Pilihan Obat Keputihan Gatal untuk Kesehatan Wanita

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – 80-90% wanita menganggap keputihan gatal sebagai kondisi umum, dan banyak di antaranya memilih obat keputihan gatal secara mandiri. Padahal, ini bisa menimbulkan ketidaknyamanan yang signifikan.

Baca Juga: Gejala Keputihan Trikomoniasis: Informasi Penting!

Maka dari itu, perlunya memahami penyebab keputihan gatal dan mencari solusi yang efektif untuk mengatasi masalah ini. Artikel ini akan membahas berbagai obat yang dapat digunakan untuk mengatasi keputihan gatal.

Mengapa Keputihan Terasa Gatal?

Sebelum membahas obat, penting untuk memahami penyebab keputihan gatal. Kondisi keputihan yang di sertai rasa gatal dapat di sebabkan oleh berbagai faktor, dan penyebabnya bisa bervariasi dari infeksi hingga iritasi. Tapi beberapa penyebab umum keputihanyan terasa gatal meliputi:

1. Infeksi Jamur (Kandidiasis)

Jamur Candida dapat menyebabkan keputihan yang di sertai rasa gatal, terutama pada area genital.

2. Infeksi Bakteri

Bakteri seperti Gardnerella vaginalis dapat menyebabkan vaginosis bakterial, yang dapat memicu keputihan dan gatal.

3. Iritasi

Penggunaan sabun atau deterjen yang mengandung bahan kimia keras, serta penggunaan pakaian dalam yang tidak bernapas atau menyerap keringat. Inilah yang dapat menyebabkan iritasi dan keputihan.

4. Perubahan Hormonal

Perubahan hormonal seperti yang terjadi selama masa pubertas, kehamilan, atau menopause, dapat mempengaruhi keseimbangan bakteri di daerah genital dan menyebabkan keputihan.

Obat Keputihan Gatal yang Tersedia

Saat penyebab keputihan gatal yang Anda alami telah di identifikasi dengan bantuan dokter berkompeten Klinik Utama Sentosa Jakarta melalui pemeriksaan. Barulah tahap selanjutnya pemilihan obat yang sesuai untuk kondisi keputihan gatal tersebut.

Beberapa pilihan obat untuk mengatasi keputihan gatal yang tersedia biasanya mencakup:

 1. Antijamur Topikal

Krim antijamur: Mengandung zat antijamur yang mengatasi infeksi akibat jamur. Ini bisa dalam bentuk lotion atau salep yang di gunakan untuk meredakan gatal dan iritasi pada area genital.

2. Obat Antibiotik Keputihan

Tablet atau kapsul antibiotik: Di gunakan untuk mengobati keputihan akibat infeksi bakteri, misalnya pada kondisi seperti vaginosis bakterial.

3. Obat OTC (Over-the-Counter)

Jenis yang satu ini bisa mencakup produk tertentu yang memang khusus di rekomendasikan oleh dokter Anda untuk membantu menjaga kebersihan. Misalnya seperti sabun khusus genital.

4. Terapi Khusus

Dalam beberapa kasus dan kondisi, dokter mungkin meresepkan obat-obatan yang lebih kuat untuk kasus infeksi parah. Bahkan terapi hormon juga bisa di berikan untuk mengatasi keputihan yang di sebabkan oleh perubahan hormonal.

Obat Keputihan Gatal 2Langkah Penting dalam Menggunakan Obat

Sebelum memutuskan untuk menggunakan obat keputihan gatal tertentu, pastikan juga Anda bisa melakukan langkah-langkah seperti:

1. Konsultasi dengan Dokter: Sebelum menggunakan obat, konsultasikan dengan dokter ginekologi Klinik Utama Sentosa untuk diagnosis yang tepat.

2. Pemakaian Sesuai Petunjuk: Ikuti petunjuk penggunaan obat dengan cermat untuk hasil yang optimal.

3. Perubahan gaya hidup: Selain menggunakan obat, perubahan gaya hidup seperti menghindari pakaian dalam ketat dan menggunakan sabun ringan dapat membantu mencegah keputihan gatal.

4. Pentingnya Kebersihan: Menjaga kebersihan area genital dengan rajin adalah langkah penting dalam mencegah keputihan.

Baca Juga: Mengapa Keputihan Gatal-Gatal Bisa Terjadi?

Konsultasi Keputihan Gatal dengan Dokter Ginekologi

Memilih obat keputihan gatal yang tepat memerlukan pemahaman yang baik tentang penyebabnya. Di Klinik Utama Sentosa, konsultasi Anda akan langsung di tangani dengan dokter ginekologi berkompeten yang memiliki spesialisasi dan penanganan spesifik terkait organ reproduksi wanita.

Ini adalah langkah awal yang krusial untuk mendapatkan perawatan serta memilih obat yang sesuai dengan kondisi serta kebutuhan Anda.  Jangan khawatir, fasilitas dan metode medis terkini yang kami terapkan dapat mengatasi keputihan gatal dan mempertahankan kesehatan reproduksi Anda dengan hasil yang teruji. ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Selalu mengikuti saran dokter dan melibatkan profesional medis yang tepat di Klinik Utama Sentosa untuk pengelolaan masalah kesehatan yang berkaitan dengan area genital Anda. Untuk kenyamanan dan kemudahan Anda, konsultasi online live chat dan WA  dokter kami kini hadir 24 jam.

Jangan ragu atau malu, layanan tersedia gratis dan privasi terjaga. Silahkan klik sekarang! ⇒ [Live Chat WhatsApp]

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta