Bukan Bibir, Sariawan di Vagina Juga Bisa Terjadi! Yuk Cari Tahu Disini

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Tak hanya di bibir, sariawan di vagina juga bisa terjadi pada setiap wanita dan disebut dengan stomatitis vulva.

Vagina adalah bagian tubuh yang sensitif dan rentan terhadap berbagai kondisi kesehatan, salah satunya adalah sariawan.

Awas! Kondisi ini bukanlah gangguan yang umum, sariawan di vagina dapat mempengaruhi kualitas hidup dan kesejahteraan seksual seseorang.

Untuk mencari tahu lebih detail terkait kondisi ginekologi tersebut, mari simak penjelasannya di bawah ini.

Apa itu Sariawan di Vagina?

Sariawan di vagina juga dikenal sebagai ulkus vulva atau stomatitis vulva yang menunjukan luka kecil yang terbentuk di dalam atau di sekitar vagina.

Sariawan dapat muncul di bibir luar vagina (labia majora), bibir dalam vagina (labia minora), klitoris, atau area sekitarnya.

Mengingat kondisinya dapat bervariasi, baik dalam ukuran dan intensitasnya. Jadi terkadang gejala akan melibatkan rasa sakit atau ketidaknyamanan yang signifikan.

Gejala Pada Stomatitis Vulva

Gejala-gejala sariawan di vagina memang beragam, tetapi beberapa yang umum akan muncul seperti:

1. Iritasi atau Gatal-gatal: Sensasi gatal yang intens pada area vulva adalah gejala yang sering terjadi pada sariawan vaginal.

2. Pembengkakan dan Kemerahan: Area vagina dan vulva mungkin menjadi bengkak dan kemerahan.

3. Bercak Luka Putih atau Krem: Luka sariawan umumnya akan di sertai dengan bercak putih atau krem dengan batas tegas di sekelilingnya.

4. Sensasi Terbakar: Rasa terbakar atau terasa sakit saat buang air kecil atau saat berhubungan seksual adalah gejala umum sariawan di vagina.

5. Keputihan Abnormal: Keputihan yang berlebihan, berwarna putih keabu-abuan, dan berbau amis atau asam sering kali terjadi pada kasus sariawan vaginal.

Penting! Jika Anda melihat salah satu gejala tersebut, jangan biarkan dan segera mencari bantuan medis dokter ginekologi Klinik Utama Sentosa Jakarta.

Faktor Penyebab Sariawan di Vagina

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan sariawan di area kewanitaan antara lain:

1. Iritasi Kimia atau Fisik: Penggunaan sabun, deterjen, atau produk kesehatan yang mengandung bahan kimia keras dapat menyebabkan iritasi pada kulit di sekitar vagina.

2. Infeksi Jamur: Kelembaban berlebih dan perubahan pH di area vagina dapat menciptakan lingkungan yang ideal bagi pertumbuhan jamur seperti candidiasis.

3. Herpes Genitalis: Virus Herpes simpleks (HSV) dapat menyebabkan luka lepuh mirip sariawan di area kewanitaan atau sekitarnya.

4. Trauma atau Cedera: Cedera fisik pada area genital, baik karena hubungan seksual yang kasar, kecelakaan, atau tindakan medis tertentudapat menyebabkan terbentuknya sariawan.

5. Penyakit Menular Seksual (PMS): Sifilis atau kondiloma akuminata (kutil kelamin) juga dapat menyebabkan sariawan di vagina sebagai salah satu gejala.

Bagaimana Cara Mengobatinya?

Penting untuk berkonsultasi dengan profesional medis di Klinik Utama Sentosa jika Anda mengalami sariawan di vagina.

Dokter berkompeten kami akan melakukan pemeriksaan fisik dan mungkin beberapa rekomendasi tes tambahan untuk menentukan penyebab pastinya.

Selain itu, pengobatan akan di sesuaikan dengan penyebabnya, dan beberapa langkah umum yang di terapkan mungkin meliputi:

1. Penggunaan Obat Topikal.

2. Obat Antijamur.

3. Obat Pereda Gatal.

4. Terapi Obat Antibiotik.

Jika gejala tidak kunjung membaik lebih dari 3 hari, segera konsultasikan dengan dokter ginekologi Klinik Utama Sentosa untuk diagnosis akuratnya.

Ilustrasi Penderita Sariawan di Vagina

Jangan Abaikan! Konsultasi Sariawan Vagina Dokter Ginekologi Gratis

Ingat! Sariawan di vagina bisa sangat mengganggu dan menimbulkan kekhawatiran setiap harinya.

Baca Juga: 7 Cara Menghilangkan Keputihan dalam Praktik Keseharian

Cegah dan lakukan langkah proaktif dengan berkonsultasi ke dokter ginekologi Klinik Utama Sentosa sesegera mungkin sebelum kondisinya lebih parah!

Tenang! Akses mudah dengan chat pribadi WhatsApp dokter kami hadir untuk menunjang kenyamanan Anda dan gratis disini. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Anda akan di tangani oleh dokter ahli langsung yang siap memberikan bantuan medis secara komprehensif, aman, detail, dan bebas stigma.

Tak perlu malu atau ragu, silahkan klik dan diskusikan dengan dokter kami untuk solusi terbaik perawatan yang Anda butuhkan sekarang! ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Kami memahami bahwa kesehatan genital wanita adalah aspek penting yang bersifat krusial, jadi setiap perawatan akan lebih efektif dengan hasil optimal.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta