Komplikasi dan Cara Mencegah Infeksi Gonore

Komplikasi dan Cara Mencegah Infeksi Gonore

Saat mengalami infeksi gonore, baik pria maupun wanita akan mengalami gejala yang berbeda. Pada pria khususnya gejala yang sering timbul adalah sakit luar biasa saat buang air kecil dan terdapat nanah di sekitar penis.

Sementara gejala yang terjadi pada wanita yaitu keputihan yang tak lazim dan mengeluarkan darah berlebih meskipun tidak dalam masa haid.

Salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri Neisseria Gonorrhoeae atau Gonococcus ini pun dapat menyerang ibu hamil hingga masa proses persalinan. Parahnya, infeksi gonore tersebut bisa menular ke bayi dengan gejala seperti mata kemerahan dan mengeluarkan bercak nanah.

Baca Juga: Infeksi Gonore : Pengertian, Penyebab, Dan Cara Mengobati

Oleh sebab itu, gonore terbilang penyakit kelamin yang cukup berbahaya dan bisa menyerang siapa saja tanpa terkecuali.

Risiko Infeksi Gonore

Jenis penyakit menular seksual ini dapat terjadi karena adanya faktor yang mempengaruhi kesehatan seseorang. Penyebab paling umum adalah perilaku seksual yang buruk, sering bergonta-ganti pasangan, dan berhubungan langsung dengan penderita gonore.

Jika secara terus-menerus tidak melakukan pencegahan atau membatasi diri dari kebiasaan buruk, khususnya dalam urusan seks maka risiko infeksi yang terjadi akan lebih akut.

Risiko yang paling berpengaruh bagi seseorang yang terkena infeksi gonore adalah kaum muda dengan rentang usia 15-45 tahun.

Komplikasi Penyakit Gonore

Penyakit kelamin ini bisa saja menyebabkan kematian apabila sudah masuk ke dalam tahap komplikasi dengan tanpa adanya pengobatan berkelanjutan.

Sebelum terlambat maka sebaiknya lakukan konsultasi secara terbuka, baik dengan dokter spesialis maupun mengunjungi klinik kelamin dan layanan kesehatan lainnya untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cara Mencegah Komplikasi Infeksi Penyakit Gonore
Komplikasi dan Cara Mencegah Infeksi Penyakit Gonore – Credit Image: sentosaklinik.com

Komplikasi penyakit menular seksual ini cukup berbahaya bagi wanita dengan penyebab yang beragam, seperti halnya:

  • Peningkatan risiko HIV/AIDS. Seseorang dengan gejala gonore akan lebih rentan terkena AIDS yang berasal dari virus HIV.
  • Infeksi parah di sekujur tubuh. Bukan hanya menyerang area bagian sekitar kelamin, jika berkelanjutan maka infeksi gonore dapat terjadi di tubuh lainnya melalui aliran darah yang terinfeksi.
  • Infertilitas pada wanita. Dapat berisiko komplikasi pada kehamilan dan infertilitas karena infeksi gonore menyebar ke saluran tuba maupun dalam rahim sehingga menimbulkan penyakit radang panggul.
  • Infertilitas pada pria. Hal ini dapat menimbulkan epididimis sehingga tubuh akan mengalami peradangan. Di samping itu, gangguan epididimis jika tak ada tindakan pengobatan akan mengalami infertilitas.
  • Komplikasi pada bayi. Penyebab paling utama adalah ibu yang terdiagnosa gonore dan menularkannya ke bayi saat proses persalinan. Komplikasinya seperti kebutaan, keluar nanah, dan luka di kulit kepala.

Cara Mencegah Infeksi Gonore

Menghindari faktor risiko serta komplikasi dari infeksi gonore yang kemungkinan terjadi bisa Anda cegah sejak dini, seperti tips yang kami berikan di bawah ini:

  • Gunakan kondom saat berhubungan intim. Tujuan utama adalah menghindari adanya bakteri atau virus yang masuk jika salah satu pasangan terinfeksi penyakit menular seksual pada umumnya.
  • Jangan bergonta-ganti pasangan saat berhubungan. Pastikan bahwa Anda harus setia dengan pasangan dalam urusan seks agar gejala penyakit kelamin tidak terinfeksi.
  • Jangan berhubungan seks dengan orang yang terinfeksi gonore. Usahakan untuk mengendalikan diri jika Anda memang cukup tergila-gila dalam urusan seks dan hindari dengan orang yang terinfeksi gonore.
  • Lakukan pemeriksaan atau skrining penyakit menular seksual. Jika benar-benar terinfeksi secara dugaan pribadi maka sebaiknya lakukan pemeriksaan berkala dengan dokter ahli.
  • Tidak melakukan hubungan seks di luar nikah. Poin paling penting adalah perhatikan pola kehidupan seks Anda agar tidak mudah terinfeksi gonore.

Namun demikian, pencegahan terbaik yang bisa Anda lakukan adalah dengan pemberian antibiotik di samping tips atau cara mandiri yang telah kami jelaskan di atas.

Baca Juga: Bagaimana Tanda Jika Gonore Sudah Sembuh

Jika infeksi gonore yang terdeteksi begitu parah maka segera lakukan pengobatan untuk mengetahui detail lebih lanjut gejala dan penyebab dari gonore (kencing nanah) ini. Anda pun dapat berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter dan usahakan terbuka mengenai urusan seksual saat

Layanan Konsultasi Online

Secara umum, seseorang yang mengalami penyakit kelamin biasanya akan merasa malu untuk secara langsung mengatakan jenis penyakit yang sedang dialaminya. Oleh sebab itu, Anda bisa melakukan konsultasi secara online dan gratis dengan tim medis atau konsultan kesehatan.

Mudahnya, Anda bisa menggunakan layanan konsultasi online dan gratis di Klinik Sentosa Jakarta dengan bantuan dari tim konsultan medis berpengalaman dan profesional selama 24 jam nonstop.

Setiap percakapan di sistem kami terdata dengan baik sehingga data pasien akan terjaga dan sangat privasi. Dengan layanan ini, Anda dapat lebih mudah dan nyaman dalam berkonsultasi berbagai jenis penyakit kelamin, khususnya yang terinfeksi penyakit gonore atau kencing nanah.

| |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta