Ini Dia 7 Gejala Uretritis pada Pria yang Perlu Diwaspadai, No. 5 Sering Diabaikan

uretritis pada pria 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Uretritis merupakan salah satu penyakit yang terjadi ketika uretra mengalami peradangan akibat infeksi atau iritasi.

Uretra adalah organ reproduksi yang berfungsi sebagai organ yang mengalirkan urin dari kandung kemih keluar tubuh.

Uretritis dapat menyebabkan berbagai gejala yang mengganggu dan membuat penderitanya merasa tidak nyaman, salah satunya adalah nyeri saat buang air kecil.

Namun, terdapat berbagai gejala lain yang dapat di alami pria yang menderita uretritis. Mau tahu apa saja gejalanya? Simak terus artikel ini sampai habis untuk penjelasan lengkapnya!

Penyebab Uretritis Pada Pria

Uretritis pada pria umumnya di sebabkan oleh infeksi bakteri, bakteri yang ada di kulit sekitar uretra atau lubang kencing dapat masuk ke dalam saluran kemih.

Hal ini bisa terjadi karena kebersihan area genital yang buruk atau pada saat berhubungan seksual.

Berdasarkan bakteri yang dapat menginfeksi, uretritis dapat di bagi menjadi dua jenis, yaitu:

1. Uretitis Gonore – Uretritis gonore terjadi akibat infeksi bakteri gonore yaitu Neisseria gonorrhoeae.

2. Uretritis Non-Gonore – Uretritis non-gonore dapat terjadi akibat infeksi bakteri lain, seperti infeksi bakteri Chlamydia trachomatis atau Mycoplasma genitalium.

Selain itu, uretritis juga dapat di sebabkan oleh beberapa infeksi menular seksual lainnya, seperti herpes genital, kutil kelamin, atau trikomoniasis.

Namun, seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, uretritis juga bisa di sebabkan oleh non-infeksi, seperti:

  • Penggunaan kateter berkepanjangan
  • Gesekan pada saat menggunakan celana ketat atau bermain sepeda
  • Iritasi sabun mandi yang berbahan kimia keras
  • Iritasi pelumas yang mengandung spermisida

Gejala Uretritis pada Pria

Gejala uretritis pada pria dapat bervariasi, mulai dari gejala ringan hingga gejala yang butuh penanganan segera.

Berikut ini adalah beberapa gejala uretritis yang mungkin di alami oleh pria, seperti:

1. Nyeri saat Buang Air Kecil

Peradangan yang terjadi pada saluran kemih (uretra) dapat menyebabkan penderitanya mengalami nyeri saat buang air kecil.

2. Penis Mengeluarkan Cairan Kuning

Cairan kuning atau kehijauan dapat keluar dari penis, kondisi ini juga dapat terjadi karena adanya infeksi bakteri penyebab gonore.

3. Penis Gatal, Bengkak, dan Nyeri

Pria yang mengalami uretritis juga bisa mengalami perubahan pada penis, seperti gatal, bengkak, dan juga nyeri ketika di sentuh.

4. Sensasi Terbakar atau Panas Saat Buang Air Kecil

Selain nyeri saat buang air kecil, pria yang mengalami penyakit ini juga bisa mengalami sensasi terbakar atau panas pada saat buang air kecil.

5. Pembengkakan Kelenjar Getah Bening

Pembengkakan kelenjar getah bening di area selangkangan adalah respons alami tubuh terhadap infeksi, termasuk infeksi penyebab uretritis.

6. Nyeri Saat Berhubungan Seksual atau Ejakulasi

Nyeri selama berhubungan seksual atau pada saat ejakulasi, dapat menjadi salah satu gejala uretritis pada pria.

7. Kencing Berdarah (Hematuria)

Pada kasus yang sudah parah, pria yang mengalami uretritis dapat mengalami kencing berdarah atau terdapat darah di dalam urin.

Kondisi ini memerlukan perhatian dan penanganan medis segera. Oleh karena itu, jika Anda mengalami beberapa gejala di atas, sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter urologi berpengalaman dan kompeten di Klinik Utama Sentosa, yang berlokasi di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Baca Juga: Pilihan Obat Sakit Pipis untuk Pria dan Wanita, Mana yang Terbaik?

uretritis pada pria 2

Diagnosis dan Pengobatan Uretritis pada Pria

Untuk memastikan penyebab uretritris pada pria, dokter dapat melakukan pemeriksaan untuk mendeteksi adanya infeksi bakteri atau virus yang dapat menyebabkan uretritis.

Sebelum itu, dokter akan menanyakan beberapa pertanyaan terkait gejala yang di alami, riwayat kesehatan, dan juga riwayat seksual pasien.

Pemeriksaan di lakukan dengan memeriksa bagian perut dan juga alat kelamin. Dokter juga mungkin akan melakukan beberapa pemeriksaan untuk menunjang diagnosis, seperti:

  • Pemeriksaan sampel cairan atau lendir dari kelamin
  • Kultur urin untuk mendeteksi bakteri
  • Tes darah
  • Tes penyakit menular seksual

Setelah menegakkan diagnosis, dokter akan memberikan rencana pengobatan yang tepat dan sesuai dengan penyebab uretritis.

Untuk mendapatkan resep pengobatan yang tepat, Anda bisa berkunjung ke Klinik Utama Sentosa untuk mendapatkan saran pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda.

Anda akan di tangani langsung dengan dokter urologi dan staf medis yang berpengalaman, kompeten, dan memiliki pengetahuan dalam menangani uretritis pada pria.

Jangan khawatir, karena pemeriksaan akan di lakukan dengan menggunakan fasilitas dan peralatan medis yang lengkap, modern, dan steril.

Sehingga, Anda akan nyaman dan tenang pada saat menjalani pemeriksaan, perawatan, dan juga pengobatan uretritis.

Jika Anda mengalami beberapa gejala uretritis seperti yang telah di sebutkan sebelumnya, terutama jika terdapat darah di dalam urin, segera konsultasikan dengan dokter kami.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Anda bisa berkonsultasi dengan dokter melalui layanan konsultasi online, via Live Chat atau Whatsapp yang tersedia 24 jam, gratis!

Ayo, selalu konsultasikan dengan dokter jika Anda mengalami gejala-gejala yang mengkhawatirkan, agar mendapat saran pengobatan yang tepat dan efektif!⇒ [WhatsApp Dokter]

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta