Keputihan yang Tidak Sehat Bisa Terlihat Dari Warnanya, Perhatikan!

keputihan tidak sehat 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Perubahan warna pada keputihan bisa menandakan bahwa kondisi vagina Anda sedang tidak sehat atau tidak baik-baik saja.

Meskipun keputihan memiliki fungsi yang baik bagi vagina, seperti membersihkan dan menjaga kelembapannya, tetapi perubahan warna bisa menandakan suatu penyakit.

Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui apa saja warna yang menunjukkan bahwa keputihan yang Anda alami tidak sehat. Berikut penjelasannya.

Mengapa Warna Keputihan Penting Diperhatikan?

Warna keputihan yang normal, biasanya akan bening atau berwarna putih susu, dengan konsistensi yang encer hingga kental.

Namun, perubahan warna pada keputihan bisa di sebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari siklus menstruasi, kehamilan, atau bahkan infeksi kelamin.

Oleh karena itu, memperhatikan perubahan pada warna keputihan sangatlah penting, agar dapat mengambil langkah yang tepat untuk mengatasinya.

Warna dan Penyebab Keputihan yang Tidak Sehat

Ada beberapa warna keputihan yang tidak sehat, yang bisa menjadi tanda adanya infeksi atau masalah kesehatan lainnya. Berikut di antaranya:

1. Warna Kuning atau Hijau

Keputihan yang berwarna kuning atau hijau, terutama jika disertai bau tidak sedap, bisa menandakan adanya infeksi bakteri atau penyakit menular seksual (PMS), seperti gonore.

2. Warna Putih Kental dan Menggumpal

Jika keputihan berwarna putih tetapi teksturnya tebal dan menggumpal seperti keju, itu bisa menjadi tanda infeksi jamur vagina (kandidiasis vaginalis).

3. Warna Abu-Abu

Keputihan berwarna abu-abu seringkali merupakan tanda dari ketidakseimbangan bakteri di vagina (vaginosis bakterialis), yang disertai dengan bau amis yang kuat.

4. Warna Cokelat atau Berdarah

Keputihan berwarna cokelat atau berdarah di luas siklus menstruasi, bisa menjadi tanda masalah yang lebih serius, seperti infeksi atau bahkan kanker serviks.

5. Warna Kuning Pucat dan Cair

Keputihan yang sangat cair, berwarna kuning pucat, dan berbau busus, bisa menandakan adanya infeksi kelamin.

Jika Anda mengalami perubahan warna keputihan tidak sehat tersebut, sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

keputihan tidak sehat 2

Kapan Harus ke Dokter?

Penting untuk melakukan pemeriksaan ke dokter yang berpengalaman seperti Klinik Utama Sentosa, jika Anda mengalami perubahan warna keputihan yang disertai gejala berikut:

  • Gatal-gatal atau nyeri pada area vagina
  • Pembengkakan vagina atau vulva
  • Demam ringan hingga tinggi
  • Nyeri saat buang air kecil
  • Perdarahan di luar siklus menstruasi
  • Nyeri saat berhubungan seksual
  • Pembengkakan kelenjar getah bening

Meskipun keputihan merupakan hal yang normal, tetapi jika mengalami perubahan, sebaiknya jangan abaikan dan segera konsultasikan dengan tim medis yang tepat.

Mereka akan memberikan penanganan medis yang tepat, sesuai dengan penyebab, tingkat keparahan, dan juga kondisi masing-masing individu.

Penting untuk di ingat bahwa tidak semua perubahan warna menandakan adanya infeksi, tetapi juga bisa menandakan adanya kondisi medis lain yang berbahaya, termasuk kanker.

Oleh karena itu, sangat penting untuk segera mendapatkan informasi dan penanganan medis yang tepat dari ahlinya.

Baca Juga: Infeksi Vagina Paling Parah Ditandai dengan Ciri-Ciri Ini Lho, Jangan Abaikan!

Konsultasikan Perubahan Warna Keputihan yang Tidak Sehat di Klinik Utama Sentosa

Perubahan warna keputihan tidak sehat, bisa menandakan adanya masalah kesehatan yang lebih serius, termasuk infeksi atau masalah pada organ reproduksi.

Oleh karena itu, sangat penting untuk tidak mengabaikannya dan segera berkonsultasi dengan tim medis yang terpercaya seperti di Klinik Utama Sentosa.

Dokter dan tim medis yang berpengalaman, akan siap membantu semua keluhan yang Anda alami dan mengatasinya dengan tepat.

Tidak perlu khawatir, karena dokter akan melakukan pemeriksaan dengan peralatan medis yang berstandar tinggi, guna mendapatkan hasil pemeriksaan yang akurat.

Jadi, tunggu apalagi? Konsultasikan keluhan penyakit Anda dengan tim medis kami segera melalui layanan Konsultasi Dokter Online.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Layanan ini tersedia selama 24 jam, dan dapat di akses melalui Chat Whatsapp yang tersedia gratis!⇒ [WhatsApp Dokter]

Mudah bukan? Jadi, ayo pastikan kesehatan reproduksi Anda terjaga dan dapatkan penanganan medis yang tepat dari tim medis terbaik kami ya!

| | |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta