5 Penyebab Vagina Sakit Secara Tiba-Tiba, No. 3 Sering Terjadi Lho!

vagina sakit 1_11zon

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Pernahkah kamu merasakan vagina terasa sakit secara tiba-tiba? Sensasi tidak nyaman ini tentu bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Ya, banyak faktor yang bisa menjadi penyebabnya, mulai dari infeksi hingga adanya perubahan pada hormon.

Agar kita lebih memahami kondisi ini, berikut adalah 5 penyebab vagina sakit secara tiba-tiba yang perlu diwaspadai. Berikut di antaranya.

1. Infeksi Jamur Vagina

Infeksi jamur vagina, terutama yang disebabkan oleh Candida albicans, adalah salah satu penyebab utama vagina terasa sakit tiba-tiba.

Kondisi ini biasanya terjadi ketika ketidakseimbangan bakteri baik di vagina terganggu, misalnya akibat penggunaan antibiotik atau kelembapan berlebih pada vagina.

2. Vaginosis Bakterialis

Vaginosis bakterialis adalah kondisi di mana terjadi ketidakseimbangan bakteri di vagina. Meski sering tidak menyebabkan rasa sakit, kondisi ini bisa memicu iritasi dan nyeri ringan.

Kondisi ini biasanya dapat ditandai dengan keputihan berbau tidak sedap, dan rasa gatal pada area genital.

3. Infeksi Menular Seksual (IMS)

Infeksi menular seksual seperti herpes genital, gonore, atau klamidia bisa menyebabkan vagina terasa sakit secara tiba-tiba.

Penderita IMS dengan gejala ringan, bisa lebih sering terjadi daripada yang kita kira, terutama jika hubungan seksual tidak di lakukan dnegan perlindungan yang memadai.

4. Iritasi Akibat Produk Kebersihan

Penggunaan produk tertentu seperti sabun wangi, deterjen, atau pelumas yang mengandung bahan kimia keras dapat menyebabkan iritasi pada vagina.

Selain rasa sakit, iritasi juga bisa menyebabkan rasa gatal dan kemerahan pada sekitar area vagina dan vulva.

5. Kista Bartholin

Kista bartholin terbentuk, ketika salah satu kelenjar bartholin yang berada di dekat pintu vagina mengalami penyumbatan.

Kondisi ini bisa menyebabkan benjolan di satu sisi vagina, dan menimbulkan rasa sakit yang tajam terutama saat bergerak atau berhubungan seksual.

vagina sakit 2_11zon

Kapan Harus ke Dokter Jika Vagina Terasa Sakit?

Jika Anda mengalami rasa sakit pada vagina yang tidak kunjung hilang, atau disertai dengan beberapa gejala lain, seperti:

  • Demam ringan
  • Keputihan abnormal
  • Rasa sakit yang parah
  • Luka atau benjolan di vagina
  • Perdarahan di luar siklus menstruasi

Segeralah berkonsultasi dengan tim medis yang kompeten, seperti dokter ginekologi terbaik di Klinik Utama Sentosa.

Mengabaikan rasa sakit pada vagina bisa memperburuk kondisi yang mendasarinya, terutama jika penyebabnya adalah infeksi.

Namun, dengan penanganan yang tepat dan efektif dari dokter ahli, Anda bisa mengatasi masalah ini dengan tepat dan mencegah masalah kesehatan yang lebih serius.

Untuk itu, jangan ragu dan segera dapatkan saran medis yang tepat dari ahlinya, agar kondisi yang Anda alami bisa segera sembuh.

Baca Juga: Infeksi Kelamin Wanita Bisa Terjadi Karena Douching, Jangan Abaikan!

Temukan Solusi Tepat Mengatasi Vagina Sakit di Klinik Utama Sentosa

Seperti yang telah di jelaskan di atas, vagina yang terasa sakit secara tiba-tiba bisa di sebabkan oleh banyak faktor dan memerlukan penanganan yang tepat.

Namun, jangan cemas! Karena Anda bisa berkonsultasi dan mendapatkan saran medis yang tepat dengan bantuan dokter berpengalaman di Klinik Utama Sentosa.

Dokter akan mengidentifikasi kondisi Anda dengan menggunakan fasilitas medis yang lengkap dan berstandar tinggi.

Sehingga, hasil diagnosis akan akurat dan penanganan yang di berikan sesuai dengan kebutuhan maising-masing pasien.

Jadi, jangan ragu atau menunda pengobatan, segera dapatkan solusi yang tepat dengan berkonsultasi melalui layanan Konsultasi Dokter Online.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Tenang saja, layanan ini kami sediakan untuk memudahkan Anda dalam berkonsultasi, karena tersedia secara gratis dan beroperasi melalui Chat Whatsapp selama 24 jam.⇒ [WhatsApp Dokter]

Jadi, tidak perlu ragu atau bingung, segera dapatkan saran medis yang tepat dari ahlinya langsung ya!

| | |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta