Penanganan Pertama Pada Herpes Genital (Kelamin)

Penanganan Pertama pada Herpes Genital (Kelamin)

Herpes genital merupakan salah satu jenis infeksi herpes yang menyebabkan terjadinya ruam pada kulit kelamin. Mengakibatkan rasa nyeri, gatal, perih, hingga demam jika gejala yang timbul cukup tinggi. Oleh sebab itu, untuk penanganan pertama pada infeksi herpes ini bisa melakukan pengobatan secara mandiri maupun berkonsultasi dengan dokter.

Untuk jenis herpes genital ini adalah paling sering muncul akibat infeksi yang berasal dari virus Herpes Simplex Virus tipe 2 (HSV 2). Bukan hanya menyerang orang dewasa, namun bayi yang baru lahir pun dapat terinfeksi virus ini karena adanya penularan dari sang ibu.

Baca Juga: Klinik Sentosa Jakarta – Pengobatan Penyakit Herpes Terbaik dan Terpercaya

Penyebab Herpes Genital (Kelamin)

Penyebab paling utama saat seseorang terinfeksi virus herpes genital atau kelamin ini akibat hubungan seksual yang tidak normal. Di samping itu, melakukan seks oral dengan orang yang mengalami ruam di sekitar bibir juga menjadi salah satu faktor.

Jenis herpes ini cukup berbahaya jika tidak segera melakukan pengobatan sejak dini. Beberapa orang perlu mengecek secara rutin agar infeksi yang timbul tidak semakin parah.

Secara detail, berikut ini beberapa penyebab dari munculnya herpes genital yang memengaruhi alat kelamin pria maupun wanita:

  • Berhubungan seks anal atau melalui vagina tanpa alat pengaman (kondom)
  • Menggunakan sex toys secara bergantian
  • Melakukan seks oral dengan orang yang memiliki ruam di sekitar mulut atau bibirnya
  • Berciuman dengan orang yang mengalami gejala herpes dengan tanda ruam di sekitar mulutnya
  • Kelahiran dari sang ibu yang terinfeksi herpes genital sehingga menularkannya ke bayi

Secara umum, herpes pada jenis kelamin ini berawal karena adanya kontak langsung dengan penderita herpes melalui hubungan seksual.

Tanda dan Gejala Herpes

Ada kalanya gejala maupun tanda yang timbul dari herpes ini terjadi di area yang cukup sensitif. Biasanya herpes menyerang di sekitar kulit kelamin dan bibir, namun ada beberapa yang terjadi di sekitar mata.

Namun demikian, gejala infeksi kelamin ini belum dapat terinfeksi secara matang sejak awal kemunculan. Gejala yang dirasakan biasanya akan terjadi setelah berbulan-bulan hingga tahunan saat seseorang terinfeksi.

Jika gejala herpes genital sudah masuk ke dalam tahap infeksi maka si penderita akan mengalami ruam di sekitar alat kelamin dengan rasa nyeri yang secara berkala akan kambuh.

Berikut ini tanda dan gejala herpes yang terjadi pada kulit kelamin maupun mulut si penderita:

  • Lecet dan luka di bagian luar kulit kelamin
  • Adanya bintik seperti cairan di sekitar mulut, alat kelamin, maupun anis berupa cacar
  • Mengalami keputihan pada wanita
  • Rasa gatal yang terlal sering akibat lepuhan
  • Demam dan tidak merasa enak badan
  • Nyeri saat buang air kecil maupun buang air besar
  • Bengkak di sekitar kelenjar getah bening
  • Rasa nyeri dan terbakar di sekitar alat kelamin akibat lepuhan bintik merah sebelum muncul kembali
  • Lecet dan luka pada serviks

Konsultasi di Klinik Herpes Jakarta

Seperti yang telah admin jabarkan di atas bahwa penanganan pertama yang dapat Anda lakukan jika mengalami gejala herpes genital atau kelamin ini adalah konsultasi awal di salah satu klinik herpes yang berada di Jakarta pada khususnya.

Baca Juga: Klinik Sentosa – Tempat Terpercaya Mengatasi Masalah Herpes

Dengan tujuan, dokter akan mengecek serta mendiagnosa riwayat penyakit kelamin sebelumnya maupun hubungan seksual secara terbuka. Bahkan, jika perlu tindakan medis lebih lanjut maka dokter akan memberikan resep obat yang sesuai dengan gejala yang timbul.

Meski begitu, Anda bisa juga melakukan pengobatan mandiri dengan berbagai metode alternatif seperti mengonsumsi antibiotik, melakukan pola hidup sehat, atau minum suplemen sebagai penawar dari rasa nyeri.

Jika gejala penyakit herpes ini cukup serius maka sebaiknya segera periksa ke dokter. Salah satunya, Anda bisa mengunjungi Klinik Sentosa Jakarta sebagai salah satu klinik herpes Jakarta. Di sini, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu secara online dan gratis dengan tim konsultan medis berpengalaman.

| |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta