Catat! Ini 5 Gejala Erosi Serviks yang Perlu Diperhatikan

gejala erosi serviks 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Erosi serviks adalah kondisi dimana sel-sel atau jaringan yang seharusnya melapisi bagian dalam serviks, justru tumbuh di bagian luar serviks.

Kondisi ini cukup umum terjadi pada wanita pada masa subur, tetapi tak perlu khawatir karena umumnya kondisi ini tidaklah berbahaya.

Meski begitu, gejala erosi serviks dapat muncul dengan kondisi yang cukup mengganggu, dan perlu diperhatikan untuk mencegah terjadinya masalah kesehatan yang lebih serius.

Oleh karena itu, simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui apa saja gejala erosi serviks yang perlu di perhatikan.

Penyebab Erosi Serviks

Erosi serviks umumnya di sebabkan oleh perubahan hormon dan meningkatnya hormon estrogen, yang berfungsi untuk menebalkan dinding rahim.

Peningkatan hormon estrogen, umumnya terjadi pada wanita pada masa pubertas, hamil, dan sedang mengonsumsi pil KB yang mengandung hormon estrogen.

Tidak hanya perubahan hormon, beberapa kasus erosi serviks juga dapat disebabkan oleh bawaan lahir (genetik), dan beberapa penyakit menular seksual.

Gejala Erosi Serviks

Pada sebagian besar kasus, erosi serviks tidaklah menunjukkan gejala apapun. Namun, pada sebagian kasus lainnya, penyakit ini dapat menimbulkan gejala yang cukup mengganggu.

Berikut ini adalah beberapa gejala erosi serviks, yang perlu di perhatikan, seperti:

1. Keputihan Abnormal: Cairan keputihan yang keluar pada saat mengalami erosi serviks, dapat keluar sangat banyak. Namun, tidak berbau, dan tidak di sertai dengan perubahan lain.

2. Nyeri Saat Berhubungan Seksual: Wanita yang menderita erorsi serviks, dapat merasakan nyeri pada saat berhubungan seksual, atau setelahnya.

3. Perdarahan: Erosi serviks dapat menyebabkan penderitanya mengalami perdarahan pada saat berhubungan seksual, atau setelah berhubungan seksual.

4. Bercak Darah di Luar Siklus Menstruasi: Munculnya bercak darah di luar siklus menstruasi juga dapat disebabkan oleh erosi serviks.

5. Nyeri dan Perdarahan Saat Pemeriksaan: Selain perdarahan saat berhubungan seksual, erosi serviks juga dapat menyebabkan nyeri dan perdarahan pada saat pemeriksaan panggul.

Namun, penting untuk di catat bahwa gejala di atas, tidak selalu menandakan erosi serviks. Sehingga, penting untuk melakukan pemeriksaan untuk mendapatkan diagnosis yang tepat.

Anda dapat melakukan pemeriksaan di layanan kesehatan berstandar internasional, seperti di Klinik Utama Sentosa, untuk mendapatkan hasil diagnosis yang akurat.

gejala erosi serviks 2

Apakah Erosi Serviks Tanda Awal Kanker Serviks?

Perlu di ketahui bahwa erosi serviks bukanlah tanda atau gejala awal dari kanker serviks, dan tidak ada kaitan di antara keduanya.

Erosi serviks umumnya bukanlah penyakit yang berbahaya, tetapi kondisi ini tetap tidak boleh di sepelekan.

Pasalnya, erosi serviks dapat terjadi karena di sebabkan oleh beberapa masalah kesehatan tertentu, seperti:

  • Polip atau Fibroid
  • Infeksi
  • Endometriosis
  • Efek samping dari IUD
  • Kanker rahim

Oleh karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat sesuai dengan penyebab dan gejala yang di alami.

Anda dapat melakukan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat di Klinik Utama Sentosa, Jakarta.

Dokter dapat melakukan beberapa pemeriksaan erosi serviks menggunakan fasilitas medis yang lengkap, modern, dan steril, seperti:

1. Pap Smear: Pemeriksaan sel serviks, untuk melihat tanda-tanda perubahan sel yang memicu pada kanker.

2. Kolposkopi: Pemeriksan serviks dengan menggunakan alat pembesar dan pencahayaan yang terang.

3. Biopsi: Pengambilan sampel jaringan yang nantinya akan di uji untuk memeriksa adanya dugaan kanker.

Setelah pemeriksaan di lakukan, dokter akan memberikan diagnosis dan saran pengobatan yang sesuai.

Baca Juga: Wanita Harus Tahu! Perih Pada Vagina Terjadi Karena Faktor Ini

Tak perlu khawatir akan biaya pengobatan, karea biaya pemeriksaan dan pengobatan di klinik kami pastinya dapat di jangkau sesuai dengan kondisi yang Anda alami.

oleh karena itu, segeralah hubungi dokter dan lakukan pemeriksaan untuk mendapatkan perawatan erosi serviks yang tepat.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Anda bisa menghubungi dokter melalui Live Chat atau Whatsapp, yang tersedia selama 24 jam gratis!⇒ [WhatsApp Dokter]

Jadi, tunggu apalagi, segera hubungi dokter dan pastikan kesehatan Anda terjaga ya!

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta