Penyakit Prostat Bisa Ancam Kesuburan Pria, Jangan Anggap Remeh!

penyakit prostat 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Prostat merupakan kelenjar kecil yang hanya ditemukan para organ reproduksi pria, yang juga bisa menjadi sumber penyakit.

Ya, kelenjar ini seringkali menjadi sumber penyakit atau masalah kesehatan yang cukup serius, salah satunya adalah gangguan kesuburan.

Bagaimana penyakit prostat bisa mengancam kesuburan pria? Mari kita bahas tentang penyakit tersebut lebih lengkap di bawah ini.

Apa Itu Prostat dan Fungsinya?

Prostat merupakan kelenjar yang terletak di bawah kandung kemih dan di depan rektum, yang sangat berperan penting dalam organ reproduksi pria.

Kelenjar ini menghasilkan cairan yang menjadi bagian dari air mani. Cairan prostat ini akan mengandung nutrisi dan enzim yang penting untuk keberlangsungan hidup sperma.

Sehingga, apabila kelenjar prostat mengalami suatu masalah, maka produksi sperma juga akan terganggu, hingga akhirnya menyebabkan ketidaksuburan (infertilitas).

Penyakit Prostat yang Mengancam Kesuburan

Ada tiga jenis penyakit prostat yang cukup umum terjadi, dan bisa menganggu kesuburan, antara lain:

1. Prostatitis

Prostatitis atau radang prostat merupakan penyakit prostat yang disebabkan oleh infeksi bakteri, virus, atau bahkan tanpa adanya infeksi yang jelas.

Peradangan kronis pada prostat, dapat merusak jaringan yang memproduksi sperma dan mengganggu kualitas sperma.

2. Benign Prostatic Hyperplasia (BPH)

BPH merupakan pembesaran kelenjar prostat yang bersifat jinak (non-kanker). Pembesaran ini dapat menekan uretra dan menyebabkan masalah pada saluran kemih.

Selain itu, BPH parah juga dapat menyebabkan obstruksi saluran sperma, sehingga mengganggu perjalanan sperma menuju sel telur.

3. Kanker Prostat

Kanker prostat merupakan pertumbuhan sel-sel abnormal pada kelenjar prostat, yang sangat memerlukan penanganan medis segera.

Jika sudah memasuki stadium lanjut, kanker prostat bisa menyebabkan kerusakan pada saraf dan jaringan yang mengendalikan fungsi seksual, termasuk produksi sperma dan ereksi.

Risiko ketiga penyakit prostat ini bisa meningkat seiring bertambahnya usia, memiliki riwayat keturunan, pola makan yang tidak sehat, dan juga obesitas.

Sehingga, deteksi dini sangat penting untuk meningkatkan peluang kesembuhan, dan mencegah komplikasi berbahaya.

Periksakanlah kesehatan reproduksi Anda secara rutin di Klinik Utama Sentosa, terutama setelah usia 45 tahun.

penyakit prostat 2

Gejala Penyakit Prostat yang Perlu Diwaspadai

Meski ketiga penyakit prostat tersebut bisa bervariasi, tetapi ada beberapa gejala yang perlu Anda waspadai, antara lain:

  • Sulit atau nyeri saat buang air kecil
  • Sering buang air kecil
  • Aliran urine melemah atau tersendat-sendat
  • Terasa tidak tuntas setelah buang air kecil
  • Nyeri pada panggul atau punggung bawah
  • Darah di dalam air mani
  • Disfungsi ereksi
  • Ejakulasi dini atau tertunda

Jika mengalami beberapa gejala penyakit prostat tersebut, penting untuk tidak mengabaikannya dan segera berkonsultasi dengan tim medis yang berpengalaman.

Dokter dan tim medis akan mengevaluasi kondisi Anda, dan memberikan penanganan medis yang diperlukan dan efektif.

Baca Juga: Sakit saat Ejakulasi Bukan Hal Normal Lho, Cek Penyebabnya Disini!

Dapatkan Solusi Tepat Atasi Penyakit Prostat di Klinik Utama Sentosa

Klinik Utama Sentosa, bisa menjadi salah satu layanan kesehatan reproduksi yang berpengalaman dalam mengatasi penyakit prostat.

Dokter dan tim medis yang kompeten, akan membantu melakukan evaluasi lebih lanjut dan merencanakan pengobatan yang tepat.

Tidak hanya itu, layanan yang di berikan juga akan selalu memprioritaskan kesehatan, kenyamanan, kebutuhan, dan privasi pasien.

Anda juga tidak perlu khawatir, karena peralatan medis yang di gunakan telah berstandar tinggi dan tentunya lengkap.

Jadi, jangan tunggu kondisi Anda semakin parah dan mengganggu, segeralah konsultasikan keluhan Anda dengan tim medis kami, melalui layanan Konsultasi Dokter Online.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Melalui layanan ini, Anda bisa melakukan tanya jawan medis dan juga mendapatkan saran medis yang tepat.

Tidak perlu khawatir, layanan ini bisa di akses secara gratis lewat Whatsapp, yang beroperasi selama 24 jam.⇒ [WhatsApp Dokter]

Ayo, pastikan kesehatan organ reproduksi Anda tetap sehat dan dapatkan informasi media yang akurat selalu ya!

| | |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta