Radang Prostat atau Prostatitis, Inilah Penjelasannya

Radang Prostat Prostatitis 1

Penyakit radang prostat prostatitis adalah inflamasi yang terjadi pada kelenjar di bawah kandung kemih.

Kelenjar prostat pada pria memiliki fungsi sebagai penghasil cairan semen yang memberi nutrisi pada campuran sperma.

Baca Juga: Dokter Ahli Menangani Penyakit Prostatitis

4 Jenis Radang Prostat Prostatitis Pria

Secara umum klasifikasi keluhan radang prostat atau prostatitis ada 4 jenis, yaitu:

  1. Prostatitis kronis – dapat di kenal juga dengan kondisi sindrom nyeri panggul kronis (karena berkelanjutan)
  2. Prostatitis bakteri kronis – ini adalah hasil dari infeksi bakteri yang sedang berlangsung atau berulang
  3. Prostatitis baklteri akut – infeksi bakteri yang datang dengan gejala tiba-tiba (bisa parah)
  4. Prostatitis non bakterial – infeksi yang sampai pada prostat namun bukan berasal dari bakteri (sering di sebut sebagai kondisi prostatitis non spesifik)

Meski lebih banyak infeksi radang prostat berasal dari bakteri, namun dalam beberapa kasus keluhan juga dapat terjadi akibat  potensi lain.

Infeksi bisa terjadi akibat bakteri pada urin mulai menjalar atau bocor ke prostat. Terkadang lebih banyak orang yang mungkin terkecoh antara radang prostat tau infeksi saluran kemih.

Hal tersebut terjadi karena gejala yang timbul hampir sama, pembedanya adalah gejala nyeri saat ejakulasi dan rasa tidak nyaman pada area testis (khususnya saat duduk).

Haruskah Prostatitis di Sembuhkan?

Ya, pria dengan kemungkinan indikasi penyakit prostatitis dan tidak melakukan tindakan pengobatan dapat menyebabkan infertilitas.

Kelenjar prostat termasuk dalam organ reproduksi pria, sehingga keberadaan dan fungsinya juga cukup vital. Selain kehilangan fungsi seksual, prostatitis juga mudah berulang ketika Anda tidak mengobatinya dengan tepat.

Pemilihan dokter untuk melakukan pengobatan prostatitis haruslah memiliki kualifikasi yang cukup berkompeten seperti pemilihan dokter spesialis andrologi atau dokter spesialis urologi.

Anda bisa mendapat layanan dokter-dokter tersebut secara langsung dengan konsultasi atau pemeriksaan di Klinik Sentosa Jakarta.

Radang Prostat Prostatitis 2

Kunjungi Dokter Anda Di Klinik Sentosa

Klinik Sentosa menjadi Klinik Kelamin Jakarta pilihan terbaik bagi Anda dalam menuntaskan keluhan genital khususnya masalah andrologi, ginekologi, dan penyakit menular seksual (PMS).

Kami memiliki standarisasi pelayanan terbaik dengan biaya terjangkau, sehingga bisa di dapatkan oleh siapapun yang membutuhkan pengobatan secara medis serta kesembuhan efektif hingga tuntas.

Coba konsultasi gratis melalui chat online, whatsapp, maupun telepon langsung dengan dokter kami!

Baca Juga: Pengobatan Prostatitis di Klinik Terdekat Jakarta

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta