Perbedaan Pengertian Infeksi Menular Seksual

Perbedaan Pengertian Infeksi Menular Seksual

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Meskipun banyak yang menggunakan kata-kata ini secara bergantian, ada perbedaan pengertian Infeksi Menular Seksual (IMS) dan Penyakit Menular Seksual (PMS).

Di samping itu, perlu Anda ingat bahwasannya gangguan ini merupakan kondisi medis yang serius. Harus segera mendapat pengobatan dengan dokter spesialis kelamin. Terlebih jika mempunyai komplikasi yang berbahaya bagi pasien dan pasangan.

Baca Juga : Alami Penyakit Menular Seksual, Yuk Konsultasi dengan Dokter Kelamin di Klinik!

Infeksi Menular Seksual

Infeksi Menular Seksual (IMS) adalah istilah yang lebih luas dan mencakup semua jenis infeksi yang dapat menyebar melalui kontak seksual, termasuk PMS. IMS meliputi infeksi virus, bakteri, parasit, dan jamur yang dapat menyebar melalui aktivitas seksual.

Sedangkan PMS hanya merujuk pada infeksi yang dapat menimbulkan gejala pada individu yang terinfeksi. PMS biasanya disebabkan oleh bakteri, virus, atau parasit yang terutama menyebar melalui kontak seksual.

Jenis Infeksi Menular Seksual

Beberapa jenis penyakit atau infeksi menular seksual (IMS), termasuk:

  • Gonore
  • Sifilis
  • Klamidia
  • Herpes genital
  • HPV
  • HIV/AIDS

Namun, IMS tidak selalu menimbulkan gejala dan seringkali dapat terjadi tanpa Anda sadari oleh individu yang terinfeksi. Beberapa jenis IMS yang dapat terjadi tanpa gejala meliputi klamidia, HPV, dan herpes genital.

Ini membuat IMS lebih sulit tenaga medis deteksi dan dapat menyebabkan penyebaran infeksi yang tidak disengaja.

Pencegahan Infeksi Menular Seksual

Berikut adalah beberapa langkah pencegahan infeksi menular seksual (IMS) yang dapat Anda lakukan:

  • Penggunaan kondom adalah cara yang efektif untuk mencegah penularan IMS.
  • Penting untuk berbicara dengan pasangan tentang risiko IMS sebelum berhubungan seksual. Pastikan pasangan juga mengikuti langkah-langkah pencegahan IMS.
  • Hindari melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang memiliki riwayat IMS atau memiliki banyak pasangan seksual.
  • Tes kesehatan IMS secara teratur dapat membantu mendeteksi IMS pada tahap awal dan menghindari penyebaran lebih lanjut.
  • Bagi yang menggunakan jarum suntik atau peralatan medis lainnya, pastikan peralatan tersebut steril dan tidak digunakan bersamaan dengan orang lain.
  • Lakukan vaksinasi: Beberapa IMS seperti hepatitis B dan HPV dapat dicegah melalui vaksinasi.
  • Berhenti merokok, karena merokok dapat memengaruhi sistem kekebalan tubuh sehingga rentan terhadap infeksi, termasuk IMS.
Namun, IMS tidak selalu menimbulkan gejala dan seringkali dapat terjadi tanpa disadari oleh individu yang terinfeksi.
Infeksi menular seksual adalah kondisi yang tidak baik jika Anda biarkan terlalu lama.

Penanganan di Klinik

Pencegahan IMS sangat penting, terutama bagi orang yang aktif secara seksual. Dengan mengambil langkah-langkah ini, kita dapat membantu mengurangi risiko terkena IMS dan mencegah penyebarannya.

Jika Anda mempunyai gejala dan semakin memburuk keadaannya. Segeralah berkonsultasi atau datangi klinik spesialis penyakit kelamin seperti Klinik Utama Sentosa. Klinik ini berada di Kelapa Gading, Jakarta Utara dan sudah berdiri sejak tahun 2012.

Dengan dokter atau tenaga ahli yang sudah berpengalaman, keluhan serta penyakit mengenai kelamin Anda akan kami tangani dengan efektif. Biasanya dokter akan meminta pasien melakukan pemeriksaan fisik agar mendapatkan diagnosis yang benar.

Baca Juga : Pencegahan Yang Dilakukan Pada Penyakit Menular Seksual

Selain itu biaya pengobatan yang sangat terjangkau. Klinik ini sangat mengutamakan kepuasan dan kesembuhan setiap pasiennya dengan memprioritaskan pasiennya dalam setiap pengobatan dan pelayanannya.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta