Bagaimana Dokter Melakukan Pengobatan Vaginitis

Bagaimana Dokter Melakukan Pengobatan Vaginitis

Pengobatan yang dokter berikan sangat bergantung pada penyebab vaginitis, baik itu karena infeksi atau tidak. Penyebab dari terjadinya kondisi ini bisanya akibat bakteri vaginosis dan juga trikomoniasis.

Baca Juga : Klinik untuk Penyakit Vulvovaginitis Daerah Jakarta

Umumnya pengobatan dari kedua pemicu itu biasanya pengobatan hanya dengan antibiotik saja. Infeksi vagina yang berasal dari jamur kandidiasis cukup dengan obat antijamur.

Jika mengalami penyakit berasa dari non-infeksi seperti reaksi iritasi atau alergi bisa melakukan perawatan dengan mengindari paparan pencetus keluhannya.

Cara Dokter Mendiagnosis untuk Pengobatan Vaginitis

Untuk menegakan hasil diagnosis vaginitis, dokter akan melakukan pemeriksaan penunjang seperti:

1. Wawancara

Dokter melakukan sesi tanya jawab sebelum melakukan pemeriksaan fisik. Pertanyaannya pun biasanya seputar gejala, riwayat infeksi vagina dan penyakit menular seksual pasien.

2. Pemeriksaan panggul

Pemeriksaan panggul, untuk proses satu ini biasanya dokter menggunakan alat yang berguna untuk melihat ke bagian dalam miss v.

Tujuan dari tes penunjang satu ini yakni untuk mencari peradangan maupun keputihan abnormal pada pasien.

3. Pemeriksaan laboratorium

Selanjutnya sampel yang dokter ambil lewat tes swab seperti cairan serviks atau cairan keputiham akan diperiksa di laboratorium.

4. Tes asam basa

Tes ini dilakukan dengan menggunakanstik pH atau kertas di bagian dinding vagina. Jika terjadi peningkatan maka hasilnya menunjukan dari bakteri vaginosis dan trichomonas.

Jenis Pengobatan

Berbagai jenius cara untuk mengobati tergantung pada penyebab yang jadi dasar dari penyakit ini. Pengobatannya bisa meliputi antara lain:

  • Pemberian obat antibiotik
  • Pemberian obat antijamur
  • Terapi untuk mengganti hormon
Umumnya pengobatan dari kedua pemicu itu biasanya pengobatan hanya dengan antibiotik saja. Infeksi vagina yang berasal dari jamur kandidiasis cukup dengan obat antijamur.

Konsultasi Gratis secara Online 24 Jam Klinik Penyakit Vaginitis Terdekat Jakarta

Carilah referensi klinik untuk penyakit kelamin atau penyakit menular seksual terdekat. Dengan biaya terjangkau serta gratis layanan konsultasi secara online melalui Live Chat WA.

Klinik Spesialis Penyakit Kelamin ini memiliki dokter spesialis kulit kelamin serta staf medis yang berstandar internasional.

Pelayanan yang Kami berikan ramah dan memuaskan, sehingga pasien yang menjalani pengobatan pada klinik kami, serta alat medis yang canggih dan modern.

Baca Juga : Vulvovaginitis Bisa Disebabkan Oleh Bakteri Loh!

Bila memiliki penyakit menular seksual atau penyakit kelamin yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Utama Sentosa pada nomor yang tertera diatas.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta