan diagnosis yang akurat, dokter akan memberikan saran pengobatan yang sesuai dengan kondisi yang mendasarinya.

Tenang! Tim medis kami akan selalu memprioritaskan kesehatan, kenyamanan, kebutuhan, dan privasi setiap pasien.

Jadi, jangan ragu, segera konsultasikan kondisi yang Anda alami melalui layanan Konsultasi Dokter Online, yang tersedia selama 24 jam.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Tidak hanya itu, layanan ini juga dapat di akses secara gratis, melalui kontak Whatsapp yang tersedia!⇒ [WhatsApp Dokter]

Ingat! Pastikan Anda mendapatkan saran pengobatan yang tepat, langsung dari profesional medis yang berpengalaman ya.

| | |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta