Penyebab Keputihan Gatal, Ini Penjelasan Medisnya

Penyebab Keputihan Gatal 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Keputihan adalah kondisi dimana terjadi pelepasan cairan dari area intim, dan ini bisa menjadi penyebab keputihan gatal di alami wanita. Meskipun keputihan normal adalah bagian dari hal yang alami bagi wanita.

Baca Juga: Sering Keputihan, Kapan Perlu di Khawatirkan?

Namun ada kondisi tertentu yang mana keputihan akan menyebabkan sensasi gatal dan ketidaknyamanan berlebih. Kali ini akan mengupas mengapa keputihan bisa menyebabkan sensasi gatal dengan penjelasan medis yang mendasarinya.

Apa Itu Penyebab Keputihan dan Gatal?

Keputihan adalah cairan atau sekresi yang di keluarkan oleh vagina sebagai respons alami tubuh untuk membersihkan dan menjaga kebersihan organ intim. Keputihan normal biasanya tidak memiliki bau yang kuat, tidak berwarna mencolok, dan tidak menyebabkan gatal atau iritasi.

Sedang sensasi gatal adalah ketidaknyamanan pada kulit yang memicu keinginan untuk menggaruk. Rasa gatal ini dapat muncul di berbagai area tubuh, termasuk pada area genital. Keputihan sebagian besar terdiri dari lendir yang di produksi oleh kelenjar vagina dan leher rahim.

Selain lendir, keputihan juga mengandung bakteri baik yang membantu menjaga keseimbangan mikrobiota vagina. Keseimbangan mikrobiota vagina yang baik sangat penting untuk menjaga kesehatan dan mencegah infeksi.

Gangguan Penyebab Keputihan Gatal

Penyebab keputihan gatal pada area genital sering kali berkaitan dengan gangguan keseimbangan mikrobiota vagina. Ketika bakteri baik dalam vagina terganggu atau berkurang, bakteri jahat dapat berkembang biak dengan cepat.

Inilah yang menyebabkan ketidakseimbangan yang di kenal sebagai disbiosis. Dalam konteks ini, disbiosis terjadi ketika keseimbangan normal bakteri baik dan bakteri patogen dalam vagina terganggu.

Untuk mencegah penyebab keputihan yang terasa gatal, penting untuk menjaga keseimbangan mikrobiota vagina dengan menjaga kebersihan yang baik. Menghindari bahan kimia yang keras serta menggunakan pakaian dalam yang bersih dan nyaman bagi wanita sangatlah berpengaruh.

Penyebab Keputihan Gatal 24 Keputihan yang Menyebabkan Gatal

1. Infeksi Jamur (Kandidiasis Vaginal)

Infeksi jamur Candida adalah salah satu penyebab umum gatal pada area genital. Perubahan dalam keseimbangan mikrobiota vagina atau penurunan daya tahan tubuh dapat memicu pertumbuhan berlebihan jamur tersebut. Ini dapat menyebabkan iritasi, gatal, dan keputihan yang berwarna putih seperti keju cottage.

2. Infeksi Bakteri (Bakteriosis Vaginal)

Perubahan pH vagina dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri jahat seperti Gardnerella vaginalis. Ini dapat menyebabkan bau yang tidak sedap, gatal, dan keputihan yang berwarna abu-abu atau kekuningan.

3. Infeksi Menular Seksual (IMS)

Beberapa infeksi menular seksual (IMS) seperti klamidia dan gonore juga dapat menyebabkan keputihan dan sensasi gatal. IMS dapat mengganggu keseimbangan mikrobiota vagina dan menyebabkan iritasi.

4. Reaksi Alergi dan Iritasi

Selain itu, reaksi alergi terhadap produk perawatan pribadi seperti sabun, deterjen, atau pantyliner juga dapat menyebabkan gatal pada area genital. Begitu juga dengan iritasi yang di sebabkan oleh bahan kimia tertentu atau gesekan dari pakaian yang tidak cocok.

Penting untuk berkonsultasi dengan profesional medis jika mengalami gatal di area genital, terlebih berhubungan dengan keputihan. Setiap pengobatan akan tergantung pada penyebabnya. Ingat bahwa sensasi gatal yang muncul akibat keputihan yang tidak normal adalah tanda bahwa ada sesuatu yang tidak berjalan dengan baik.

Pahami penyebab medis di balik gatal tersebut dan selalu berkonsultasi dengan dokter untuk diagnosis yang akurat dan pengobatan tepat. Tersedia pusat layanan kesehatan di Klinik Utama Sentosa Jakarta Utara dengan spesialisasi penanganan keluhan ginekologi sebagai solusi terbaik Anda.

Baca Juga: Penyebab Keputihan Banyak dan Solusinya

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta