Mengapa Skrotum Anda Gatal? Jangan Asal Garuk, Inilah Penyebabnya

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Meski sering dan umum terjadi, skrotum gatal menjadi mudah terabaikan bahkan cenderung di anggap biasa.

Padahal, penting untuk Anda ketahui apa yang menjadi penyebab masalah ini untuk mengatasinya dengan tepat ketimbang hanya di garuk.

Maka dari itu, untuk memberikan pemahaman dengan cermat terkait kondisi skrotum yang gatal, inilah penyebab hingga penanganan yang perlu Anda tahu.

Penyebab Skrotum Gatal

Iya, setidaknya ada 6 penyebab umum yang menjadikan keluhan skrotum (kulit lapisan buah zakar) Anda terasa gatal, yaitu:

1. Iritasi Kulit

Iritasi kulit dapat disebabkan oleh pakaian dalam yang terlalu ketat, penggunaan deterjen atau sabun berbahan kimia keras, dan gesekan berulang.

2. Infeksi Jamur

Selanjutnya, infeksi jamur seperti kandidiasis atau kurap dapat menyebabkan rasa gatal di skrotum.

Karena jamur berkembang subur di area yang lembap dan hangat, seperti lipatan kulit di sekitar skrotum.

3. Infeksi Bakteri

Infeksi bakteri, seperti folikel rambut yang terinfeksi atau infeksi kulit tertentu juga bisa menyebabkan sensasi gatal pada kulit kantong buah zakar pria.

4. Alergi

Alergi terhadap bahan tertentu, seperti lateks yang di gunakan dalam kondom atau pakaian dalam juga dapat menjadi pemicu skrotum atau selangkangan gatal.

5. Eksim

Eksim adalah kondisi kulit kronis yang dapat mempengaruhi area skrotum menyebabkan kulit kering, merah, dan gatal-gatal.

6. Serangga atau Parasit

Gigitan serangga atau infestasi parasit seperti kutu kelamin menjadi alasan keluhan skrotum Anda juga gatal-gatal.

Perhatikan! Jika Anda mungkin mencurigai gejala skrotum gatal akibat salah satu penyebab diatas.

Segera lakukan langkah tepat konsultasi dokter berkompeten Klinik Utama Sentosa Jakarta dan dapatkan diagnosa dan penanganan efektifnya.

Jangan Digaruk, Ini Cara Mengatasi Skrotum Gatal

Sebagai tindakan awal, dokter profesional kami dapat menyarankan beberapa cara berikut ini untuk mengatasi masalah gatal di kantong testis, misalnya:

1. Hindari Iritan

Hindari penggunaan pakaian dalam yang terlalu ketat dan bahan pakaian yang bisa menyebabkan iritasi kulit. Gunakan deterjen lembut dan bebas pewangi.

2. Jaga Kebersihan

Mandi secara teratur dengan air hangat dan gunakan sabun ringan. Pastikan untuk mengeringkan area skrotum secara menyeluruh setelah mandi.

3. Perhatikan Pola Makan

Beberapa makanan bisa memperburuk kondisi kulit, seperti makanan pedas atau berlemak tinggi. Cobalah untuk menghindari makanan tersebut.

Jika skrotum gatal tidak kunjung membaik setelah 7 hari atau jika Anda mengalami gejala tambahan seperti nyeri atau perubahan pada kulit yang mencurigakan.

Hindari penundaan! Segera konsultasikan dengan dokter ahli di Klinik Utama Sentosa untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat.

Ilustrasi Penderita Skrotum Gatal dan Nyeri

Konsultasi dan Pengobatan Skrotum Gatal ke Dokter Kulit Kelamin Jakarta

Kesimpulannya adalah bahwa keluhan skrotum gatal mungkin mengindikasikan keluhan yang perlu perhatian medis dan tak hanya tuntas saat di garuk.

Jadi, pastikan Anda bisa mengambil langkah proaktif yang tepat dan cepat dengan Konsultasi Dokter Online profesional di Klinik Utama Sentosa. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Tenang, akses gratis dan perlindungan privasi yang terjaga juga menjadi bagian dari layanan bebas stigma yang kami terapkan.

Silahkan hubungi kontak WhatsApp kami dengan leluasa untuk setiap detail informasi medis yang Anda butuhkan sekarang! ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Disini Anda akan mendapatkan layanan prioritas terpercaya, terjangkau, dan berkualitas yang menunjang hasil kesembuhan secara lebih optimal.

Baca Juga: Mengapa Selangkangan Gatal dan Muncul Bentol? Temukan 5 Penyebabnya Disini

Jangan ragu untuk mencari bantuan medis kami dan jangan biarkan keluhan gatal-gatal skotum Anda lebih parah seiring waktu! Yuk jaga dan lindungi kesehatan genitalmu.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta