Ujung Penis Terasa Perih Saat Kencing Ternyata Disebabkan Oleh Penyakit yang Satu Ini Lho, Cek Yuk!

ujung penis perih saat kencing 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Ujung penis yang terasa perih saat kencing merupakan kondisi yang tidak boleh di abaikan begitu saja, terutama bagi pria yang tidak di sunat.

Pasalnya, kondisi ini bisa menjadi salah satu gejala dari penyakit kelamin yang cukup umum terjadi, yaitu balanitis.

Apa itu balanitis? Mengapa bisa menyebabkan ujung penis perih saat kencing? Ya, tentu saja banyak pria yang mungkin belum mengetahui banyak tentang penyakit ini.

Oleh karena itu, mari kita simak pembahasan mengenai penyakit balanitis secara lengkap di bawah ini.

Apa Itu Balanitis?

Balanitis adalah peradangan yang terjadi pada kulup atau ujung kepala penis, yang cukup umum terjadi pada pria dewasa yang tidak disunat.

Namun, kondisi ini juga dapat terjadi pada pria yang sudah di sunat, akibat kebersihan genital yang buruk.

Peradangan ini dapat terjadi akibat beberapa faktor, seperti infeksi bakteri, infeksi jamur, ataupun alergi dan iritasi terhadap bahan kimia yang terdapat di dalam produk sabun.

Mengapa Balanitis Bisa Sebabkan Ujung Penis Perih Saat Kencing?

Peradangan yang terjadi pada kulup atau ujung kepala penis, dapat menyebabkan iritasi pada saluran kemih, yang bisa menyebabkan ujung penis perih saat kencing.

Namun, tidak hanya menyebabkan rasa nyeri atau perih di ujung penis, tetapi balanitis juga bisa menyebabkan gejala lain yang cukup mengganggu, seperti:

1. Penis terasa gatal

2. Kulup terasa lebih kencang

3. Keluar cairan abnormal, berwarna kekuningan dan berbau

4. Pembengkakan pada kelenjar getah bening di pangkal paha

5. Pembengkakan dan kemerahan pada penis

Oleh karena itu, jika Anda mengalami beberapa gejala di atas, segeralah lakukan pemeriksaan ke layanan kesehatan yang terpercaya, seperti di Klinik Utama Sentosa.

Diagnosis dan Pengobatan Balanitis

Untuk mengatasi ujung penis perih saat kencing akibat balanitis, Anda perlu mencari bantuan medis yang tepat untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Profesional medis yang tepat, dapat melakukan beberapa metode diagnosis untuk mengidentifikasi penyebab balanitis, seperti:

1. Wawancara Medis dan Pemeriksaan Fisik

Dokter akan melakukan tanya jawab mengenai riwayat penyakit atau riwayat seksual pasien. Setelah itu, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik.

Pemeriksaan fisik di lakukan untuk mengevaluasi dan memeriksa apakah ada tanda-tanda peradangan, pembengkakan, atau infeksi.

2. Tes Laboratorium

Untuk evaluasi lebih lanjut, dokter mungkin akan memerlukan beberapa tes laboratorium, seperti tes urine atau swab dari kulit di sekitar ujung penis.

Pemeriksaan ini di lakukan untuk mengkonfirmasi jenis infeksi yang menyebabkan ujung penis perih saat kencing akibat balanitis.

Setelah itu, dokter akan menegakkan diagnosis yang akurat dan sesuai dengan hasil pemeriksaan dan memberikan saran pengobatan yang tepat.

Berikut ini adalah beberapa opsi pengobatan balanitis yang mungkin di berikan oleh dokter sesuai dengan kondisi setiap pasien, seperti:

1. Obat Topikal: Salep atau krim topikal yang mengandung antibiotik atau antijamur, dapat di gunakan untuk mengurangi peradangan dan mengatasi infeksi.

2. Obat Oral: Dalam beberapa kasus, dokter juga dapat meresepkan antibiotik atau antijamur dalam bentuk kapsul, untuk mengobati balanitis yang lebih parah.

3. Sirkumsisi: Sirkumsisi atau sunat adalah salah satu metode pengobatan yang dapat di lakukan untuk mengatasi balanitis parah pada pria yang tidak di sunat.

4. Menghindari Bahan yang Mengiritasi: Jika balanitis di sebabkan oleh iritasi atau alergi, dokter mungkin akan menyarankan untuk tidak menggunakan produk-produk tersebut.

Untuk mendapatkan saran pengobatan yang tepat, sangat penting untuk mencari dokter spesialis andrologi yang berpengalaman.

Catatan: Hindari untuk mengobati ujung penis perih saat kencing akibat balanitis sendiri! Pasalnya, hal ini dapat membuat peradangan menjadi semakin parah.

Baca Juga: Ketahui! Nyeri di Kemaluan yang Pria Alami Tanda 5 Penyakit Ini

ujung penis perih saat kencing 2

Konsultasi Medis untuk Mengatasi Ujung Penis Perih saat Kencing Akibat Balanitis di Klinik Utama Sentosa

Berkonsultasi dengan dokter ahli adalah langkah yang tepat untuk mengatasi ujung penis perih saat kencing akibat balanitis.

Dokter spesialis andrologi yang berpengalaman di Klinik Utama Sentosa, bisa menjadi salah satu pilihan terbaik dalam mengatasi balanitis di Jakarta.

Dengan fasilitas medis yang lengkap dan modern, layanan kesehatan yang berstandar internasional, dan lingkungan yang nyaman, Anda dapat mengobati balanitis dengan optimal.

Selain itu, Anda juga dapat berkonsultasi dan membuat janji temu dengan dokter, melalui layanan Konsultasi Dokter Online, yang tersedia melalui Chat Whatsapp.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Layanan ini dapat Anda akses selama 24 jam dan gratis, sehingga Anda dapat dengan mudah untuk membuat janji temu dengan dokter secara online.⇒ [WhatsApp Dokter]

Ayo, selalu pastikan Anda mendapat saran pengobatan dan perawatan dari profesional medis yang tepat ya!

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta