Selangkangan Lecet dan Gatal pada Pria? Cek, Ini 4 Cara Mudah Mengatasinya dengan Cepat

selangkangan lecet 1

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Selangkangan lecet dan gatal pastinya dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan rasa perih pada area tersebut.

Meskipun biasanya kondisi ini dapat sembuh dengan sendirinya, tetapi penting untuk merawat dan mengobatinya dengan cara yang tepat.

Untuk itu, kami akan membahas 4 cara mudah untuk mengatasi selangkangan lecet dan gatal pada pria yang cepat dan efektif. Ingin tahu apa saja caranya? Berikut pembahasannya.

Penyebab Selangkangan Lecet dan Gatal pada Pria

Sebelum mengetahui bagaimana cara mengatasi selangkangan lecet dan gatal pada pria, mari kita bahas apa saja faktor yang dapat menyebabkan kondisi ini terlebih dahulu.

Selangkangan lecet dan gatal, merupakan salah satu kondisi yang cukup sering di alami oleh pria, terutama bagi pria yang memiliki berat badan berlebih.

Kondisi ini bisa di sebabkan oleh beberapa faktor, seperti:

1. Olahraga

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang baik untuk tubuh. Namun, siapa sangka hal ini dapat menyebabkan kondisi yang cukup mengganggu.

Ya, saat seorang pria berolahraga, tubuhnya akan menghasilkan keringat sebagai respons alami untuk mendinginkan tubuh.

Namun, terkadang gesekan yang terjadi antara kulit selangkangan yang lembap karena keringat dan pakaian olahraga yang ketat, dapat menyebabkan iritasi.

2. Menggunakan Celana Dalam yang Ketat

Celana dalam yang terlalu ketat dapat meningkatkan gesekan di area selangkangan, terutama saat bergerak atau beraktivitas.

Gesekan yang berlebihan ini dapat menyebabkan iritasi pada kulit dan akhirnya menyebabkan lecet dan gatal pada selangkangan.

3. Infeksi Jamur (Kandidiasis)

Luka lecet dan rasa gatal yang timbul di selangkangan pria, juga dapat di sebabkan oleh infeksi jamur Candida albicans yang berlebih.

Kondisi ini dapat terjadi akibat kelembapan berlebih dan kebersihan yang buruk pada area genital.

Selangkangan yang lecet dan gatal, biasanya di tandai dengan rasa perih, gatal berlebih, kemerahan, dan lepuhan pada kulit sekitar selangkangan.

Saat sudah sembuh, luka lecet akan membekas dan menghitam, sehingga dapat mengganggu penampilan.

Cara Mengatasi Selangkangan Lecet dan Gatal pada Pria

Selangkangan lecet dan gatal umumnya dapat sembuh dengan sendirinya, tetapi pastinya kondisi ini akan menimbulkan ketidaknyamanan.

Sehingga, sangat perlu untuk mencari cara yang tepat untuk mengatasi kondisi ini. Terdapat beberapa cara mudah yang bisa di lakukan untuk mengatasi kondisi ini dengan cepat, seperti:

1. Menjaga Kebersihan dan Kelembapan di Area Selangkangan

Mandilah secara teratur dan bersihkan area selangkangan dengan lembut menggunakan sabun ringan dan air hangat.

Setelah itu, pastikan untuk mengeringkannya secara menyeluruh dan perlahan, untuk mencegah kelembapan berlebih dan gesekan pada area selangkangan.

2. Gunakan Pelembap

Setelah membersihkan dan mengeringkan area selangkangan yang lecet, gunakanlah pelembap yang ringan untuk menjaga kelembapan kulit selangkangan.

3. Menggunakan Pakaian yang Longgap dan Bernapas

Pilihlah pakaian yang longgar dan terbuat dari bahan yang menyerap keringat dengan baik, seperti bahan katun. Hindarilah menggunakan pakaian dalam yang ketat.

4. Hindari Menggaruk Luka

Meskipun terasa sangat gatal, hindarilah menggaruk area selangkangan yang teriritasi. Menggaruk dapat memperparah kondisi dan menyebabkan infeksi.

Itulah beberapa cara yang mudah dan penting untuk di lakukan ketika Anda mengalami selangkangan lecet dan gatal.

Namun, jika kondisi ini semakin parah, segeralah konsultasikan dengan dokter yang tepat seperti Klinik Utama Sentosa untuk mendapatkan diagnosis dan perawatan yang sesuai.

Baca Juga: Mengapa Skrotum Anda Gatal? Jangan Asal Garuk, Inilah Penyebabnya

selangkangan lecet 2

Perawatan dan Konsultasi dengan Dokter Spesialis di Klinik Utama Sentosa

Klinik Utama Sentosa adalah layanan kesehatan yang berfokus pada penyakit kulit kelamin, yang bisa Anda jadikan salah satu pilihan tepat untuk mengobati selangangan lecet dan gatal.

Dokter dan staf medis yang berpengalaman, dapat membantu melakukan pemeriksaan untuk mendiagnosis penyebab kondisi tersebut.

Pemeriksaan tentunya akan menggunakan fasilitas medis yang lengkap dan modern, sehingga hasil yang diberikan akan akurat.

Setelah menegakkan diagnosis, dokter akan meresepkan obat-obatan berupa oral maupun topikal, yang bisa membantu mengatasi kondisi yang Anda alami.

Penting untuk selalu mengikuti saran dan petunjuk pengobatan yang di berikan dokter, untuk mendapatkan hasil pengobatan yang optimal.

Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut mengenai kondisi tersebut, Anda bisa menghubungi dokter melalui layanan Konsultasi Dokter Online.⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Layanan ini dapat Anda akses melalui Telepon atau Chat Whatsapp, yang tersedia selama 24 jam dan gratis!⇒ [WhatsApp Dokter]

Sangat mudah bukan? Jadi, jika gejala yang Anda alami semakin parah, segeralah hubungi dokter atau tenaga medis yang berpengalaman ya!

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta