Buah Zakar Bengkak? Ini Penyebabnya Menurut Dokter Ahli

buah zakar bengkak 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Buah zakar atau testis merupakan salah satu organ reproduksi pria yang memiliki peran penting dalam sistem reproduksi.

Kesehatan organ reproduksi menjadi hal yang sangat penting bagi kehidupan seorang pria. Oleh sebab itu, buah zakar bengkak dapat memberikan kecemasan bagi yang mengalaminya.

Banyak faktor yang dapat menyebabkan buah zakar bengkak, dan umumnya tergolong ringan.

Apa saja penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Simak terus artikel ini sampai habis untuk informasi lebih lanjut.

Anatomi Buah Zakar

Buah zakar atau di kenal juga dengan sebutan testis merupakan salah satu organ reproduksi pria yang memiliki peran yang sangat penting.

Buah zakar merupakan organ yang memiliki fungsi utama dalam menghasilkan dan menyimpan jutaan sperma setiap harinya.

Selain itu, buah zakar juga berfungsi sebagai penghasil hormon pria, salah satunya adalah hormon testosteron.

Penyebab Buah Zakar Bengkak

Buah zakar bengkak dapat di sebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari kondisi ringan hingga kondisi yang seringkali memerlukan perhatian medis.

Berikut ini beberapa penyebab buah zakar bengkak pada pria menurut dokter ahli, seperti:

1. Cedera atau Trauma

Cedera atau trauma akibat olahraga, kecelakan berkendara, terjepit, atau pukulan di area genital dapat menyebabkan bauh zakar bengkak.

Kondisi ini, bukanlah hal yang berbahaya dan bisa sembuh dengan perawatan rumahan. Namun, jika kondisi ini tidak membaik, maka sebaiknya segera berkonsultasi dengan dokter.

2. Orkitis

Orkitis adalah peradangan pada jaringan testis yang dapat menyebabkan pembengkakan pada buah zakar.

Penyakit ini dapat terjadi ketika seorang pria aktif secara seksual, atau juga bisa terjadi pada anak-anak karena infeksi bakteri atau virus.

3. Epididimitis

Epididimitis adalah peradangan yang terjadi pada epididimis, organ yang berfungsi menyalurkan sperma dari buah zakar.

Organ ini terletak di belakang kedua buah zakar, dan dapat menyebabkan munculnya benjolan kecil di belakang buah zakar yang terasa sakit ketika di tekan.

4. Varikokel

Varikokel dapat terjadi bila pembuluh darah vena pada buah zakar membesar dan membengkak. Kondisi ini secara umum mirip dengan penyakit varises pada kaki.

Penyakit ini seringkali menyebabkan nyeri pada selangkangan, dan juga salah satu buah zakar akan terlihat lebih membesar.

5. Torsio Testis

Torsio testis merupakan salah satu kondisi yang memerlukan bantuan medis segera, karena kondisi ini terjadi ketika buah zakar terpelintir sehingga menimbulkan nyeri yang parah.

Penyakit ini harus segera di obati dan di tangani dengan cepat, karena dapat menyebabkan kerusakan pada buah zakar yang dapat menyebabkan infertilitas.

Itulah beberapa penyebab buah zakar bengkak menurut pada ahli. Jika Anda mengalami beberapa diantaranya, sebaiknya segera periksakan diri Anda ke layanan kesehatan terdekat.

Anda bisa mendatangi Klinik Utama Sentosa, klinik yang berstandar internasional yang berlokasi di Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Baca Juga: Klinik Andrologi Menangani Penyakit Apa Saja?

buah zakar bengkak 2

Cara Mengatasi Buah Zakar Bengkak

Untuk mengatasi buah zakar bengkak akan bergantung pada penyebabnya. Penting untuk di ingat bahwa pengobatan sebaiknya di lakukan di bawah pengawasan dokter.

Berikut adalah beberapa cara umum yang dapat membantu mengatasi buah zakar bengkak, seperti:

1. Konsultasi dengan Dokter

Jika Anda mengalami pembengkakan pada buah zakar, segera konsultasikan dengan dokter spesialis andrologi.

Dokter dapat melakukan pemeriksaan untuk menentukan penyebabnya dan merencanakan perawatan yang sesuai dengan penyebabnya.

2. Kompres Dingin

Penggunaan kompres dingin untuk mengatasi buah zakar bengkak akibat cedera atau trauma dapat membantu mengurangi peradangan.

3. Gunakan Celana Dalam yang Longgar

Menggunakan celana dalam yang longgar dapat membantu mengurangi tekanan pada buah zakar dan memberikan kenyamanan.

4. Istirahat yang Cukup

Memberikan waktu istirahat yang cukup bagi organ reproduksi dapat membantu pemulihan. Hindari aktivitas fisik yang berat yang dapat meningkatkan tekanan pada buah zakar.

Jika Anda mengalami kondisi tersebut, langkah utama yang harus di lakukan adalah berkonsultasi dengan dokter andrologi yang tepat, seperti di Klinik Utama Sentosa.

Dokter andrologi dan staf medis berpengalaman, siap membantu Anda mengatasi buah zakar bengkak, atau masalah kesehatan reproduksi lainnya.

Jangan khawatir, karena di klinik kami fasilitas dan peralatan medisnya sudah steril, lengkap, dan juga modern.

Sehingga, hasil pemeriksaan akan akurat dan rencana pengobatan yang di berikan akan efektif.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Oleh karena itu, jangan tunggu sampai terjadi kondisi yang lebih parah dan sulit untuk di obati. Segera konsultasikan dengan dokter kami melalui layanan konsultasi online.

Layanan ini dapat Anda akses melalui Live Chat atau Whatsapp yang tersedia 24 jam, gratis! Ayo, segera konsultasi, agar dokter dan staf medis kami dapat membantu Anda.⇒ [WhatsApp Dokter]

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta