Yuk Cek dan Kenali 6 Ciri Sperma Tidak Subur Berikut Ini!

Gambar Ciri Sperma Tidak Subur

Klinik Utama Sentosa, Jakarta – Seberapa tahu Anda tentang kondisi atau ciri dari sperma yang subur dan tidak subur pada seorang pria?

Iya, kesuburan adalah faktor penting dalam merencanakan kehamilan dan keluarga.

Ada kalanya pasangan menghadapi tantangan, dan salah satunya adalah masalah kesuburan pada pria yang dapat tercermin dari kondisi spermanya.

Untuk mencegahnya, Anda tentu perlu mengenali dengan baik bagaimana ciri sperma yang tidak subur dalam pembahasan berikut ini.

Apa Itu Sperma Tidak Subur?

Sebelum kita membahas ciri-cirinya, penting untuk memahami apa yang di maksud dengan ciri sperma tidak subur.

Betul, sperma tidak subur merujuk pada kondisi di mana sperma tidak memiliki kemampuan untuk membuahi sel telur wanita secara efektif.

Masalah ini bisa di sebabkan oleh berbagai faktor termasuk kualitas, jumlah, atau masalah pada struktur dan fungsi sperma itu sendiri.

Yang artinya, Jika tidak di tangani dengan tepat oleh dokter profesional Klinik Utama Sentosa Jakarta kondisi tersebut dapat menyulitkan atau bahkan menghambat terjadinya kehamilan.

6 Ciri Sperma Tidak Subur yang Perlu Dikenali

Perhatikan! Inilah 6 ciri sperma tidak subur yang perlu para pria kenali dengan cermat, antara lain:

1. Volume Ejakulasi yang Rendah

Jika volume sperma yang di keluarkan saat ejakulasi terasa lebih sedikit dari biasanya, hal ini dapat menjadi pertanda bahwa produksi sperma sedang mengalami masalah.

Normalnya, volume ejakulasi berkisar antara 1,5 hingga 5 mililiter. Kurang dari itu, maka ini bisa jadi ciri sperma Anda tidak subur.

2. Konsistensi Sperma yang Berubah

Sperma yang sehat umumnya memiliki konsistensi yang cair dan agak lengket.

Namun, jika Anda memperhatikan perubahan signifikan dalam konsistensi sperma.

Misalnya menjadi sangat encer atau sangat kental, hal ini dapat menjadi tanda masalah kesuburan.

3. Warna yang Abnormal

Cek! Warna sperma yang normal adalah putih keabu-abuan atau sedikit kekuningan.

Perubahan warna seperti kecokelatan, merah muda, atau hijau bisa mengindikasikan adanya masalah kesehatan yang mendasar dari ciri sperma yang tidak subur.

4. Motilitas Sperma yang Lemah atau Tidak Teratur

Dokter ahli Klinik Utama Sentosa mengatakan bahwa kemampuan sperma untuk bergerak (motilitas) adalah faktor penting dalam mencapai sel telur.

Sperma yang tidak subur sering kali memiliki gerakan yang lemah atau tidak teratur, sehingga membuatnya sulit untuk mencapai dan membuahi sel telur.

5. Jumlah Sperma Rendah

Jumlah sperma yang kurang dari 15 juta sel per mililiter ejakulasi dapat mengindikasikan masalah kesuburan atau disfungsi seksual pada pria.

Ingat! Jumlah sperma yang rendah membuat peluang pembuahan sel telur menjadi sangat terbatas dan menjadi ciri sperma yang tidak subur.

6. Ketidaknormalan Morfologi Sperma

Sperma yang sehat memiliki bentuk yang normal, yaitu dengan struktur lengkap dari kepala hingga ekor.

Namun, jika lebih dari 4% sperma memiliki bentuk yang tidak normal atau cacat, berarti ini bisa saja mengurangi kemungkinan keberhasilan membuahi sel telur.

Ilustrasi Ciri Sperma yang Tidak Subur

Kapan Anda Harus Berkonsultasi dengan Dokter?

Dapat disimpulkan bahwa sperma yang subur memiliki standar tertentu untuk bisa di anggap sehat sehingga mampu berhasil membuahi sel telur.

Baca Juga: Anda Punya Masalah Sperma Encer? 7 Makanan Ini Cocok Atasinya Lho

Oleh karena itu, jika Anda atau pasangan mengalami kecurigaan terhadap ciri sperma yang tidak subur seperti di atas.

Segera cari bantuan medis atau coba konsultasikan langsung secara pribadi via chat WhatsApp dokter andrologi di Klinik Utama Sentosa gratis! ⇒ [Tanya Dokter Kelamin]

Tak perlu khawatir! Langkah ini penting untuk mendapatkan diagnosis secara tepat dan memulai perawatan yang sesuai jika diperlukan.

Silahkan klik akses di bawah ini dan dapatkan solusi terbaik secara medis masalah organ reproduksi Anda dari dokter berkompeten kami sekarang! ⇒ [Live Chat WhatsApp]

Disini Anda akan mendapat layanan bebas stigma serta penanganan komprehensif dari dokter berpengalaman kami dengan dukungan fasilitas medis modern.

Jadi tunggu apalagi? Jangan biarkan kekhawatiran akan kesuburan mengganggu kehidupan seksual Anda.

| |

Reservasi Online

Anda dapat melakukan Reservasi secara online, tim Klinik Sentosa akan menghubungi Anda dalam waktu maks 1x24 jam ke depan.
Chat Dokter
Klinik kulit dan kelamin terpercaya di Jakarta