Kencing Perih dan Bernanah pada Pria, Apa Penyebabnya? Cek Disini Yuk

kencing perih dan bernanah 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta  – Kencing perih dan bernanah pada pria, bisa menjadi pertanda adanya infeksi atau kondisi medis yang lebih serius.

Jika tidak ditangani segera, kondisi ini bisa bertambah dan berkembang menjadi lebih parah. Untuk itu, penting bagi setiap pria mengetahui kondisi apa saja yang bisa menyebabkannya.

Artikel ini akan menjelaskan apa saja masalah kesehatan yang dapat menyebabkan kencing terasa perih dan bernanah pada pria, serta langkah tepat untuk mengatasinya.

Penyebab Kencing Perih dan Bernanah

Kencing perih dan bernanah adalah salah satu gejala yang dapat di sebabkan oleh berbagai faktor, baik infeksi genital maupun kondisi medis lainnya.

Berikut adalah beberapa masalah kesehatan yang dapat menyebabkan gejala ini, antara lain:

1. Gonore (Kencing Nanah)

Gonore atau yang di kenal sebagai kencing nanah, merupakan salah satu jenis penyakit menular seksual, yang dapat menginfeksi area genital pria.

Penyakit ini di sebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae, yang dapat menyebabkan gejala berupa kencing terasa perih dan keluar nanah dari penis.

2. Klamidia

Sama halnya dengan gonore, klamidia juga merupakan penyakit menular seksual, yang dapat menyebabkan kencing bernanah dan terasa sakit.

Namun, umumnya infeksi ini tidaklah menunjukkan gejala yang jelas pada tahap awal. Sehingga, banyak pria yang tidak menyadarinya.

3. Prostatitis

Prostatitis adalah peradangan yang terjadi pada kelenjar prostat, yang dapat di sebabkan oleh infeksi bakteri atau kondisi selain infeksi.

Kondisi ini sering kali dialami oleh pria yang berusia lanjut, dan menyebabkan gejala berupa nyeri pada perut bawah atau panggul, sakit saat kencing, dan keluar nanah dari uretra.

4. Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Pada kasus yang parah, infeksi saluran kemih (ISK) dapat menyebabkan rasa nyeri saat buang air kecil, disertai dengan keluarnya nanah atau darah pada urine.

Itulah beberapa penyebab kencing terasa perih dan bernanah, yang umum dialami oleh pria. Penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter, jika mengalami gejalanya.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Kencing Perih dan Bernanah?

Jika mengalami kencing perih dan bernanah, salah satu langkah utama yang perlu di lakukan adalah berkonsultasi dengan dokter.

Dokter dapat melakukan pemeriksaan dan memberikan pengobatan yang tepat, sesuai dengan penyebab, tingkat keparahan, dan kondisi setiap pasien.

Penting untuk tidak mengobati atau menunda pengobatan, karena beberapa kondisi yang mendasari gejala ini bisa menyebabkan komplikasi serius jika tidak ditangani.

Oleh karena itu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan tim medis berpengalaman di Klinik Utama Sentosa, untuk mendapatkan saran medis yang tepat.

kencing perih dan bernanah 2

Langkah-Langkah Mencegah Kencing Perih dan Bernanah pada Pria

Meskipun pengobatan adalah langkah yang tepat, tetapi mencegah akan lebih baik dari pada mengobati. Berikut beberapa langkah yang dapat di lakukan untuk mencegah gejala tersebut:

1. Praktik Hubungan Seksual yang Aman

Penting untuk selalu menjalani praktik seksual yang aman dan sehat, termasuk menggunakan pelindung, tidak berganti-ganti pasangan, dan melakukan skrining PMS rutin.

2. Jaga Kebersihan Pribadi

Jagalah kebersihan diri, terutama area genital, dengan membersihkannya setiap hari dengan air hangat dan sabun yang ringan.

3. Minum Air Putih yang Cukup

Minum cukup air setiap hari, dapat membantu menjaga saluran kemih tetap bersih dan mencegah berbagai infeksi yang dapat berkembang biak.

4. Hindari Produk Kebersihan yang Mengiritasi

Pilihlah sabun, pelumas, dan produk kebersihan pribadi yang bebas dari bahan kimia, yang dapat memicu iritasi atau alergi.

5. Jaga Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup yang sehat, juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh yang dapat mencegah berbagai infeksi menyerang.

Dengan mengikuti langkah-langkah ini, Anda dapat mengurangi risiko mengalami kencing perih dan bernanah, serta menjaga area genital dengan baik.

Baca Juga: Begini 7 Tanda Keluhan Nyeri di Ujung Penis Anda Harus Segera Diobati!

Konsultasikan Kencing Perih dan Bernanah Segera dengan Dokter di Klinik Utama Sentosa

Kencing perih dan bernanah bukanlah gejala yang wajar, dan perlu segera ditangani dengan pengobatan yang tepat.

Pasalnya, gejala ini bisa menandakan adanya masalah kesehatan tertentu, dan jika tidak diobati bisa berkembang menjadi komplikasi yang berbahaya.

Untuk itu, jangan ragu atau khawatir, Anda dapat berkonsultasi secara online dengan tim medis yang berpengalaman di Klinik Utama Sentosa.

Dokter dapat melakukan pemeriksaan dan memberikan pengobatan yang tepat, sesuai dengan penyebab, tingkat keparahan, dan kondisi setiap pasien.

Selain itu, kami juga akan selalu memprioritaskan kenyamanan, kesehatan, dan kebutuhan setiap pasien.

Jadi, jangan ragu dan segera konsultasikan keluhan Anda, melalui layanan Konsultasi Dokter Online yang tersedia selama 24 jam.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Tidak hanya itu, layanan ini juga dapat di akses dengan mudah melalui kontak Whatsapp yang tersedia secara gratis!⇒ [WhatsApp Dokter]

Jadi, segeralah konsultasikan dengan tim medis yang tepat, dan dapatkan saran pengobatan yang tepat secara langsung ya!

| | |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta