Vaginitis dan PMS: Masalah Kesehatan Seksual

Vaginitis dan PMS 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – keterkaitan antara vaginitis dan PMS tentu menghasilkan masalah kesehatan serius dengan dampak buruk jangka panjang bagi penderitanya. Kesehatan organ reproduksi merupakan aspek penting dalam kehidupan perempuan.

Baca Juga: Peran Vital Tes Vaginitis Secara Klinis

Namun, ada berbagai kondisi medis yang dapat mempengaruhi kesehatan seksual salah satunya adalah vaginitis dan penyakit menular seksual (PMS).

Vaginitis dan Jenis PMS

Vaginitis menunjukan kondisi peradangan pada dinding vagina menyebabkan gejala yang tidak menyenangkan dan berpengaruh pada kehidupan seksual seorang wanita. Kondisi ini dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur, atau parasit.

Beberapa jenis vaginitis yang umum meliputi vaginitis bakterial, vaginitis jamur (kandidiasis), dan trichomoniasis. Gejala vaginitis dapat bervariasi termasuk gatal, nyeri, sensasi terbakar saat buang air kecil, keluarnya cairan berbau tidak sedap (keputihan), dan iritasi pada vagina.

Dari jenis vaginitis yang telah di sebutkan, beberapa di antaranya termasuk dalam kategori infeksi menular seksual. Yang hampir sama saja dengan kondisi PMS seperti gonore, non-gonore, klamidia, bahkan lainnya.

Vaginitis dapat disebabkan oleh berbagai faktor termasuk perubahan hormonal, infeksi dari mikroorganisme patogen. Penggunaan antibiotik atau obat-obatan lain yang dapat mengganggu keseimbangan mikroflora vagina dan tentu saja perilaku seksual yang tidak sehat.

Dampak Vaginitis dan PMS pada Kesehatan Seksual

Vaginitis dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan seksual, baik jangka pendek maupun jangka panjang. Hal pertama adalah yang akan di rasakan adalah perubahan dalam sekresi vagina dan kelembaban, yang juga dapat mempengaruhi kenyamanan selama hubungan seksual.

Ketidaknyamanan yang mengganggu bisa mempengaruhi keintiman seksual dan mengurangi hasrat seksual. Bahkan kondisi seperti rasa sakit atau dispareunia saat kontak seksual ini dapat mengurangi kepuasan dan kualitas hubungan bersama pasangan.

Yang pada akhirnya kondisi vaginitis tanpa pengobatan atau tindakan penanganan kurang tepat dapat berakibat fatal pada sistem organ reproduksi bagian dalam. Rawan infeksi dapat meliputi gangguan ginekologis maupun infeksi menular seksual fatal.

Vaginitis dan PMS 2Pengelolaan Vaginitis dan PMS dengan Dukungan Medis

Untuk mencegah vaginitis, perempuan dapat mengadopsi beberapa strategi pencegahan termasuk menjaga kebersihan pribadi yang baik. Menghindari produk pembersih vagina yang mengandung bahan kimia keras, praktik seksual yang aman dan bersih guna mengurangi risiko infeksi.

Dan terpenting menjaga kesehatan sistem kekebalan tubuh melalui pola makan sehat dan gaya hidup aktif. Jika seorang perempuan mengalami gejala vaginitis, cari bantuan medis untuk diagnosis dan pengelolaan yang tepat.

Berikut adalah beberapa tahapan yang terlibat dalam pengelolaan vaginitis dan bagaimana dukungan medis berperan.

  1. Diagnosis – dapat di tegakkan melalui riwayat kesehatan pasien dan hasil pemeriksaan.
  2. Identifikasi penyebab – memberi kepastian penyebab agar pengobatan di sesuaikan.
  3. Pengambilan pengobatan – resep pengobatan dapat beragam sesuai dengan kondisi pasien.
  4. Edukasi dan pemahaman pasien – memberikan penjelasan dengan baik pada pasien akan kondisi yang di alaminya agar bisa melakukan proses pengobatan dengan maksimal.
  5. Tindak lanjut dan dukungan psikologis – tindak lanjut akan rencana pengobatan serta memberikan bantuan konseling secara emosional guna menjaga tingkat kekhawatiran pasien.

Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan laboratorium jika di perlukan untuk mengidentifikasi penyebab vaginitis. Pengobatan akan di sesuaikan dengan penyebab spesifiknya, dan Anda perlu mematuhi proses pengobatan dengan baik guna kesembuhan maksimal tanpa kambuhan.

Mengelola vaginitis dengan bantuan medis dan dukungan psikologis dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan seksual secara keseluruhan. Pastikan keluhan dan kondisi Anda dapat di atasi dengan baik melalui pemilihan dokter atau penyedia layanan kesehatan yang tepat.

Baca Juga: Apa itu Vaginitis Atrofi, ini Identifikasinya

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta