Infeksi Gonore : Pengertian, Penyebab, Dan Cara Mengobati

Infeksi Gonore : Pengertian, Penyebab, Dan Cara Mengobati

Gonore merupakan infeksi menular seksual (IMS) yang dipicu oleh bakteri akibat hubungan seksual. Bakteri penyebab kencing nanah atau kencing nanah adalah Neisseria gonorrhoeae.

Penyakit kencing nanah (Gonorrhea) adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang dapat menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita, terutama di kalangan remaja usia 15-24 tahun.

Penyakit yang dikenal dengan gonore ini ditandai dengan keluarnya cairan kental berwarna kuning atau hijau.

Orang yang melakukan hubungan seksual yang tidak sehat, seperti tidak menggunakan kondom, berganti pasangan, atau berhubungan dengan orang yang menderita penyakit menular seksual rentan terhadap gonore.

Baca Juga : Bagaimana Tanda Jika Gonore Sudah Sembuh

Jika muncul gejala, sebaiknya segera ditangani oleh dokter spesialis kelamin karena dapat menimbulkan beberapa komplikasi yang berbahaya.

Apa itu gonore (gonore)?

Gonore merupakan infeksi menular seksual (IMS) yang dipicu oleh bakteri akibat hubungan seksual. Bakteri penyebab kencing nanah atau kencing nanah adalah Neisseria gonorrhoeae.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), gonore cenderung menyerang area tubuh yang hangat dan lembap, seperti:

  • Uretra, atau saluran yang mengalirkan urin dari kandung kemih
  • Mata
  • Tenggorokan
  • Vagina
  • Anal
  • Saluran reproduksi wanita, di meliputi saluran tuba, leher rahim, dan rahim

Penularan pada infeksi gonore biasanya terjadi selama hubungan seks vaginal, oral, atau anal. Untuk wanita hamil yang terinfeksi dapat menularkannya kepada bayinya, paling sering di area mata.

Gejala penyakit gonore

Sekali terinfeksi, masa inkubasi gonore hingga menimbulkan gejala klinis sangat cepat, antara 2-5 hari. Gejala pada pria dan wanita bisa berbeda. Pada wanita, umumnya gonore tidak menunjukkan gejala.

Faktanya, hanya 50% wanita yang terinfeksi yang mengalami gejala. Namun, harus menyadarinya jika tidak ingin menimbulkan masalah kesehatan yang serius di kemudian hari. Yuk, ketahui gejala Gonore berikut ini:

Baca Juga : Pencegahan Gonore Dapat Dilakukan Dengan Cara Ini

Gejala penyakit kencing nanah pada pria

Sebagian besar penderita gonore adalah laki-laki. Gejala-gejala yang muncul antara lain:

  • Keluarnya cairan bening, keruh atau nanah dari uretra
  • Nyeri dan terbakar saat buang air kecil
  • Merah dan bengkak di ujung alat kelamin
  • Pria yang memiliki gejala mungkin memiliki

Gejala penyakit kencing nanah pada wanita

Sementara itu, sebagian besar wanita tidak menunjukkan gejala. Hanya 50% penderita yang memiliki gejala, yang seringkali ringan dan dapat disalahartikan sebagai infeksi kandung kemih atau vagina.

Gejala yang paling sering termasuk keputihan yang tidak normal, sensasi nyeri atau terbakar saat buang air kecil, dan pendarahan vagina.

Gejala gonore di area tubuh lain

Selain menyerang alat kelamin, bakteri penyebab gonore juga bisa menyerang organ lain, seperti:

Baca Juga : Penyebab Gonore Yang Paling Sering Dialami

Rektum

Yang di tandai dengan rasa gatal pada dubur, keluar cairan seperti nanah dari dubur, pendarahan saat buang air besar, dan kesulitan mengejan saat buang air besar.

Mata

Akan menyebabkan sakit mata, kepekaan terhadap cahaya, dan keluarnya cairan seperti nanah dari salah satu atau kedua mata.

Tenggorokan

Di tandai dengan sakit tenggorokan dan pembengkakan kelenjar getah bening di leher.

Sendi

Jika satu atau lebih persendian terinfeksi bakteri (arthritis septik), persendian yang terinfeksi mungkin terasa hangat, merah, bengkak dan sangat nyeri, terutama saat digerakkan.

Baca Juga : Pengertian, Penyebab, Dan Gejala Gonore

Penyebab gonore

Penyebab kencing nanah adalah infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae, yang menyebar dari orang ke orang melalui kontak seksual. Kemudian bakteri berkembang biak di area selaput lendir tubuh yang hangat dan lembap, seperti alat kelamin, mulut, tenggorokan, mata, dan rektum.

Orang yang aktif secara seksual akan terkena gonore melalui hubungan seks vaginal, anal, atau oral tanpa kondom dengan pasangan yang menderita gonore.

Penyakit kencing nanah (Gonorrhea) adalah infeksi menular seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang dapat menyerang siapa saja, baik pria maupun wanita, terutama di kalangan remaja usia 15-24 tahun.
Mulai lah saat berhubungan intim dengan menggunakan alat pengaman

Faktor risiko

Selain itu, faktor risiko gonore meliputi:

  • Wanita yang aktif secara seksual pada usia yang relatif muda
  • Pria yang berhubungan seks dengan pria
  • Sering berganti pasangan seksual
  • Memiliki pasangan yang sering berganti-ganti pasangan seksual.
  • Memiliki lebih dari satu pasangan seks
  • Perilaku seksual berisiko
  • Pernah menderita gonore atau penyakit menular seksual lainnya

Baca Juga : Gonore : Tanda Gejala Dan Penyebab Pada Pria

Konsultasikan di Klinik Kulit Kelamin

Itulah beberapa fakta yang mengenai Infeksi Gonore : Pengertian, Penyebab, Dan Cara Mengobati yang perlu kamu ketahui agar kamu bisa mewaspadai bahwa bahanya penyakit menular seksual ini.

Di Klinik Sentosa memiliki Dokter Spesialis Kulit Kelamin serta Staff Medis yang berstandar internasional. Dan Klinik Sentosa sangat mengutamakan pelayanan yang ramah dan baik terhadap pasien.

Jika kamu memiliki penyakit menular seksual yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Sentosa dan ikuti sosial media kami :

Instagram : @kliniksentosajakarta

Twitter : @klinik_sentosa

Tiktok : @klinik_sentosa

| |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta