Fakta Penting Seputar Herpes Kelamin Wanita yang Perlu Diketahui, Simak!

herpes kelamin wanita 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Hingga saat ini, masih banyak kesalahpahaman seputar herpes kelamin yang dapat terjadi pada siapa saja, termasuk pada wanita.

Penyakit ini disebabkan oleh Herpes Simpleks Virus (HSV), yang dapat menular melalui hubungan seksual vaginal, anal, maupun oral.

Mitos-mitos yang beredar di masyarakat, dapat menyebabkan terhambatnya pengobatan yang tepat dan efektif.

Oleh karena itu, penting untuk memahami beberapa fakta penting tentang herpes kelamin wanita, untuk mengambil langkah pencegahan yang tepat. Berikut di antaranya.

1. Herpes Kelamin Tidak Bisa Disembuhkan, Tetapi Dapat Diobati

Fakta utama dari herpes kelamin wanita adalah, infeksi virus herpes simpleks bersifat permanen dan tidak dapat disembuhkan.

Namun, gejalanya dapat diobati dengan pengobatan yang tepat, untuk meredakan rasa sakit, meminimalisir risiko penularan, dan memperpendek durasi infeksi.

2. Herpes Kelamin Tidak Selalu Menimbulkan Gejala

Banyak wanita yang terinfeksi virus herpes kelamin tidak mengalami gejala apapun, terutama pada awal infeksi.

Namun, ada beberapa wanita yang juga mungkin mengalami beberapa gejala secara bertahap, seperti:

  • Muncul benjolan kecil berwarna merah atau putih di area genital
  • Benjolan bisa terasa gatal atau nyeri
  • Mengalami kesemutan atau perih di area genital
  • Nyeri otot dan demam
  • Pembengkakan kelenjar getah bening di area yang terinfeksi

Pada beberapa kasus, gejala herpes kelamin ini dapat muncul 2 hingga 20 hari setelah terinfeksi virus.

3. Herpes Kelamin dapat Menular Meski Tidak Ada Gejala

Meskipun beberapa wanita tidak mengalami gejala, tetapi virus herpes tetap dapat menular melalui kontak langsung dengan kulit yang terinfeksi.

Penularan juga dapat terjadi melalui hubungan seksual secara vaginal, anal, maupun oral, dengan pasangan yang terinfeksi.

4. Wanita Lebih Berisiko Terkena Herpes Kelamin

Pada umumnya, wanita akan lebih berisiko terkena herpes kelamin di bandingkan dengan pria, karena struktur anatomi wanita yang memudahkan virus untuk masuk ke dalam tubuh.

5. Herpes Kelamin Dapat Membahayakan Bayi

Wanita hamil yang terinfeksi herpes kelamin, dapat menularkan virus kepada bayinya saat melahirkan. Hal ini dapat menyebabkan infeksi yang serius pada bayi, dan berakibat fatal.

Penting untuk diingat bahwa meskipun herpes kelamin wanita tidak dapat di sembuhkan, tetapi pengobatan adalah langkah yang tepat untuk mencegah komplikasi berbahaya.

Oleh karena itu, sangat penting untuk berkonsultasi dengan dokter yang berpengalaman seperti di Klinik Utama Sentosa, untuk mendapatkan saran yang tepat.

herpes kelamin wanita 2

Langkah-Langkah Tepat untuk Mencegah Herpes Kelamin Wanita

Seperti yang telah di jelaskan di atas, herpes kelamin merupakan salah satu penyakit menular seksual yang cukup umum menyerang wanita.

Meskipun tidak ada obatnya, herpes kelamin dapat di cegah dengan beberapa langkah tepat. Berikut beberapa langkah yang tepat untuk mencegahnya, antara lain:

1. Menggunakan kondom dengan benar dan secara konsisten

2. Hindari kontak seksual dengan pasangan yang terinfeksi virus herpes simpleks

3. Jaga kebersihan area genital dengan baik

4. Segera konsultasikan dengan dokter jika mengalami gejala herpes

5. Jalani pemeriksan kesehatan seksual secara rutin

6. Jalani hubungan seksual yang sehat

Perlu diingat bahwa mencegah penyakit menular seksual seperti herpes kelamin akan lebih baik, daripada harus mengobatinya.

Baca Juga: Tanda Penyakit Menular Seksual (PMS) pada Wanita yang Sering Tidak Disadari, Cek Sekarang!

Lakukan Pengobatan Herpes Kelamin yang Tepat di Klinik Utama Sentosa

Setelah mengetahui berbagai fakta tentang herpes kelamin wanita, maka diharapkan setiap individu untuk mendapatkan informasi kesehatan dari sumber yang tepat.

Oleh karena itu, jika muncul gejala herpes kelamin, segeralah konsultasikan dengan dokter yang terpercaya, seperti di Klinik Utama Sentosa.

Dokter dapat memberikan penjelasan lengkap mengenai kondisi yang Anda alami, mulai dari penyebab, gejala, hingga saran yang tepat untuk mengatasinya.

Jangan ragu, karena dokter dan tim medis kami akan memberikan saran yang tepat, dan akan selalu mengutamakan kesehatan, kenyamanan, dan kebutuhan setiap pasien.

Oleh karena itu, silahkan hubungi tim medis kami segera, melalui layanan Konsultasi Dokter Online, untuk mendapatkan saran kesehatan yang akurat.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Tenang! Layanan ini tersedia untuk memudahkan Anda berkonsulasi kapan dan di mana saja, melalui kontak Whatsapp selama 24 jam dan gratis!⇒ [WhatsApp Dokter]

Ayo, selalu pastikan Anda mendapatkan informasi kesehatan dari sumber yang terpercaya ya!

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta