Apa Saja Infeksi Genital pada Pria? Cek 4 Jenisnya Disini

Gambar Infeksi Genital Pria

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Infeksi genital pada pria adalah masalah kesehatan yang seringkali di anggap tabu untuk dibicarakan.

Tetapi penting untuk di pahami dan kondisi keluhannya harus di atasi dengan serius.

Infeksi seperti ini dapat menyebabkan ketidaknyamanan fisik dan psikologis serta dapat menjadi sumber penularan kepada pasangan seksual.

Dalam pembahasan kali ini, kita akan mengurai jenis-jenis infeksi genital pada pria hingga cara diagnosis dan langkah-langkah pengobatan efektifnya.

4 Jenis Umum Infeksi Genital Pria

Iya, setidaknya ada 4 jenis infeksi genital yang umum menyasar organ reproduksi pria, di antaranya adalah:

1. Infeksi Jamur (Candidiasis)

Infeksi jamur pada pria biasanya akan terlihat seperti sariawan, penyebabnya karena pertumbuhan berlebihan jamur Candida pada daerah kelamin.

Gejalanya meliputi ruam, gatal, pembengkakan, dan keluarnya cairan berwarna putih dari penis.

2. Infeksi Bakteri (Klamidia, Sifilis, dan Gonore)

Klamidia, sifilis, dan gonore merupakan tiga jenis infeksi bakteri yang umum pada pria.

keduanya dapat menyebabkan gejala seperti nyeri saat buang air kecil, keluarnya cairan dari penis, serta rasa sakit atau pembengkakan pada testis.

3. Herpes Genitalis

Infeksi herpes kelamin ini di sebabkan oleh virus Herpes simpleks (HSV) baik tipe-1 atau tipe-2.

Herpes dapat menyebabkan luka lepuh berisi cairan pada area genital, di sertai dengan rasa gatal, nyeri, dan sensasi terbakar.

4. Kutil Kelamin (Kondiloma Akuminata)

Seperti namanya, kutil kelamin yang di sebabkan oleh Human Papillomavirus (HPV) akan di tandai dengan pertumbuhan kutil atau daging kecil pada area genital.

Ke 4 jenis tersebut adalah jenis infeksi genital yang harus di waspadai dan di hindari baik pria maupun wanita, khususnya mereka yang aktif secara seksual.

Jika mencurigai salah satu gejala infeksi diatas, segera konsultasikan ke dokter kelamin Klinik Utama Sentosa Jakarta guna evaluasi efektifnya.

Bagaimana Diagnosis Tepat Dilakukan?

Untuk mendiagnosis infeksi genital pada pria, dokter ahli Klinik Utama Sentosa dapat melakukan beberapa langkah seperti:

1. Pemeriksaan Fisik: Dokter akan memeriksa area genital untuk mencari tanda-tanda infeksi seperti luka, lecet, ruam,bengkak, atau kutil.

2. Tes Laboratorium: Tes urine dan sampel dari cairan dari kelamin juga dapat di gunakan untuk mendeteksi infeksi bakteri.

3. Tes Darah: Tes darah mungkin di perlukan untuk memeriksa keberadaan antibodi terhadap virus atau kondisi tertentu.

Untuk itu, pastikan Anda bisa mendapatkan penanganan komprehensif yang tepat dengan dokter berkompeten di Klinik Utama Sentosa.

Ilustrasi Infeksi Genital pada Pria

Pentingnya Pengobatan Infeksi Genital Pria di Klinik Utama Sentosa

Pengobatan untuk infeksi kelamin pria akan bervariasi tergantung pada jenis infeksinya. Beberapa langkah pengobatan yang di terapkan dapat meliputi:

1. Obat-obatan farmakologi (oral, injeksi, atau intravena).

2. Terapi medis (Imunoterapi).

3. Prosedur pembedahan.

Baca Juga: Awas! Penyakit Kelamin Pria Meningkat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, infeksi genital pada pria adalah masalah kesehatan yang serius dan memerlukan perhatian medis yang tepat.

Penting bagi pria untuk mengenali gejala dan mencari bantuan medis di Klinik Utama Sentosa segera jika mereka mengalami tanda-tanda infeksi kelamin.

Tenang, akses layanan konsultasi online 24 jam chat WhatsApp dokter kami hadir secara gratis disini! ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Ingat! Dengan diagnosis akurat dan pengobatan yang tepat waktu, banyak infeksi genital pada pria dapat di atasi oleh dokter kami secara efektif.

Jangan tunggu sampai parah! Silahkan klik dan tanya dokter langsung secara pribadi untuk solusi terbaik yang sesuai kondisi dan kebutuhan Anda sekarang! ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Tak perlu khawatir, setiap aspek layanan terjangkau yang kami tawarkan juga memberi prioritas keamanan, kesembuhan, dan hasil yang teruji klinis.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta