Ketahuilah Tentang Apa Itu Dokter Spesialis Kelamin

Beragam Macam Penyakit Kelamin Yang Dokter Spesialis Kelamin Tangani

Sama dengan tugas dokter lainnya, dokter spesialis kelamin melakukan diagnosis lebih dulu guna untuk mengetahui pasti penyakit apa yang pasien derita. Apa saja diagnosis yang dokter spesialis kelamin lakukan?

Yang dokter spesialis kelamin lakukan saat mendiagnosis pasien adalah melakukan wawancara keluhan yang pasien rasakan, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan untuk penunjang bila dokter perlukan.

Dokter SpKK melakukan diagnosis tersebut tujuannya agar dokter bisa mengetahui faktor penyebab gangguan kesehatan apa yang pasien alami dan menentukan pengobatan yang tepat.

Baca Juga : 5 Penyakit Yang Merupakan Penyebab Impotensi

Apa Itu Dokter Spesialis Kelamin?

Dokter spesialis kulit dan kelamin atau dokter SpKK adalah dokter yang berfokus untuk menangani beragam masalah kesehatan pada kulit ataupun kelamin yang pria atau perempuan alami.

Tugas seorang dokter SpKK ini adalah mendiagnosa apa yang pasien rasakan dan memberikan penanganan sesuai dengan keluhan pasien rasakan. Jika kalian menderita gangguan kesehatan kulit kelamin tak kunjung sembuh pada dokter umum.

Maka kalian akan kami rekomendasikan untuk berobat pada dokter spesialis kelamin. Karena dokter SpKK memiliki pengetahuan serta keterampilan lebih dalam untuk mengatasi berbagai macam penyakit kelamin yang kalian alami.

Macam Macam Penyakit Yang Dokter SpKK Tangani

Penyakit kulit kelamin itu sangat berbeda dengan penyakit lainnya, baik itu dari segi jenis penyakit atau pengobatannya. Ada lebih dari 3.000 jenis penyakit kulit, mulai dari penyakit menular seksual, penyakit kulit infeksi, alergi dan lain sebagainya.

Berikut beberapa jenis penyakit kulit dari yang tidak berbahaya sampai yang berbahaya dan sering terjadi:

1. Infeksi jamur

Penyebab utama dari infeksi jamur adalah jamur candida. Infeksi tersebut dapat terjadi hampir pada seluruh area tubuh, akan tetapi yang paling sering di temukan pada area ketiak, selangkangan, lipatan kulit, serta di antara sela jari tangan dan kaki.

2. Herpes zoster

Cacar api atau bahasa medisnya ialah herpes zoster yang penyebabnya adalah varicella zoster virus. Tanda-tanda dari penyakit ini yaitu ruam pada kulit yang terasa nyeri dan lama kelamaan bentuknya menjadi seperti luka lepuh.

3. Psoriasis

Penyakit ini merupakan penyakit autoimun kronis yang dapat menyebabkan produksi sel-sel kulit terlalu cepat, dan dapat terjadi penumpukan sel kulit. Gejala yang dapat menjadi tanda dari penyakit ini adalah kulit memerah, bersisik, gatal, kering, dan menebal.

Selain penyakit diatas, ada penyakit kelamin yang sering terjadi berupa penyakit menular seksual. Penyakit menular seksual merupakan infeksi yang menular melalui hubungan intim. Kondisi ini bisa terjadi pada pria maupun wanita.

Baca Juga : 7 Cara Sederhana Mencegah Anyang-Anyangan (Disuria)

Macam-macam penyakit kelamin yang umum dokter spkk tangani seperti :

1. Sifilis

Penyebab dari penyakit ini dari bakteri Treponema Pallidum. Sifilis juga termasuk penyakit menular seksual yang dapat menyebar melalui aktivitas hubungan seksual yang tanpa menggunakan pengaman.

2. Gonore

Gonore atau kencing nanah merupakan penyakit menular seksual yang penyebabnya adalah bakteri Neisseria gonorrhoeae. Sama dengan penyakit sifilis, penyakit ini dapat menular melalui hubungan seksual tanpa menggunakan pengaman.

Umumnya penyakit ini menimbulkan keluhan yang berupa keluarnya cairan dari kelamin yang terasa nyeri.

Yang dokter spesialis kelamin lakukan saat mendiagnosis pasien adalah melakukan wawancara keluhan yang pasien rasakan, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan untuk penunjang bila dokter perlukan.
Dokter Spesialis Kelamin

3. Chlamydia

Infeksi Chlamydia Trachomatis merupakan salah satu penyebab dari penyakit klamidia. Penyakit ini sangat umum dialami oleh perempuan yang melakukan hubungan seksual tanpa mengenakan pengaman.

4. Human papilomavirus (HPV)

Human papilomavirus (HPV) ialah infeksi virus yang dapat menular melalui kontak seksual secara langsung atau tanpa mengenakan pengaman. Infeksi tersebut dapat terjadi pada area kelamin, mulut, atau tenggorokan.

Konsultasikan di Klinik Kulit Kelamin

Itulah beberapa fakta yang mengenai Apa Yang Kamu Ketahui Tentang Dokter Spesialis Kelamin? yang perlu kamu ketahui agar kamu bisa mewaspadai bahwa bahaya penyakit menular seksual ini.

Di Klinik Kelamin memiliki Dokter Spesialis Kulit Kelamin serta Staff Medis yang berstandar internasional. Dan Klinik Kelamin sangat mengutamakan pelayanan yang ramah dan baik terhadap pasien.

Jika kamu memiliki penyakit menular seksual yang mengganggu, segeralah hubungi Klinik Kelamin dan ikuti sosial media kami :

Instagram : @kliniksentosajakarta

Twitter : @klinik_sentosa

Tiktok : @klinik_sentosa

| |

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta