Bagaimana Tindakan atau Cara Mencegah Balanitis?

Bagaimana Tindakan atau Cara Mencegah Balanitis?

Sebelum pasien merasakan tidak nyaman karena adanya ganguan pada alat kelamin, lebih baik kita mengetahui bagaimana tindakan atau cara mencegah balanitis. Yang sama-sama kita ketahui jika penyakit ini dapat menyerang pria.

Baca Juga : Dimana Dokter Khitan Terbaik di Jakarta?

Memang, sebagian besar pendertia penyakit ini dapat sembuh dalam waktu beberapa hari saja. Namun, hal itu membutuhkan waktu dan biaya pengobatan yang mungkin tidak sedikit.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya kita melakukan upaya pencegahan agar tidak terserang penyakit kelamin terutama balanitis ini.

Cara Mencegah Balanitis

Salah satu upaya yang utama dalam mencegah balanitis adalah dengan menjaga kebersihan pada alat kelamin pria. Cara mencegah balanitis dengan membersihkan penis secara rutin menggunkan air bersih dan sabun.

Terutama saat mandi dan setelah berhubungan intim. Setelahnya, keringkan penis sebelum memakai celana dalam yang bersih.

Selain itu, masih banyak cara atau upaya yang bisa Anda lakukan. Berikut kami rangkumkan cara lainnya untuk mencegah balanitis:

  • Gunakan alat pengaman (kondom) khusus untuk kulit sensitif
  • Cuci bersih tangan sebelum memegang alat kemaluan
  • Lakukan pemeriksaan alat kelamin secara rutin
  • Menurunkan berat badan jika mengalami obesitas
  • Menjaga pola makan sehat
  • Berolah raga secara teratur

Komplikasi Balanitis

Sebagian besar penderita penyakit ini dapat sembuh dalam beberapa hari. Jika mendapat penanganan dari dokter spesialis dengan tepat.

Sebaliknya, apabila pasien tidak mendapat penanganan secara efektif dapat menyebabkan beberapa komplikasi pada tubuh. Seperti berikut:

  • Priapismus
  • Fimosis
  • Kanker penis

Kapan Harus ke Dokter?

Segera periksakan alat kelamin ke dokter jika mengalami gejala seperti penis terasa gatal, perih dan nyeri. Penanganan penyakit ini dari sejak dini perlu Anda lakukan guna mencegah komplikasi yang serius.

Oleh sebab itu, tidak ada salahnya kita melakukan upaya pencegahan agar tidak terserang penyakit kelamin terutama balanitis ini.
Cara mencegah balanitis adalah dengan melakukan pemeriksaan secara rutin pada Klinik Utama Sentosa.

Harap lakukan pemeriksaan secara berkala jika Anda menderita diabetes.Karena kadar gula darah yang tidak terkontrol juga dapat menjadi pemicu penyakit kelamin ini.

Lakukan tes gula darah minimal 2kali dalam setahun untuk penderita diabetes. Selain itu, bagi Anda yang aktif melakukan hubungan seks untuk melakukan pemeriksaan alat kelamin minimal 6 bulan sekali.

Baca Juga : Konsultasikan Masalah pada Dokter Penyakit Kelamin Laki-Laki

Klinik Utama Sentosa Jakarta memiliki dokter spesialis kelamin pria atau dokter andrologi. Androlog ini menangani segala keluhan pasien mengenai kesehatan dan penyakit kelamin khusus pria.

Anda pun dapat berkonsultasi dengan layanan online secara gratis. Disamping itu, bisa juga untuk mereservasi waktu pengobatan supaya tidak perlu antri lagi sesampainya di klinik terbaik ini.

| | |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta