Catat, 3 Penyebab Pipis Nanah Wanita

Catat, 3 Penyebab Pipis Nanah Wanita

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Pada wanita, penyebab pipis nanah dapat menjadi gejala yang mengkhawatirkan dan perlu di perhatikan dengan serius. Kondisi keluarnya cairan abnormal dari saluran kemih dapat menjadi tanda adanya infeksi atau kondisi kesehatan lainnya.

Baca Juga: Kencing Nanah itu Kenapa, Apa Kamu Terinfeksi?

Artikel ini akan menjelaskan berbagai penyebab pipis nanah pada wanita yang perlu Anda ketahui dengan lebih teliti.

3 Penyakit Penyebab Pipis Nanah Wanita

Gejala penyakit ini merujuk pada keluarnya cairan yang tidak normal dari saluran kemih. Seringkali di sertai dengan rasa tidak nyaman atau peradangan di area kewanitaan. Yang lebih perlu untuk Anda ketahui adalah setidaknya ada 3 kemungkinan penyakit yang berkembang yang menyebabkan gejala pipis nanah terjadi.

1. Gonore (Kencing Nanah) – Infeksi bakteri Neisseria gonorrhoeae dapat menyebabkan pipis nanah pada wanita dan biasanya menyerang saluran kemih, serviks, uterus, dan saluran tuba.

2. Klamidia – Infeksi bakteri Chlamydia trachomatis dapat menyebabkan pipis nanah serta masalah kesehatan reproduksi wanita.

3. Trikomoniasis – Infeksi parasit Trichomonas vaginalisyang biasanya menyerang saluran kemih dan vagina.

Ketiga penyakit tersebut menyerang orang reproduksi bagian dalam wanita yang berujung pada kondisi keputihan abnormal serta gejala tambahan infeksi saluran kemih. Penyakit-penyakit tersebut memiliki transmisi utama dari segala bentuk aktivitas seksual.

Dimana terjadi kontak langsung kulit ke kulit maupun perpindahan cairan tubuh dari satu orang ke orang lainnya saat kontak seksual. Perlu di perhatikan lebih juga bahwa wantia cenderung rentan mengalami berbagai infeksi genital ketika menjadi pelaku seksual yang aktif.

Indikasi Penyebab Lain Pipis Nanah

Selain penyakit menular seksual (PMS), ada pula indikasi penyakit lain yang dapat menjadi penyebab keluhan pipis nanah terjadi pada wanita yaitu:

  1. Infeksi saluran kemih (ISK)
  2. Infeksi jamur
  3. Penyakit seksual lain seperti herpes atau HPV

Beberapa faktor risiko dapat meningkatkan kemungkinan keluhan tersebut terjadi juga bisa berasal dari perilaku seksual yang berisiko. Juga penggunaan alat kontrasepsi yang tidak tepat, sensitivitas tinggi atau iritasi pada area genital.

Serta kondisi kesehatan yang melemahkan sistem kekebalan tubuh membuatnya rentan terinfeksi , seperti diabetes atau HIV/AIDS. Carilah bantuan medis untuk bisa mendapatkan diagnosis tepat dari kemungkinan risiko hingga penyebab keluhan dengan pasti.

Penyebab Pipis Nanah2-minTindakan Sesuai Penyebab Keluhan

Ini juga menjadi bagian vital ketika Anda mengalami keluhan seperti pipis nanah, maka pengobatan dan tindakannya juga harus di sesuaikan dengan apa penyebab mendasarnya.

Konsultasi dengan tenaga medis dan pemeriksaan fisik biasanya di perlukan untuk mengidentifikasi penyebabnya. Anjuran uji laboratorium seperti tes urin atau tes swab vagina juga dapat di lakukan untuk mendiagnosis infeksi atau kondisi kesehatan Anda.

Selain pengobatan, penting untuk edukasi mengenai praktik seks yang aman dan pengobatan pasangan seksual agar infeksi tidak menyebar atau berulang. Infeksi yang tidak di obati dapat merusak organ reproduksi wanita, meningkatkan risiko kehamilan ektopik, dan menyebabkan masalah kesuburan.

Mencegah tentu lebih baik, namun jika sudah terjadi gejala maka pengobatan segera adalah yang terbaik. Konsultasikan kondisi Anda atau jika ada kekhawatiran terkait, layanan dokter online Klinik Utama Sentosa Jakarta Utara tersedia 24 jam yang mudah di akses.

Baca Juga: Periksa Kencing Keluar Nanah Bisa Cepat!

Klinik Utama Sentosa Spesialis Penyakit Kelamin

Klinik Utama Sentosa adalah klinik spesialis penyakit kelamin dan penyakit menular seksual yang berada di Jakarta. Terdapat beragam pilihan metode pengobatan yang tersedia untuk mengatasi berbagai masalah kelamin dan penyakit menular seksual dengan efektif. Sebagai klinik spesialis kelamin dan pusat medis terkemuka, Klinik Utama Sentosa menawarkan pengobatan dan perawatan yang komprehensif guna mengatasi kondisi Anda. ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Dokter ahli serta tim medis yang terampil dan berpengalaman akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap kondisi Anda dan merencanakan penanganan yang sesuai, mereka dapat memberikan pengobatan berdasarkan penyebab spesifik penyakit Anda. Selain itu, mereka juga akan memberikan saran dan petunjuk tentang perawatan mandiri yang tepat untuk mencegah kambuhnya penyakit di masa depan. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Pengobatan di Klinik Utama Sentosa juga dilengkapi dengan fasilitas yang modern dengan teknologi medis terkini untuk memastikan diagnosis yang akurat dan penanganan yang tepat. Klinik Utama Sentosa sebagai klinik spesialis kelamin, sangat mengutamakan privasi dan kenyamanan pasien serta mengedepankan etika profesional dalam setiap aspek perawatan yang diberikan.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta