Melakukan Rekontruksi Selaput Dara

Melakukan Rekontruksi Selaput Dara bagi Wanita

Ada berbagai jenis prosedur operasi pada vagina, salah satunya adalah dengan melakukan rekontruksi selaput dara bagi wanita.

Rekonstruksi selaput dara pada wanita merupakan prosedur bedah minor yang dokter lakukan untuk memperbaiki dan merekatkan kembali selaput dara yang rusak.

Baca Juga : Mengetahui Selaput Dara Robek atau Tidak

Prosedur ini biasanya dokter lakukan untuk mengurangi rasa sakit dan kesulitan saat melakukan hubungan seksual, serta untuk mengurangi risiko infeksi dan pendarahan saat melahirkan.

Pengertian Rekonstruksi Selaput Dara

Hymen atau selaput dara adalah selaput tipis pada tengah liang vagina dan melapisi bukaan vagina. Selaput dara pada wanita umumnya mempunyai bentuk, tingkat elastisitas dan tebelan yang berbeda. Hingga saat penestrasi pria lakukan, belum tentu bisa merobek selaput dara tersebut.

Rekonstruksi selaput dara adalah operasi untuk mengembalikan selaput dara seperti sedia kala dengan cara menjahit kembali sisa selaput dara yang telah robek atau sudah rusak. Sebelum dokter melakukan operasi atau rekonstruksi selaput dara, dokter akan melakukan anastesi atau memberikan bius.

Setelah anda menjalani operasi, selaput dara yang baru direkonstruksi akan dokter bersihkan dengan air hangat dan jahitannya akan siberi salep antiseptik atau antibiotik. Benang jahitan yang biasa digunakan oleh dokter ahli merupakan benang jahit yang bisa diserap oleh tubuh manusia. Sehingga bagi anda yang ingin melakukan rekonstruksi selaput dara tidak perlu lagi kembali untuk melepas jahitan.
Selain itu, selaput dara juga bisa dokter lakukan dengan menempatkan selaput dara buatan pada posisi selaput dara sebelumnya. Selaput dara buatan terbuat dari gelatin yang berisikan darah buatan.

Pengertian Selaput Dara

Wanita adalah makhluk yang penuh dengan keindahan. Banyak hal menarik tentang wanita dari segi kelebihan hingga kekurangannya. Tanpa banyak yang menyadari, wanita sering disalahpahami karena beberapa mitos atau kepercayaan masyarakat setempat.

Sering kali keperawanan berhubungan dengan selaput dara. Selaput dara sendiri adalah jaringan atau selaput tipis yang ada di bagian tengah vagina, umumnya berbentuk bulan sabit. Selaput dara berguna untuk menyaring kotoran agar tidak langsung memasuki area vagina dalam dan organ reproduksi.

Kerusakan atau kerobekan selaput dara juga bisa karena olahraga atau kecelakaan. Banyak dari wanita terlahir tanpa selaput dara. Sehingga sangat tidak adil jika selaput dara kita jadikan tolak ukur atas keperawanannya seorang wanita.

Rekonstruksi selaput dara pada wanita merupakan prosedur bedah minor yang dilakukan untuk memperbaiki dan merekatkan kembali selaput dara yang rusak.
Anda dapat melakukan rekontruksi selaput dara di Klinik Utama Sentosa Jakarta.

Klinik Spesialis Wanita

Prosedur ini biasanya dokter lakukan di klinik spesialis wanita seperti di Klinik Utama Sentosa yang berada di Jakarta Utara. Dimulai dengan pemeriksaan fisik dan anestesi lokal. Setelah itu, dokter akan membuat lubang kecil di selaput dara dan menggunakan jahitan untuk menyambungkan selaput dara yang rusak.

Teknik ini biasanya memakan waktu kurang dari satu jam dan penderita akan pulang dari rumah sakit setelah prosedur selesai. Penderita biasanya akan dokter sarankan untuk menghindari aktivitas berat selama beberapa minggu setelah prosedur.

Baca Juga : Biaya Pemeriksaan Ginekologi Di Klinik Utama Sentosa
Namun, ada risiko komplikasi setelah prosedur rekonstruksi selaput dara, seperti infeksi, rasa sakit, dan pendarahan. Penderita juga harus menjalani pemeriksaan ulang setelah prosedur untuk memastikan bahwa selaput dara berhasil direkonstruksi dengan benar.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta