Efek Orkitis Jangka Panjang, Bahaya!

Efek Orkitis

Tanpa pengobatan tentulah efek orkitis dapat berkembang, bahkan tidak jarang akan bertahan hingga jangka panjang untuk mempengaruhi sistem organ reproduksi pria.

Meski penyakit ini bukan termasuk dalam penyakit kelamin menular, namun sebagian besar infeksi adalah hasil dari penyakit menular seksual (PMS) seperti gonore atau klamidia.

Baca Juga: Ini Dia Langkah Mengobati Orkitis (Radang Testis)

5 Efek Orkitis Bagi Organ Reproduksi Pria

Jika di biarkan atau hanya di tangani secara mandiri dan tidak tepat, keluhan orkitis dapat menimbulkan beberapa efek kesehatan yang cukup serius, misalnya:

  1. Abses skrotum – pembentukan nanah pada kantong testis
  2. Atrofi testis – penyusutan testis atau testis yang mengecil pada salah satu atau keduanya
  3. Hidrokel reaktif – penumpukan cairan di sekeliling testis
  4. Epididimitis – peradangan yang menjalar pada saluran pematangan sperma
  5. Infertilitas – akibat fungsi testis yang bermasalah artinya produksi hormon testosteron berkurang

Efek paling berbahaya dari orkitis yang tak tertangani adalah infertilitas atau kemandulan bagi pria. Pasalnya, peradangan yang terjadi pada testis akan menganggu fungsi testis dalam memproduksi testosteron.

Jika kadar hormon tersebut rendah dan tidak memadai (hipogonadisme) artinya pria berisiko menjadi tidak subur dan sulit punya anak.

Pentingnya Pengobatan untuk Orkitis

Pengobatan orkitis akan di lakukan dengan melihat penyebab mendasarnya. Orkitis yang di sebabkan oleh virus mungkin akan lebih cepat pulih dan pengobatan bertujuan untuk menghilangkan gejala yang ada.

Sedangkan orkitis yang di sebabkan oleh bakteri biasanya membutuhkan masa pemulihan yang lebih panjang.

Namun pengobatan yang di berikan dokter dapat meredakan gejala dalam 10-14 hari, jika ada masalah lain yang terlibat maka perawatan lebih lama mungkin di perlukan.

Pengobatan untuk orkitis memang di perlukan karena gejala biasanya dapat timbul secara mendadak. Jika tak segera di lakukan tindakan maka efek yang di berikan dapat berbahaya bagi kesehatan sistem organ reproduksi seorang pria.

Efek Orkitis 2

Kunjungi Dokter Anda Di Klinik Sentosa

Klinik Sentosa menjadi Klinik Kelamin Jakarta pilihan terbaik bagi Anda dalam menuntaskan keluhan genital khususnya masalah andrologi, ginekologi, dan penyakit menular seksual (PMS).

Kami memiliki standarisasi pelayanan terbaik dengan biaya terjangkau, sehingga bisa di dapatkan oleh siapapun yang membutuhkan pengobatan secara medis serta kesembuhan efektif hingga tuntas.

Coba konsultasi gratis melalui chat online, whatsapp, maupun telepon langsung dengan dokter kami!

Baca Juga: Penyebab Orkitis yang Dapat Timbul

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta