Simak! Ini Cara Mengatasi Penis Bernanah yang Perlu Kamu Lakukan

mengatasi penis bernanah 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Penis bernanah merupakan salah satu kondisi yang tentunya dapat menimbulkan kekhawatiran dan kecemasan bagi penderitanya.

Kondisi ini bisa terjadi akibat beberapa faktor, salah satunya adalah infeksi atau penyakit menular seksual, yang membutuhkan penanganan medis segera.

Tidak hanya menimbulkan kekhawatiran, tetapi kondisi ini juga dapat meningkatkan risiko komplikasi yang lebih serius jika dibiarkan tanpa pengobatan.

Oleh karena itu, artikel ini akan membahas mengenai penyebab, gejala, hingga pengobatan penis bernanah secara mendalam. Berikut penjelasannya.

Penyebab Penis Bernanah

Pada beberapa kasus, penis bernanah bisa terjadi akibat salah satu jenis infeksi menular seksual (IMS), yaitu gonore.

Namun, terdapat beberapa kondisi lain yang dapat menyebabkan penis mengeluarkan nanah yang perlu Anda perhatikan, antara lain:

1. Gonore (Kencing Nanah)

Kencing nanah atau gonore, merupakan salah satu penyakit menular seksual, yang umum menyebabkan penis mengeluarkan cairan abnormal, seperti nanah.

Kondisi ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae, yang dapat ditularkan melalui hubungan seksual yang berisiko.

2. Infeksi Jamur atau Bakteri

Infeksi jamur dan jamur pada saluran kemih atau organ genital, juga dapat menjadi salah satu faktor yang menyebabkan penis bernanah.

Salah satu penyakit yang umumnya terjadi akibat infeksi bakteri atau jamur, adalah balanitis atau peradangan yang terjadi pada kulup penis.

3. Iritasi atau Alergi

Paparan terhadap bahan kimia yang mengiritasi kulit, atau bahan yang memicu alergi, dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada penis.

Sehingga, iritasi dan peradangan yang terjadi, dapat menyebabkan penis mengeluarkan nanah atau cairan abnormal.

Dampak yang Terjadi Jika Penis Bernanah Tidak Diobati

Seperti yang telah dijelaskan di atas, penis bernanah dapat disebabkan oleh berbagai faktor yang perlu penanganan medis yang lebih serius.

Namun, jika kondisi ini tidak segera ditangani dengan pengobatan yang tepat, maka terdapat beberapa dampak buruk yang mungkin terjadi, seperti:

  • Penyebaran infeksi ke bagian tubuh lain
  • Gejala yang semakin memburuk
  • Komplikasi berbahaya yang mungkin terjadi
  • Penularan infeksi kepada pasangan seksual

Penting untuk diingat bahwa penis bernanah, adalah gejala yang memerlukan perhatian medis segera.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter penyakit kulit kelamin yang terpercaya di Klinik Utama Sentosa, dan dapatkan perawatan yang tepat.

Baca Juga: Pastikan Tuntas! Beginilah Cara Mengobati Penyakit Gonore yang Tepat dan Efisien

mengatasi penis bernanah 2

Langkah-Langkah Mengatasi Penis Bernanah

Mengatasi penis bernanah, tentunya memerlukan pendekatan yang komprehensif dan sering kali memerlukan bantuan profesional medis yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa langkah umum yang dapat Anda ambil untuk mengatasi kondisi ini, seperti:

1. Segera Konsultasi dengan Dokter

Langkah pertama yang paling penting adalah mencari bantuan medis yang berpengaman, seperti di Klinik Utama Sentosa, secepat mungkin.

Dokter dan tim medis yang kompeten, dapat melakukan pemeriksaan fisik, dan mungkin akan melakukan beberapa tes tambahan untuk mengidentifikasi penyebabnya.

2. Diagnosis

Dokter akan menegakkan diagnosis yang akurat, berdasarkaan gejala, pemeriksaan fisik, dan hasil tes yang akurat.

3. Pengobatan

Untuk mengatasi penis bernanah, dokter akan meresepkan beberapa pengobatan seperti antibiotik, yang sesuai dengan penyebab dan tingkat keparahan kondisi.

4. Pencegahan Penyebaran Infeksi

Penting untuk mengikuti cara pencegahan penyebaran yang dianjurkan oleh dokter, ini mungkin melibatkan praktik seksual yang aman.

5. Tindak Lanjut

Setelah menjalani pengobatan, penting untuk melakukan tindak lanjut dengan dokter, sesuai dengan petunjuk yang diberikan.

Ingat! Pastikan untuk mengikuti saran dan intruksi dokter dengan cermat dalam mengatasi penis bernanah.

Jangan ragu untuk bertanya dengan dokter kami, melalui layanan Konsultasi Dokter Online yang beroperasi selama 24 jam.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Layanan ini dapat dengan mudah di akses melalui Chat Whatsapp, tanpa pungutan biaya konsultasi apapun.⇒ [WhatsApp Dokter]

Jadi, selalu percayakan kesehatan Anda dengan dokter dan tim medis terbaik kami ya!

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta