Arti Keputihan Warna Kuning dan Apa yang Harus Dilakukan?

Keputihan Warna Kuning 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Keputihan adalah bagian normal dari siklus reproduksi wanita, tetapi ketika berubah menjadi warna kuning dapat menimbulkan kekhawatiran dan memerlukan perhatian khusus.

Baca Juga: Mengapa Keputihan Gatal-Gatal Bisa Terjadi?

Untuk itu, pembahasan kali ini akan khusus terkait keputihan dengan warna kuning, serta tindakan yang dapat di lakukan untuk menjaga kesehatan reproduksi.

Keputihan Kondisi Normal

Ya, telah kita ketahui bahwa sebagian besar wanita mengalami keputihan pada beberapa titik dalam siklus kehidupan mereka. Normalnya keputihan ini biasanya berwarna putih atau bening, dan teksturnya dapat bervariasi dari cair hingga kental.

Dan keputihan adalah mekanisme alami tubuh untuk membersihkan dan melindungi organ reproduksi seorang wanita. Namun, kondisi akan berbalik ketika Anda mungkin mengalami keputihan dengan perubahan warna kuning dan bisa mengarah pada masalah ginekologi tertentu.

Keputihan Kuning Apa Artinya?

Berikut adalah indikasi atau arti dari keputihan dengan warna kuning yang di alami oleh seorang wanita, antara lain:

1. Infeksi Bakteri atau Jamur

Keputihan kuning dapat menjadi tanda infeksi bakteri, seperti bakterial vaginosis, atau infeksi jamur, seperti kandidiasis. Kedua kondisi ini dapat menyebabkan perubahan warna dan bau pada keputihan.

2. Infeksi Menular Seksual (IMS)

Beberapa IMS, seperti gonore atau trikomoniasis dapat menyebabkan keputihan berwarna kuning. Ini seringkali di sertai dengan gejala lain seperti nyeri atau gatal.

3. Keputihan dari Perubahan Hormonal

Fluktuasi hormonal, terutama selama masa menstruasi, kehamilan, atau perimenopause, juga bisa mempengaruhi warna dan konsistensi keputihan seorang wanita.

Apa yang Harus Dilakukan?

5 strategi langkah yang perlu Anda lakukan jika mengalami keluhan seperti keputihan dengan warna kuning yaitu:

1. Perhatikan Gejala Lain

Selain perubahan warna, perhatikan gejala lain seperti nyeri, gatal, atau bau yang tidak biasa. Ini dapat memberikan petunjuk lebih lanjut tentang penyebab potensial.

2. Hindari Penggunaan Produk Berparfum

Penggunaan sabun atau produk pembersih berparfum di area genital dapat menyebabkan iritasi. Gunakan produk pembersih yang lembut dan bebas pewangi.

3. Proteksi Saat Berhubungan Seks

Penggunaan kondom dapat membantu mencegah penularan IMS. Ini adalah langkah yang penting untuk melindungi diri Anda dan pasangan Anda.

Keputihan Warna Kuning 24. Konsultasikan dengan Dokter Klinik Utama Sentosa

Jika Anda mengalami keputihan dengan perubahan warna kuning atau memiliki gejala lain yang mengkhawatirkan, segera konsultasikan dengan dokter Klinik Utama Sentosa Jakarta. Profesional kesehatan kami dapat melakukan pemeriksaan dan memberikan diagnosis yang akurat.

5. Pentingnya Pencegahan Keputihan

Ya, pencegahan adalah kunci untuk menjaga kesehatan reproduksi Anda. Jaga kebersihan pribadi, hindari hubungan seksual tanpa kondom dengan pasangan yang tidak di ketahui status IMS-nya, dan coba terapkan pemeriksaan rutin.

Baca Juga: Tanda Keputihan Penyakit yang Tidak Wajar

Atasi Keputihan Warna Kuning di Klinik Kelamin Jakarta

Keputihan berwarna kuning bisa jadi tanda masalah kesehatan, tetapi bukan suatu keadaan yang harus di takuti. Sebagai pusat layanan kesehatan khusus kelamin terkemuka di Jakarta, Klinik Utama Sentosa adalah solusi dan pilihan bijak untuk masalah kesehatan organ reproduksi wanita.

Percayakan dengan dokter-dokter ahli berkompeten dan berpengalaman kami untuk setiap perawatan yang Anda butuhkan. Disini, Anda akan mendapatkan layanan medis terbaik dengan hasil yang teruji klinis serta biaya terjangkau di banding lainnya. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Ingatlah bahwa berkonsultasi dengan profesional kesehatan Klinik Utama Sentosa adalah langkah yang bijaksana untuk mendapatkan perawatan yang tepat. Kini konsultasi dokter kami juga hadir dengan akses online melalui live chat dan WA gratis.

Coba klik dan tanya langsung dokter kami langsung. Tenang! Privasi terjaga dan tersedia 24 jam untuk Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta