Sering Keputihan, Kapan Perlu di Khawatirkan?

keputihan terlalu sering 2

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Keputihan adalah kondisi yang umum di alami oleh banyak wanita. Namun, ada situasi tertentu di mana keluhan sering keputihan memerlukan perhatian lebih lanjut.

Hampir 80-90 % wanita tentu pernah mengalami keputihan. Dan keluarnya cairan dari vagina ini merupakan kondisi yang normal, dengan syarat tanpa ada di sertai gejala tambahan lainnya. Namun kebalikannya, ketika menunjukan perubahan gejala bisa jadi menunjukan adanya masalah kesehatan.

Baca Juga: Keputihan Coklat Pertanda Apa Ya?

Dengan kata lain kapan Anda perlu mengkhawatirkan keputihan yang sering terjadi? Adakah langkah-langkah yang dapat di ambil untuk menangani masalah ini?

Faktor Penyebab Sering Keputihan

Normalnya keputihan bertujuan untuk menjaga kebersihan area vagina wanita serta melindunginya dari kemungkinan infeksi. Setiap wanita juga memiliki karakteristik dan keputihan yang di anggap normal juga bisa bervariatif.

Namun secara luas kemungkinan atau faktor dari penyebab keputihan terjadi pada wanita bisa meliputi:

  1. Fisiologis – Perubahan hormonal selama siklus menstruasi dan keputihan yang terkait dengan ovulasi
  2. Infeksivaginal – Infeksi jamur Candida, bakteri vaginosis (BV), infeksi menular seksual (IMS)
  3. Penyakit ginekologis – Radang panggul, kanker rahim atau serviks, endometriosis, dan vaginitis

Kapan Perlu Mengkhawatirkan Keputihan?

Pada wanita ini umumnya merupakan bagian dari siklus hormonal alami. Namun, terdapat situasi tertentu di mana kondisinya perlu mendapatkan perhatian lanjut secara medis.

Berikut adalah beberapa hal yang perlu di perhatikan untuk menentukan kapan kondisi seperti sering keputihan perlu di anggap mengkhawatirkan dan perlu untuk tindakan lebih lanjut.

1. Perubahan dalam Karakteristik Keputihan

Jika mengalami perubahan mencolok dalam warna, bau, atau tekstur, artinya Anda perlu waspada dan memulai perhatian. Misalnya, berubah menjadi berwarna kuning, hijau, atau abu-abu, memiliki bau amis, atau memiliki tekstur ampas tahu.

2. Keputihan yang Berdarah

Jika keputihan di sertai dengan darah, baik dalam jumlah yang sedikit maupun banyak ini dapat menjadi tanda adanya masalah yang perlu di teliti lebih lanjut. Percampuran ini dapat menunjukkan kondisi serius seperti infeksi, trauma, polip, atau bahkan tanda awal kanker.

3. Gejala yang Menyertai

Jika keluhan yang sering terjadi di sertai dengan gejala lain yang mengganggu seperti rasa gatal, sensasi panas atau terbakar, atau nyeri pada area genital saat berhubungan seksual atau bahkan saat buang air kecil (BAK). Anda perlu untuk mendapatkan perhatian medis karena dapat menjadi tanda adanya masalah yang perlu di tangani.

4. Durasi dan Frekuensi

Keputihan berlangsung dalam waktu yang lama. Misalnya berhari-hari atau berbulan-bulan, atau terjadi secara berulang-ulang dalam periode yang singkat. Hal ini juga perlu perhatian karena bisa saja ini menjadi tanda adanya infeksi yang perlu di obati.

Jika Anda mengalami kondisi seperti sering keputihan dan memenuhi salah satu atau beberapa kriteria di atas, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan profesional kesehatan.

Dokter kandungan atau spesialis ginekologi dapat melakukan pemeriksaan fisik, menganalisis gejala yang Anda alami. Jika perlu melakukan tes tambahan untuk menentukan penyebab seringnya keluhan tersebut di rasa dan memberikan pengobatan yang sesuai.

Selalu lebih baik mencari nasihat medis untuk mendapatkan penilaian yang akurat dan penanganan yang tepat. Praktik kebersihan genital yang baik juga bisa di sertakan dalam langkah pengobatan Anda guna mencegah masalah keputihan yang berulang.

Baca Juga: Jenis-Jenis Obat Atasi Keputihan

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta